Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pecak Ikan Nila Khas Betawi, Mudah Memasaknya dan Maknyus

Pecak Ikan Nila Khas Betawi, Mudah Memasaknya dan Maknyus

Pecak Ikan Nila (1)

Resep pecak ikan nila

Resep pecak ikan nila khas Betawi menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang masih eksis hingga sekarang.

Khususnya orang Betawi asli pasti kenal dengan menu masakan yang satu ini. Ikan nila dipilih sebagai bahan utamanya karena mudah didapat dan harganya cukup terjangkau.

Selain itu, rasa dagingnya yang enak saat digoreng garing memang tidak bisa menipu lidah.

Adapun bumbu pecaknya mempunyai rasa yang kuat karena perpaduan dari beragam rempah-rempah. Nantinya bumbu pecak tersebut akan diguyur pada ikan nila goreng saat ingin menyantapnya.

Mungkin menu ini hanya dijual di rumah makan Betawi saja. Namun demikian, Anda pun bisa memasak resep pecak ikan nila sendiri di rumah dengan bahan, bumbu, serta cara membuatnya seperti yang diinformasikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 ekor ikan nila ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Sayap Ayam Panggang Khas Korea

Bumbu yang dihaluskan

  1. 9 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 1 sendok teh gula Jawa
  6. 2 cm jahe
  7. ½ sendok teh garam
  8. 1 buah jeruk limau
  9. Air panas secukupnya

Cara memasak pecak ikan nila

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep pecak ikan nila dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan nila di bawah air mengalir. Buang sisik, kotoran di perut, dan ingsang. Setelah itu, masukkan ikan nila ke dalam sebuah wadah dan beri perasan jeruk nipis, garam, dan ketumbar pada ikan. Aduk hingga merata, lalu diamkan sekitar 10 menit.
  2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ikan nila. Pastikan minyak goreng sudah panas agar saat digoreng ikan nila tidak lengket di wajan. Setelah panas, goreng ikan nila hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, siapkan cobek lalu uleg kasar cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula Jawa, jahe, dan garam. Diuleg kasar saja, lalu siram dengan air panas secukupnya. Beri perasan jeruk limau dan aduk merata. Bumbu pecak sudah jadi.
  4. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan ikan nila goreng diatasnya. Lalu, siramkan bumbu pecak diatas ikan. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Menggoda Selera, Ini Resep Masakan Sapo Tahu Seafood

Resep pecak ikan nila khas Betawi ini bisa Anda jadikan menu masakan untuk hari ini. Bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Cara memasaknya juga tidak begitu sulit. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan