Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara membuat Ayam Goreng Serai, Ini Resep dan Langkahnya

Cara membuat Ayam Goreng Serai, Ini Resep dan Langkahnya

Resep Ayam Goreng Serai (1)

Resep Ayam Goreng Serai

Cara membuat Ayam Goreng Sereh

Untuk membuat ayam goreng serai, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut[1]: 

  1. – 1 kg ayam, potong kecil-kecil 
  2. – Minyak goreng untuk menggoreng 
  3. – Air secukupnya 
  4. – Rempah-rempah (5 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 sendok teh biji-bijian, garam, dan merica) 

Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga membutuhkan 

  1. 12 batang serai, bagian putihnya diiris halus, 
  2. dan 2 sendok makan air jeruk nipis[2]. 

Bahan-bahan ini akan memberikan rasa harum dan tajam pada ayam yang pasti akan menyenangkan.

  • Untuk memulai memasak ayam goreng serai, mulailah dengan merendam ayam bersama bumbu halus dan bumbu lainnya, beserta campuran tepung terigu. 
  • Diamkan ayam minimal 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging. Kemudian panaskan minyak dalam wajan dan goreng ayam hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah[6]. 
  • Pastikan untuk memasak ayam secara bertahap, agar wajan tidak terlalu penuh dan menurunkan suhu minyak.
  • Setelah ayam matang, Anda bisa langsung menyajikannya, ditaburi bumbu segar dan perasan air jeruk nipis[4]. 
  • Alternatifnya, Anda bisa menyimpan sisa ayam dalam wadah kedap udara di lemari es hingga tiga hari[4]. 
  • Untuk memanaskan kembali ayam, cukup masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 350°F selama 10-15 menit, hingga matang seluruhnya. 

Dengan tips sederhana ini, Anda bisa menikmati ayam goreng serai yang lezat dan harum kapan pun Anda mau.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Serai Segar** – Saat memilih serai untuk resep ayam goreng Anda, carilah batang yang keras dan harum. Hindari yang kering atau berjamur. Untuk memeriksa kesegarannya, remas batangnya dengan lembut untuk memastikannya kencang dan tidak lunak atau lembek.

Baca Juga :  Dadar Jagung Renyah, Mudah Kok, Begini Resepnya

**Mempersiapkan Serai dengan Benar** – Pangkas ujung batang serai yang berkayu dan hilangkan lapisan luar yang keras. Kemudian, cincang halus atau hancurkan bagian dalam yang empuk untuk mengeluarkan minyak aromatik dan rasa. Untuk rasa serai yang lebih pekat, Anda juga bisa memarkan batang serai dengan punggung pisau sebelum digunakan dalam bumbu marinasi.

**Memarinasi untuk Infus Rasa Optimal** – Biarkan ayam terendam dalam campuran serai setidaknya selama 2-4 jam, atau idealnya semalaman, di lemari es. Waktu pengasinan yang lama ini memungkinkan rasa serai dan bahan lainnya meresap ke dalam ayam, sehingga menghasilkan hidangan yang lebih beraroma.

**Mendapatkan Tekstur Renyah** – Untuk mendapatkan tekstur yang renyah saat menggoreng ayam, pastikan minyak berada pada suhu yang tepat sebelum memasukkan ayam. Suhu ideal untuk menggoreng ayam adalah sekitar 350-375°F (175-190°C). Menggunakan termometer dapur dapat membantu menjaga suhu yang tepat dan mencegah ayam menjadi berminyak.

**Saran Penyajian dan Penyandingan** – Sajikan ayam goreng serai dengan nasi melati kukus dan salad mentimun yang menyegarkan untuk melengkapi cita rasa yang nikmat. Selain itu, saus celup yang dibuat dengan air jeruk nipis, kecap ikan, dan sedikit cabai dapat semakin meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Goreng Sereh? A: Untuk membuat Ayam Goreng Serai, Anda membutuhkan potongan ayam, serai, bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar bubuk, garam, gula pasir, lada putih, dan minyak goreng untuk menggoreng.

Baca Juga :  Membuat Pesmol Ikan untuk Menu Sehari-hari

Q: Bisakah Anda memberikan panduan langkah demi langkah cara memasak Ayam Goreng Serai? A: Tentu! Pertama, haluskan serai, bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar bubuk, garam, dan gula hingga membentuk pasta halus. Rendam potongan ayam dengan pasta ini setidaknya selama 1 jam. Kemudian panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ayam yang sudah dibumbui hingga berubah warna menjadi coklat keemasan dan matang sempurna.

Q: Adakah tips menyajikan Ayam Goreng Serai? A: Ya, Anda bisa menyajikan Ayam Goreng Serai dengan nasi kukus, salad segar, atau dengan saus pilihan Anda. Selain itu, hiasan dengan daun ketumbar segar atau irisan cabai dapat meningkatkan penyajian dan cita rasa.

Q: Bagaimana cara menyimpan Ayam Goreng Serai jika masih ada sisa? A: Sisa Ayam Goreng Serai harus dibiarkan dingin hingga suhu kamar sebelum disimpan di lemari es. Simpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Saat memanaskan kembali, sebaiknya lakukan di dalam oven untuk mempertahankan tekstur renyahnya.

Q: Bisakah resepnya disesuaikan untuk mereka yang memiliki pantangan makanan, seperti menggunakan ayam tanpa kulit atau mengurangi jumlah minyak? A: Ya, resepnya bisa disesuaikan dengan preferensi diet. Ayam tanpa kulit dapat digunakan, dan jumlah minyak dapat dikurangi dengan menggunakan wajan anti lengket dan menggoreng ayam secara dangkal dibandingkan menggoreng. Rasanya akan tetap kaya karena bumbu serai.

Referensi : 

1.   Resep Ayam Goreng Sereh ala rumah oleh Bunda Zaza.  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16640278-ayam-goreng-sereh-ala-rumah 

Baca Juga :  Cumi Steak Crispy, Masakan Seafood Sederhana Menggoda

2.   Resep Ayam Goreng Serai, Sajian Utama Makan Bareng ….  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

3.   Resep Ayam Goreng Serai oleh Andita Putri.  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13029649-ayam-goreng-serai 

4.   Resep Ayam Goreng Serai yang Wangi Sangat Disukai ….  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari www.metrojambi.com 

5.   Resep Ayam Goreng Serai Gurih Nikmat dan Wangi ….  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari www.koran-gala.id 

6.   5 Resep Ayam Goreng untuk Lauk Sehari-Hari.  (n.d.)   Diperoleh January 20, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan