Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bakmoy Spesial yang Satu Ini Dijamin Tidak Mengecewakan

Resep Bakmoy Spesial yang Satu Ini Dijamin Tidak Mengecewakan

Bakmoy Spesial (1)

Resep bakmoy spesial

Resep bakmoy spesial mungkin hanya pecinta chinese food atau makanan Cina saja yang mengetahuinya. Sebenarnya, kuliner yang satu ini bukan asli makanan asal Tiongkok, tetapi sudah tercampur dengan kuliner khas Jawa. Bakmoy merupakan seporsi nasi putih yang diatasnya terdapat toping daging ayam, telur, tahu, atau protein lainnya. Tentu saja toping tersebut sudah dimasak duluan agar rasanya menjadi lebih sedap.

Bakmoy bisa disantap setiap waktu mulai dari sarapan, makan siang, atau makan malam. Masakannya cukup sederhana, tetapi rasanya lezat dan mengenyangkan. Oleh karenanya, banyak orang menyukainya yang bisa dibeli di restoran atau rumah makan Cina. Anda mungkin salah satu yang belum pernah mencicipinya, sehingga direkomendasikan mencoba resep bakmoy spesial berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar bagian dada atau paha tanpa tulang
  2. 3 buah tahu putih potong dadu
  3. 1,5 sendok makan ebi direndam air hangat lalu dihaluskan
  4. 1 buah bunga lawang atau pekak
  5. 2 butir cengkih
  6. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 4 sendok makan kecap manis
  9. 1 sendok makan saus tiram
  10. 1 sendok teh minyak wijen
  11. 300 ml kaldu ayam
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh garam

Bahan gorengan udang

  • 100 gram udang segar dibersihkan lalu dicincang kasar
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan
Baca Juga :  Resep Ayam Penyet Sederhana, Pedesnya Nampol

Bahan untuk kuah

  • 1 liter kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih digeprek
  • 2 cm jahe digeprek
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan pelengkap

  • Nasi putih secukupnya
  • 2 butir telur pindang dipotong menjadi dua
  • Sambal tomat atau yang lainnya sesuai selera
  • Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak bakmoy spesial

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep bakmoy spesial dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama membut tumisan ayam. Caranya, bersihkan daging ayam di bawah air mengalir, lalu rebus hingga mengeluarkan kaldu dan empuk.
  2. Angkat dan tiriskan daging ayamnya, lalu sisihkan air kaldunya. Jika di dalam kaldunya ada genangan lemak, angkat dan singkirkan. Sementara itu, potong daging ayam kotak-kotak ukuran sedang. Sisihkan dulu.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan potongan tahu ke dalam wajan.
  4. Goreng hingga tahu matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng tahu hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi minyaknya, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan ebi, bunga lawang, dan cengkih. Aduk merata hingga layu. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan tahu. Aduk merata lagi dan masak hingga ayam berubah warna.
  7. Bumbui dengan kecap manis, gula pasir, dan saus tiram. Aduk merata. Lalu, tuangkan kaldu 300 ml dan kecilkan api kompor.
  8. Aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Tambahkan daun bawang dan minyak wijen, lalu, ada perlahan lagi. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  9. Jika kuahnya agak menyusut dan mengental, segera matikan kompor. Biarkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  10. Langkah berikutnya membuat gorengan udang. Caranya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua bahan yang sudah disiapkan satu per satu ke dalamnya, kecuali minyak goreng.
  11. Aduk dengan tangan saja hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan bersih dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonannya.
  12. Setelah minyak panas, ambil satu sendok adonan, lalu masukkan ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan matang.
  13. Lakukan langkah tersebut untuk semua adonan udang hingga habis. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Diamkan beberapa saat hingga agak mendingin, lalu potong-potong gorengan udang sesuai selera. Sisihkan.
  14. Langkah selanjutnya membuat kual kaldu. Caranya, siapkan sebuah panci ukuran sedang, lalu rebus air kaldu diatas api kompor kecil saja.
  15. Selanjutnya, tumis tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Lalu, masukkan tumisan ke dalam air kaldu. Bumbui dengan gula pasir, merica bubuk, dan garam. Aduk perlahan dan masak hingga menddih. Setelah rasanya sedap, tambahkan potongan daun bawang dan aduk perlahan. Matikan kompor.
  16. Waktunya plating. Siapkan beberapa piring saji untuk plating dan beri nasi putih secukupnya. Tambahkan tumisan ayam secukupnya, gorengan udang, dan potongan telur pindang. Setelah itu, siram dengan kuah kaldu dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa tambahkan sambal sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Sayur Lodeh Gori dengan Tambahan Daging Tetelan yang Mantap

Bagaimana dengan resep bakmoy spesial diatas? Bahan, bumbu, serta langkah-langkah memasaknya cukup panjang. Namun, dijmin rasanya benar-benar mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info