Lompat ke konten
Home » Bakmoy Khas Chinese Food yang Menggugah Selera

Bakmoy Khas Chinese Food yang Menggugah Selera

Bakmoy (1)

Resep bakmoy

Apa itu resep bakmoy? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Bakmoy merupakan salah satu kuliner Chinese food. Bakmoy disajikan dalam wujud nasi satu porsi dalam sebuah piring yang disiram dengan kuah kaldu ayam.

Ditambah tumisan ayam, tahu, gorengan udang, dan telur pindang. Rasa gurih pedasnya begitu terasa di lidah saat menyantapnya.

Anda yang suka Chinese food harus mencobanya sendiri. Namun sayangnya, jarang ada warung atau rumah makan yang menjual menu masakan ini.

Oleh karena itu, lebih baik Anda memasaknya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan. Lalu, bagaimana resep bakmoy selengkapnya? Berikut informasi selengkapnya yang semoga bermanfaat.

Bahan utama

  1. 500 gram daging ayam bagian paha atau dada
  2. 2 buah tahu putih potong kotak lalu digoreng
  3. 1½ sendok makan ebi direndam air hangat lalu dihaluskan
  4. 1 buah bunga lawang
  5. 2 butir cengkih
  6. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 4 sendok makan kecap manis
  9. 1 sendok makan saus tiram
  10. 1 sendok teh minyak wijen
  11. 300 ml kaldu ayam
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang putih
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh garam
  4. ½ sendok teh merica butiran

Bahan untuk gorengan udang

  1. 100 gram udang segar dikupas dan dicincang
  2. 3 sendok makan tepung terigu
  3. 2 sendok makan tepung sagu
  4. 1 butir telur ayam
  5. ½ sendok teh garam
  6. ¼ sendok teh merica bubuk
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. Air matang secukupnya
  9. 250 ml Minyak goreng
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Adas Manis

Bahan untuk kuah kaldu ayam

  1. 1 liter kaldu ayam
  2. 2 cm jahe digeprek
  3. 3 siung bawang putih dicincang
  4. ½ sendok teh merica bubuk
  5. 2 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
  7. 1 sendok makan minyak goreng

Bahan pelengkap

  1. 1 piring nasi putih hangat
  2. 2 buah telur pindang dibelah dua
  3. Sambal secukupnya
  4. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak bakmoy

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep bakmoy dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat tumisan ayam. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 30 menit hingga berbusa. Sisihkan dan buang busanya, lalu angkat daging ayam dan potong ukuran sedang, sisihkan. Kaldu sisa merebusnya jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan ebi, bunga lawang, dan cengkih. Aduk merata.
  3. Masukkan potongan ayam dan tahu ke dalam wajan. Aduk merata. Bumbui dengan gula pasir, kecap manis, dan saus tiram. Aduk merata lagi.
  4. Tambahkan kaldu sisa rebusan daging ayam tadi. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Tambahkan juga potongan daun bawang dan minyak wijen. Aduk sebentar lalu matikan kompor. Tumisan ayam sudahs matang.
  5. Langkah berikutnya, yaitu membuat gorengan udang. Siapkan wadah untuk adonan tepung. Lalu, masukkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam wadah, kecuali minyak goreng. Aduk merata adonan tersebut, sisihkan.
  6. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng. Pastikan minyak sudah benar-benar panas, lalu masukkan 2 sendok makan adonan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Goreng semua adonan hingga habis. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, potong-potong gorengan udang tersebut sesuai selera. Sisihkan.
  7. Selanjutnya, membuat kuah kaldu. Siapkan panci ukuran sedang, lalu tuangkan air kaldu yang sudah disiapkan ke dalam panci. Rebus hingga mendidih menggunakan kompor api kecil saja.
  8. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Masukkan bawang putih dan jahe. Tumis hingga harum.
  9. Setelah itu, tuangkan tumisan ke dalam panci yang berisi kaldu. Aduk merata. Lalu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata perlahan. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Tambahkan potongan daun bawang, aduk sebentar, lalu matikan kompor. Kuah kaldu sudah siap.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Beri nasi putih hangat diatas piring. Lengkapi dengan tumisan ayam, gorengan udang, dan telur pindang yang sudah disiapkan. Setelah itu, siram dengan kuah kaldu secukupnya. Taburi bawang merah goreng dan jangan lupa sambalnya.
Baca Juga :  20 Resep Sayur Sehari-hari, Agar tidak Bosen

Itulah resep bakmoy khas Chinnese food yang begitu menggugah selera. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Sponsor topwisata.info