Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kakap Goreng Sambal Pecak, Rasanya Menggoyang Lidah

Resep Kakap Goreng Sambal Pecak, Rasanya Menggoyang Lidah

Resep Kakap Goreng Sambal Pecak

Keyword : resep kakap goreng sambal pecak

Silakan membaca resep kakap goreng sambal pecak yang diinformasikan di sini. Salah satu menu kuliner harian berbahan utama ikan kakap yang digoreng garing.

Disajikan bersama sambal pecak yang pedas menyengat. Sangat cocok disantap bersama sepiring nasi hangat atau lebih, dan jangan lupa minuman dinginnya.

Menu rumahan yang biasanya dijadikan lauk untuk makan siang atau makan malam seluruh anggota keluarga. Anda pun bisa memasaknya sendiri di rumah.

Ikan kakap sudah populer dengan daging ikannya yang tebal dan gurih, apalagi dimasak masih segar.

Tentu saja sebelum dimasak atau digoreng harus dimarinasi terlebih dulu untuk menghilangkan bau amisnya sekaligus membumbui ikannya itu sendiri.

Dengan begitu, rasa ikan kakap setelah digoreng lebih sedap lagi. Anda yang mengaku pecinta masakan pedas pasti menyukai masakan kakap goreng sambal pecak ini.

Sambal pecak yang pastinya pedas dan gurih sangat tepat melengkapi ikan kakap gorengnya.

Lalu, bagaimana cara memasak resep kakap goreng sambal pecak yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan utama

Resep Kakap Goreng Sambal Pecak
  1. 3 ekor ikan kakap segar ukuran sedang
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Entok Mercon, Kemangi Hati Sapi Sajian Rica – Rica Manado Mantap!

Bumbu marinasi ikan

  1. 2 siung bawang putih dicincang halus
  2. 1 sendok makan ketumbar bubuk
  3. ½ sendok teh kunyit bubuk
  4. ½ sendok teh merica bubuk
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. 1 bungkus tepung instan serbaguna

Bahan sambal pecak

  1. 20 cabai rawit atau sesuai selera
  2. 2 buah tomat merah
  3. 8 siung bawang merah
  4. 1 sendok teh gula Jawa
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk

Cara memasak kakap goreng sambal pecak

Setelah semua bahan dan bumbu untuk resep kakap goreng sambal pecak siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ikan kakap di bawah air mengalir. Buang semua sisik, kotoran, dan di bagian insangnya. Beri perasan jeruk nipis dan garam. Aduk-aduk sebentar dan diamkan sekitar 15 menit agar bau amisnya hilang.
  2. Selanjutnya, buatlah bumbu marinasi untuk ikan kakap. Ambil sebuah wadah, lalu masukkan semua bumbu marinasi, kecuali tepung bumbu serbaguna, kedalamnya dan aduk merata. Ambil ikan kakap dan masukkan semua ke dalam bumbu rendaman. Bolak-balik hingga seluruh permukaan ikan terbaluri bumbu. Diamkan sekitar 30 menit dan simpan dalam kulkas.
  3. Ambil sebuah wadah dan tuangkan tepung bumbu serbaguna di atasnya. Ikan kakap yang sudah dimarinasi selama 30 menit keluarkan dari dalam kulkas.
  4. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ikan kakap. Setelah panas, ikan kakap dibaluri tepung bumbu hingga merata, lalu dimasukkan ke dalam wajan. Goreng hingga garing dan matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Ikan kakap goreng sudah matang. Selanjutnya, Anda membuat sambal pecak. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, cabai rawit, dan tomat hingga layu.
  6. Siapkan cobek. Tuangkan tumisan tadi di atas cobek beserta minyak gorengnya. Tambahkan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Lalu, ulek hingga tercampur semua dan halus. Sambal pecak sudah jadi.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil dan letakkan ikan kakap goreng yang sudah matang di atasnya. Lalu, tuangkan sambal pecak di atas ikan. Akhirnya, kakap goreng sambal pecak siap disantap. Siapkan juga sepiring nasi hangat dan minuman dingin.
Baca Juga :  Resep Membuat Pisang Goreng Pasir Dan  Pisang Goreng Crispy

Itulah resep kakap goreng sambal pecak yang bisa Anda coba masak di rumah. Dijamin rasanya maknyus. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan