Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Uduk Rice Cooker yang Mudah dan Praktis untuk Sarapan Pagi

Resep Nasi Uduk Rice Cooker yang Mudah dan Praktis untuk Sarapan Pagi

Nasi Uduk Rice Cooker1

Resep nasi uduk rice cooker

Apa itu resep nasi uduk rice cooker? Anda mungkin masih penasaran kaitannya nasi uduk dengan rice cooker yang diketahui sebagai alat memasak nasi.

Jadi, nasi uduk tersebut bisa dibuat dengan menggunakan rice cooker. Dengan begitu, membuatnya jauh lebih mudah dan praktis daripada harus memasaknya memakai wajan dan kompor.

Bahkan, Anda cukup memakai rice cooker saja tanpa yang lain. Namun demikian, pastikan panci teflon anti lenggket di dalamnya masih berfungsi dengan baik karena akan digunakan untuk menumisjuga.

Cara memasak nasi uduk yang satu ini sangat cocok untuk Anda sekalian yang minim peralatan masak sekaligus aktifitasnya sibuk. Lalu, bagaimana cara memasak resep nasi uduk rice cooker yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  • 500 gram beras putih atau sesuai kebutuhan
  • Air secukupnya
  • 200 ml santan instan siap pakai
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • 3 batang serai digeprek
  • 3 butir bawang merah diiris tipis
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Buntut Sapi Bakar Gurih, Manis, dan Pedas Enak

Bahan pelengkap

  • Telur ceplok, dadar, atau rebus sesuai selera
  • Kerupuk udang atau putih secukupnya
  • Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak nasi uduk rice cooker

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep nasi uduk rice cooker dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan beras putih, lalu cuci di bawah air mengalir sebanyak dua kali ganti air. Setelah bersih, tiriskan dan sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan rice cookernya dan nyalakan. Beri minyak goreng secukupnya ke dalam panci teflon di dalam rice cooker, lalu tutup. Pencet atau klik ke bagian Cook agar panas.
  3. Setelah beberapa menit, buka tutup rice cooker dan masukkan semua irisan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum.
  4. Tambahkan batang serai, lengkuas, dan garam. Aduk merata dan tutup lagi rice cookernya untuk beberapa menit.
  5. Setelah itu, masukkan beras putih yang sudah dibersihkan, lalu aduk merata dengan bumbu hingga tercampur. Tuangkan santan dan aduk merata.
  6. Lalu, tambahkan air secukupnya hingga semua beras terendam. Pastikan ketinggian air dari permukaan beras sekitar satu ruas jari.
  7. Setelah itu, tutup rice cooker dan pencet lagi bagian Cook. Anda tunggu saja hingga nasi uduknya matang. Tandanya jika rice cooker sudah ke panel Warm.
  8. Jika sudah matang, buka tutup rice cooker dan biarkan beberapa saat agar uap airnya keluar. Setelah itu, aduk nasi uduk di dalam pancinya agar nasinya semakin pulen dan bumbunya tercampur merata.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu ambil nasi uduk yang sudah matang secukupnya dan taruh diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya dan lengkapi dengan telur serta kerupuk.
Baca Juga :  Resep sederhana Ayam bumbu kuning ala rumahan

Resep nasi uduk rice cooker tersebut bisa disantap untuk sekitar 4 – 5 porsi. Oleh karenanya, silahkan mengajak anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Sangat cocok disantap untuk sarapan pagi. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Nasi Uduk Rice Cooker

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan