Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Oseng Ikan Pindang yang Mudah, Murah, dan Rasanya Lezat

Oseng Ikan Pindang yang Mudah, Murah, dan Rasanya Lezat

Oseng Ikan Pindang (1)

Resep oseng ikan pindang

Anda bisa memasak resep oseng ikan pindang dengan mudah dan cepat. Setelah matang, masakannya bisa disantap untuk makan siang atau makan malam.

Rasanya tetap enak meskipun semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan di pasar tradisional. Terutama ikan pindang yang harganya cukup terjangkau dan rasanya mirip ikan asin, tetapi tidak terlalu asin.

Pasalnya, pengolahan ikan pindang mirip dengan ikan asin.

Ikan pindang tersebut bisa diolah menjadi berbagai masakan yang enak dan lezat. Apalagi Anda yang sekarang dalam kondisi low budget alias uang menipis karena tanggal tua, tidak ada salahnya memasak oseng ikan pindang.

Disini akan diinformasikan resep oseng ikan pindang yang dapat Anda masak di rumah. Lalu, bagaimana cara memasaknya? Silahkan membaca uraian di bawah ini selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 5 – 6 ekor ikan pindang segar ukuran sedang
  2. 5 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 7 buah cabai rawit merah
  5. 7 buah cabai merah besar
  6. 7 buah cabai hijau besar
  7. 3 buah tomat hijau
  8. 1 lembar daun salam
  9. 2 sendok makan kecap manis
  10. 1 sendok makan minyak goreng
  11. 2 cm laos digeprek
  12. ½ sendok teh garam
  13. Kaldu bubuk secukupnya
  14. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep Kering Tempe Pedas Manis Tahan Lama

Cara memasak oseng ikan pindang

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan semua, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep oseng ikan pindang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ikan pindang dulu di bawah air mengalir. Buang kotoran dan lapisan kertas di tubuhnya yang biasanya masih ada. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan bumbu osengnya dulu. Iris tipis-tipis semua bawang merah dan bawang putih yang disediakan. Sisihkan. Selain itu, potong-potong cabai merah besar, cabai hijau besar, cabai rawit, dan tomat hijau. Sisihkan.
  3. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan juga potongan cabai merah besar, cabai hijau besar, cabai rawit, tomat hijau, lengkuas, dan daun salam. Masak hingga layu.
  5. Tambahkan air matang secukupnya dan aduk merata. Kecilkan api kompor, lalu masukkan ikan pindang. Campur merata dan masak hingga semua tercampur. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan garam. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  6. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk sebentar dan matikan kompor. Masakan oseng ikan pindang sudah matang dan siap dihidangkan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Pie Susu Teflon, Bisa kok, Ini Resep dan Caranya

Resep oseng ikan pindang diatas cukup mudah memasaknya. Anda dapat mempraktikkannya sekarang juga untuk disantap seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan