Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Urap Sayur Khas Jawa, Mudah, Cepat, dan Rasanya Sedap

Urap Sayur Khas Jawa, Mudah, Cepat, dan Rasanya Sedap

Urap Sayur (1)

Resep urap sayur

Resep urap sayur sudah populer di menu makanan atau masakan khas Jawa. Masing-masing daerah di Jawa memiliki resep urap dengan variasi dan ciri khasnya masing-masing.

Namun yang pasti, bahan urap tetap dipilih beragam sayuran segar dan dicampur dengan bumbu kelapa parut. Semakin terasa bumbunya saat diberi kencur di dalamnya, sehingga ada citarasa khas saat disantap.

Urap sayur bisa dijadikan makanan pendamping. Sementara untuk lauknya, bisa dipilih sesuai selera, seperti ayam goreng, ikan goreng, hingga ikan asin goreng.

Disantap dengan nasi putih hangat untuk sarapan pagi atau makan siang pasti sangat cocok. Menu urap juga sangat cocok untuk Anda sekalian yang sedang menjalankan program diet karena bahannya hanya sayuran saja.

Selain diet, Anda yang menerapkan gaya hidup vagetarian juga dapat menyantap urap sayur karena tidak mengandung protein hewani sama sekali.

Lalu, bagaimana membuat urap sayur yang enak dan lezat? Berikut resep urap sayur yang harus Anda baca hingga tuntas.

Baca Juga :  Resep Pangsit Goreng Udang Keju, Cemilan Lezat yang Dijamin Menggugah Selera

Bahan-bahan

  1. ½ butir kelapa dikupas dan diparut
  2. 1 ikat kacang panjang dipotong-potong
  3. 1 ikat sawi hijau dipotong-potong
  4. 150 gram touge
  5. 1 ikat kecipir dipotong-potong
  6. Ikan asin secukupnya (jenis atau macamnya terserah)
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 buah cabai rawit merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 cm kencur
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. ½ sendok teh garam
  6. 2 sendok teh gula pasir
  7. 1 sendok teh terasi

Cara membuat urap sayur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep urap sayur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua bahan sayuran yang digunakan di bawah air mengalir. Tiriskan dan sisihkan masing-masing, jangan dicampur.
  2. Setelah itu, rebus masing-masing sayuran sekitar 5 menit saja agar tidak sampai layu atau overcooked. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, siapkan sebuah wadah baskom. Lalu, masukkan kelapa parut dan dan bumbu halus. Campur merata. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan kukus bumbu kelapa sekitar 25 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Langkah berikutnya, yaitu mencampur bumbu kelapa dengan sayuran yang sudah direbus tadi. Campur merata jadilah urap sayur. Anda bisa mencicipi sedikit urap sayur yang sudah jadi untuk mengkoreksi rasanya.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan asin. Setelah panas, masukkan ikan asin dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan sayur urap yang sidah matang diatas piring saji. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya dilengkapi dengan ikan asin. Pasti sedap dan menggugah selera.
Baca Juga :  Lodeh Tuna Pete Pedas, Kudapan Makan Malam Eco Rasane

Resep urap sayur seperti diinformasikan diatang memang cukup mudah dan cepat membuatnya. Rasanya juga tidak mengecewakan. Silahkan Anda coba membuatnya sendiri untuk disantap seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan