Lompat ke konten
Home » Nasi Ayam Rice Cooker Memang Paling Praktis dan Lezat

Nasi Ayam Rice Cooker Memang Paling Praktis dan Lezat

Nasi Ayam Rice Cooker1

Resep nasi ayam rice cooker

Resep nasi ayam rice cooker bisa menjadi menu sahur alternatif bagi Anda sekalian. Terkadang, kita malas untuk memasak di dapur untuk sahur karena harus menggoreng, memotong, mengiris, dan yang lainnya.

Sementara itu, tidak ada makanan matang yang bisa disantap untuk sahur. Jika hanya ada Anda seorang yang ingin sahur dalam kondisi seperti itu, tentu tidak jadi masalah karena bisa langsung memesan makanan online.

Berbeda jika ada satu keluarga yang harus sahur pagi itu. Mau tidak mau Anda harus menyiapkannya segera.Tidak perlu khawatir karena ada sebuah resep sederhana dengan bahan-bahan familiar dan mungkin sudah tersedia di dapur dan kulkas Anda.

Selain itu, cara memasaknya juga mudah dan cepat. Resep yang dimaksud adalah nasi ayam rice cooker. Ada nama rice cooker disitu karena Anda akan menggunakannya untuk memasaknya.

Bagaimana resep nasi ayam rice cooker selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 gelas kecil beras putih atau disesuaikan jumlah orang
  2. 500 gram daging ayam potong tanpa tulang
  3. 3 siung bawang putih digeprek
  4. 2 cm jahe diiris tipis
  5. 1 buah wortel dipotong kecil
  6. 100 gram kacang polong
  7. 100 gram jagung kalengan (jika ada)
  8. 1 sendok teh garam
  9. ½ sendok teh merica bubuk
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Air secukupnya
Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Yang Rasanya Sangat Lezat

Bahan pelengkap

  1. Bawang merah goreng secukupnya
  2. Kerupuk udang secukupnya
  3. Sambal tomat secukupnya

Cara membuat nasi ayam rice cooker

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep nasi ayam rice cooker dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Cuci bersih dulu beras putih yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Tiriskan.
  2. Cuci juga daging ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan panci ukuran sedang dan isi dengan air hingga ¾, lalu rebus dengan api kompor sedang. Tambahkan bawang putih dan irisan jahe ke dalamnya. Setelah mendidih, masukkan potongan ayam dan rebus hingga berbusa dan mengeluarkan kaldu.
  4. Buang busanya dan bumbui dengan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Masak hingga ayam benar-benar matang. Setelah itu, angkat potongan ayam dan sisihkan. Adapun air bekas rebusan ayam jangan dibuang karena masih dibutuhkan.
  5. Selanjutnya, siapkan rice cooker. Masukkan beras putih yang sudah dibersihkan, potongan ayam rebus, wortel, kacang polong, dan jagung ke dalam panci rice cooker. Lalu, tuangkan air kaldu sisa rebusan ayam secukupnya disesuaikan kebutuhan Anda.
  6. Aduk sebentar, lalu tutup rice cooker dan nyalakan untuk mulai memasak (cook). Tunggu hingga rice cooker berbunyi dan menyala lampu menghangatkan (warm).
  7. Buka rice cooker dan biarkan sejenak agar uap air menghilang. Setelah itu, aduk nasi ayam yang sudah matang di dalamnya sambil sedikit mencicipinya.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil nasi ayam secukupnya dan taruh diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Lengkapi dengan kerupuk udang dan sambal tomat jika menginginkannya.
Baca Juga :  Bosan Menu Ayam Biasa aja, Coba deh Memasak Ayam Bumbu Rujak dengan Santan

Sekarang, Anda tidak perlu bingung dan malas menyiapkan santap sahur karena sudah ada resep nasi ayam rice cooker. Silahkan mempraktikkannya untuk makan sahur bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info