Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Martabak Manis Teflon, Mudah dan Anti Gagal

Resep Martabak Manis Teflon, Mudah dan Anti Gagal

Martabak Manis Teflon

Resep Martabak Manis Teflon

Cara membuat Martabak Manis Teflon

Untuk membuat martabak manis teflon, pertama-tama kita harus menyiapkan adonan dan isian. Adonan martabak manis terdiri dari 

  1. tepung terigu, 
  2. telur, 
  3. gula,
  4. ragi, 
  5. baking powder, 
  6. dan air[1][2]. 

Cara membuat adonan Martabak Manis Teflon : 

  1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula, ragi, dan baking powder dalam mangkuk besar. 
  2. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan[3]. 
  3. Setelah itu tambahkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata[4]. 
  4. Untuk isian, kita bisa menggunakan cokelat meses, keju, kacang, atau selai sesuai selera.

Cara memanggang Martabak Manis Teflon : 

  1. Setelah adonan dan isian siap, langkah selanjutnya adalah memasak martabak di wajan teflon. 
  2. Panaskan wajan teflon dengan api sedang[5]. 
  3. Tuangkan adonan martabak ke dalam wajan dan ratakan hingga tipis. 
  4. Tambahkan isian di atasnya dan tutup dengan adonan lagi[6]. 
  5. Biarkan martabak matang di satu sisi, lalu balik dan masak hingga kedua sisinya matang sempurna[7]. 
  6. Setelah matang, angkat martabak dari wajan dan letakkan di atas piring.

Martabak manis teflon siap disajikan dan dinikmati. Potong martabak beberapa menjadi bagian sesuai dengan selera dan taburi dengan gula halus atau keju parut[8]. 

Martabak manis teflon bisa dinikmati sebagai camilan atau sarapan yang lezat. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, kita bisa membuat martabak manis teflon dengan mudah dan cepat di rumah[2]. Selamat mencoba!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Wajan Teflon yang Tepat** – Saat membuat martabak manis, sebaiknya gunakan wajan berlapis teflon berkualitas tinggi agar adonan tidak lengket dan martabak matang merata. Carilah wajan teflon dengan permukaan halus dan sifat konduksi panas yang baik. Hal ini akan mencegah martabak gosong dan lengket di wajan sekaligus memudahkan membalik dan mengeluarkan martabak yang sudah matang.

Baca Juga :  Inilah Resep Udang Gendut Crispy yang Disukai Seluruh Anggota Keluarga

**Panaskan Wajan Teflon** – Sebelum menuang adonan, panaskan terlebih dahulu wajan teflon dengan api sedang selama beberapa menit. Hal ini membantu menciptakan permukaan anti lengket dan memastikan martabak matang secara merata. Memanaskan wajan terlebih dahulu juga membantu menghasilkan kerak coklat keemasan yang sempurna pada martabak.

**Gunakan Minyak dalam Jumlah yang Tepat** – Meskipun wajan teflon anti lengket, penggunaan sedikit minyak atau mentega dapat meningkatkan rasa dan tekstur martabak. Ini juga membantu dalam mencapai bagian luar yang renyah. Gunakan kuas kue atau tisu untuk melapisi permukaan wajan teflon dengan minyak secara merata sebelum menuang adonan.

**Kontrol Panas** – Pertahankan panas yang konsisten selama proses memasak. Panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan martabak gosong, sedangkan suhu yang terlalu rendah dapat mengakibatkan martabak kurang matang atau lembek. Sesuaikan api sesuai kebutuhan, dan jika martabak terlalu cepat kecoklatan, kecilkan api sedikit.

**Gunakan Alat yang Tepat untuk Membalik** – Jika tiba saatnya membalik martabak, gunakan alat yang tepat untuk memastikan matangnya lancar dan tanpa merusak lapisan kulit martabak yang halus. Satu atau dua spatula lebar dapat digunakan untuk membalik martabak dengan hati-hati. Hindari penggunaan peralatan tajam yang dapat merusak lapisan teflon. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa memastikan martabak manis teflon Anda matang sempurna, bagian luarnya renyah, dan bagian dalamnya lembut dan beraroma.

Baca Juga :  Resep Es Susu Durian Kocok, Rasa Manis Legit Minuman Dingin Menyegarkan

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Martabak Manis Teflon? A: Bahan utama Martabak Manis Teflon antara lain tepung terigu, gula pasir, ragi, garam, air, susu kental manis, taburan coklat, keju, dan margarin.

Q: Bisakah saya menggunakan minyak goreng biasa sebagai pengganti margarin untuk memasak Martabak Manis Teflon? A: Meskipun margarin biasa digunakan, Anda bisa menggunakan minyak goreng biasa sebagai pengganti menggoreng Martabak Manis Teflon.

Q: Bagaimana cara memastikan Martabak Manis Teflon matang merata di kedua sisinya? A: Agar matangnya merata, tutup panci teflon dengan penutup saat memasak Martabak. Ini akan membantu bagian atas matang dengan uap yang terperangkap di dalamnya.

Q: Bisakah saya menyesuaikan isian Martabak Manis Teflon? A: Ya, Anda dapat menyesuaikan isiannya sesuai keinginan Anda. Pilihan umum termasuk taburan coklat, keju, susu kental manis, dan kacang tanah yang dihancurkan.

Q: Bagaimana cara mengetahui Martabak Manis Teflon sudah matang dan siap disajikan? A: Martabak siap disajikan jika kedua sisinya sudah berwarna cokelat keemasan dan keju di dalamnya sudah meleleh. Bisa juga pengecekannya dengan menusukkan tusuk gigi pada bagian tengahnya – jika sudah bersih berarti martabak sudah matang.

Referensi : 

1.   5 Resep Terang Bulan Enak, Empuk, Bersarang yang ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.fimela.com 

2.   4 Resep Dan Cara Bikin Martabak Manis Di Rumah.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.frisianflag.com 

3.   Resep Martabak Manis Teflon untuk Camilan di Akhir ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Mangut Ikan Asap, Masakan Berkuah Santan Menggugah Selera Khas Jawa Tengah

4.   4 Cara Membuat Martabak Manis Teflon agar Tidak Gosong.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.kompas.com 

5.   Resep Martabak Manis Teflon yang Empuk Legit Buat ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari food.detik.com 

6.   3 Cara Masak Martabak Manis Pakai Teflon, Matang dan ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.kompas.com 

7.   446 resep martabak manis pakai wajan enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari cookpad.com/id/cari/martabak%20manis%20pakai%20wajan 

8.   Resep Martabak Manis Teflon: Nikmati Sensasi ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.dapurrenyah.com/resep-martabak-manis-teflon/1320/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan