Home » Dodol Khas dari Ambon, Resep Kue Asida Lezat

Dodol Khas dari Ambon, Resep Kue Asida Lezat

Dodol Khas dari Ambon

Resep Kue Asida

Tidak hanya Garut, dodol pun bisa untuk Anda temukan di Ambon. Hanya memang namanya berbeda, di Ambon namanya adalah Asida.

Dodol Ambon ini memiliki rasa manis serta tekstur yang kenyal dan pastinya akan buat Anda ketagihan. Selain itu, Asida punya aroma kayu manis khas.

Makanan yang satu ini umumnya ditemukan pada bulan Ramadhan. Maka tak heran jika Asida cukup banyak diberitakan ketika bulan puasa. Padahal sebenarnya Asida merupakan camilan khas dari Arab.

Bila ingin mencicipi Asida, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Ambon. Anda bisa mencoba untuk buat sendiri di rumah.

Ada banyak resep Asida yang bisa Anda tiru langkah-langkahnya. Di sini juga akan membahas tentang resep Asida. Jadi, jika Anda penasaran, bisa simak resep di bawah ini!

Baca Juga :  Memasak Gulai Kepala Ikan Kakap Buatan Sendiri Memang Luar Biasa

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan:

  1. 150 gr gula merah, disisir
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 8-10 biji kapulaga, ditumbuk
  4. 250 ml air
  5. 2 lembar daun pandan
  6. Garam, secukupnya
  7. 2-3 sdm mentega

Cara membuatnya Asida khas Ambon:

  1. Siapkan terlebih dahulu panci, lalu tuangkan air di dalamnya. Masukkan juga kapulaga tumbuk, kayu manis, daun pandan, garam, dan gula merah. Panaskan sekitar 3 hingga 5 menit atau sampai airnya mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan mentega lalu aduk sampai mentega cair. Matikan api, kemudian dinginkan.
  2. Jika air sudah mendingin, saring supaya terpisah dengan ampasnya. Lalu campur dengan tepung terigu, aduk sampai adonan rata.
  3. Siapkan panci yang lainnya, kemudian tuangkan adonan yang sudah dibuat. Masak dengan api kecil, lalu aduk terus agar adonan tidak menjadi gosong. Aduk hingga tekstur dari adonan jadi kental dan seperti dodol. Pakai sendok kayu untuk mengaduk agar lebih mudah.
  4. Apabila adonan telah sepenuhnya kental, matikan apinya kemudian sisihkan dahulu supaya mendingin. Lalu, bentuk adonan seperti gunung ataupun mangkok yang terbalik dengan di tengahnya terdapat lubang. Di dalam lubang, tuangkan mentega cair.
  5. Kue Asida sudah jadi dan siap untuk dinikmati.
Baca Juga :  Overnight Oatmeal Strawberry Cheese, Sarapan Enak Kaya Serat

Nah, bagaimana? Mudah bukan membuat dodol khas Ambon, Asida? Jadi, segera coba buat sendiri di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.