Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Martabak Manis Teflon, Siap dicoba buat Jualan

Membuat Martabak Manis Teflon, Siap dicoba buat Jualan

Membuat Martabak Manis Teflon (2)

Membuat Martabak Manis Teflon

Bahan-bahan

Bahan 1

  1. 23 sdm / 230 gr tepung terigu
  2. 2 sdm / 20 gr tepung maizena/tapioka/tang mien
  3. 2 sdm / 35 gr gula pasir
  4. 250 ml air
  5. 1 butir telur
  6. 1/2 sdt baking powder

Bahan 2

  1. 50 ml air
  2. 1/2 sdt baking soda
  3. 1/4 sdt perisa vanila, pandan, dll
  4. secukupnya Gula pasir
  5. Topping
  6. secukupnya Margarin atau mentega
  7. sesuai selera Meses / keju
  8. secukupnya Susu kental manis

Langkah-langkah membuat Martabak Manis Teflon

  1. Untuk membuat martabak manis teflon, langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu, tapioka, baking powder, garam, gula pasir, dan air ke dalam wadah pencampur [1]. Campur bahan-bahan dengan baik hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama satu jam agar adonan mengembang dan mengembang. Masa istirahat ini juga akan membuat adonan lebih mudah ditangani saat dimasak di wajan teflon. Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan martabak manis memiliki tekstur lembut dan kenyal saat dimasak.
  2. Setelah adonan diistirahatkan, panaskan wajan teflon dengan api sedang [2]. Sebelum menuangkan adonan, tambahkan sedikit baking soda dan aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang teflon dan masak hingga muncul lubang-lubang di permukaan martabak [2]. Penting untuk memastikan api tidak terlalu besar atau kecil, agar adonan matang secara merata [3]. Setelah setengah matang, taburkan gula pasir di sekeliling adonan dalam loyang teflon lalu tutup tutup teflonnya. Hal ini akan menghasilkan kerak yang renyah dan manis pada martabak [2].
  3. Terakhir, keluarkan martabak manis dari loyang teflon dan segera olesi bagian dalamnya dengan mentega [4]. Tambahkan topping pilihan Anda, seperti keju parut, taburan coklat, atau krimer kental manis. Berkreasilah dengan topping Anda dan bereksperimenlah dengan rasa berbeda untuk menemukan kombinasi favorit Anda [5]. Membuat martabak manis teflon adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk menikmati camilan lezat bersama keluarga dan teman.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi** – Pastikan Anda menggunakan tepung, ragi, gula, dan bahan lainnya yang berkualitas tinggi untuk membuat adonan martabak manis. Kualitas bahan secara langsung mempengaruhi rasa dan tekstur produk akhir.

Baca Juga :  Bikin Nagih, Resep Ceker Mercon Kuah Kesukaan Keluarga

**Siapkan Wajan Teflon dengan Benar** – Sebelum menuangkan adonan ke dalam loyang teflon, pastikan adonan sudah dipanaskan terlebih dahulu dan diolesi minyak. Hal ini mencegah martabak menempel di wajan dan memastikan proses pemasakan merata.

**Kontrol Panas** – Pertahankan panas yang konsisten dan terkontrol selama proses memasak. Hal ini membantu mencapai tingkat kecokelatan dan kerenyahan yang diinginkan tanpa membuat martabak gosong.

**Eksperimen dengan Tambalan** – Meskipun martabak manis klasik diisi dengan coklat, keju, dan kacang-kacangan, jangan takut untuk bereksperimen dengan isian berbeda seperti selai buah, selai kacang, atau bahkan kombinasi Nutella dan pisang. Hal ini dapat menambah variasi dan keunikan martabak manis Anda.

**Latihan Kesabaran** – Saat memasak martabak manis, kesabaran adalah kuncinya. Biarkan adonan matang sempurna dan isiannya meleleh dan menyatu sebelum martabak dibalik. Proses yang terburu-buru dapat menyebabkan martabak tidak matang secara merata atau isiannya belum meleleh sepenuhnya.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Martabak Manis Teflon? A: Untuk membuat Martabak Manis Teflon, Anda memerlukan tepung terigu, telur, gula, ragi, susu cair, garam, air, dan minyak goreng. Anda juga memerlukan topping manis seperti cokelat, keju, kacang, susu kental manis, dan selai.

Baca Juga :  Apa Sih Ogura Orange Cake? Inilah Resep Mudah Membuatnya

Q: Bagaimana langkah-langkah mencampur adonan untuk Martabak Manis Teflon? A: Langkah pertama adalah mencampur tepung terigu, gula, ragi, dan garam dalam mangkuk besar. Kemudian tambahkan telur dan susu cair ke dalam campuran tersebut sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan cukup encer. Terakhir, tambahkan minyak goreng dan aduk hingga merata.

Q: Bagaimana cara membuat adonan Martabak Manis di wajan Teflon? A: Panaskan wajan teflon dengan api sedang. Setelah wajan panas, tuang adonan Martabak Manis ke wajan dan ratakan dengan sendok. Biarkan adonan mengembang dan matang di bagian bawah. Setelah itu tambahkan topping seperti cokelat, keju, kacang, atau selai di atas adonan. Tutup wajan dan biarkan Martabak Manis matang dengan api kecil.

Q: Apakah Martabak Manis Teflon lebih sehat daripada yang digoreng? A: Martabak Manis yang dimasak di wajan Teflon cenderung lebih sehat daripada digoreng karena menggunakan sedikit minyak. Namun, tetap disarankan untuk mengonsumsi dengan bijak karena kandungan gula dan lemak pada Martabak Manis.

Q: Bisakah saya menggunakan bahan pengganti untuk membuat Martabak Manis Teflon? A: Ya, Anda bisa menggunakan bahan pengganti sesuai dengan preferensi atau kebutuhan diet tertentu. Misalnya, mengganti tepung terigu biasa dengan tepung terigu gluten-free untuk membuat versi bebas gluten, atau menggunakan susu nabati sebagai pengganti susu cair.

Baca Juga :  Resep Gulai Jeroan Sapi Kaya Bumbu dan Rempah Khas Nusantara

Referensi : 

1.   4 Resep Dan Cara Bikin Martabak Manis Di Rumah.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.frisianflag.com 

2.   27 Cara Buat Martabak Manis Paling Gampang, Cuma ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.liputan6.com 

3.   3 Cara Masak Martabak Manis Pakai Teflon, Matang dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.kompas.com 

4.   Resep Martabak manis teflon 24cm oleh Marisca.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12950572-martabak-manis-teflon-24cm 

5.   Resep Martabak Manis Teflon untuk Camilan di Akhir ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan