Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Lumpia Udang Mayo, Cemilan Lezat Ide Berjualan yang Menguntungkan

Resep Lumpia Udang Mayo, Cemilan Lezat Ide Berjualan yang Menguntungkan

lumpia udang mayo1 (1)

Resep lumpia udang mayo

Resep lumpia udang mayo juga direkomendasikan untuk Anda sekalian yang ingin membuat dan mencicipi cemilan lezat.

Lumpia yang biasanya berisi rebung, touge, daging ayam, dan beberapa bahan lainnya memang sudah populer.

Salah satunya lumpia khas Semarang, Jawa Tengah. Namun sekarang, lumpia yang bisa Anda buat berisi udang, tepung sagu, dan dibungkus dengan kulit lumpia.

Lumpianya memang lebih sederhana, tetapi rasanya dijamin mantul. Bahkan, Anda bisa menjadikannya ide berjualan kuliner untuk mendapatkan keuntungan uang.

Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui resep lumpia udang mayo secara lengkap terlebih dulu sebelum mempraktikkan cara membuatnya.

Bahan-bahan

  1. 300 gram udang segar ukuran sedang
  2. 2 sendok makan tepung sagu/tepung maizena
  3. 1 sendok makan minyak wijen
  4. 1 sendok teh garam
  5. Kulit lumpia siap pakai secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk mayones

  1. 1 butir telur ayam
  2. 30 gram gula bubuk
  3. 350 ml minyak salad
  4. 2 sendok makan air jeruk lemon
  5. 2 sendok makan susu kental manis putih
Baca Juga :  Resep Masakan Ayam Kuah Bumbu Santan Khas Selera Pedas

Cara membuat lumpia udang mayo

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep lumpia udang mayo dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang bagian kepala, cangkang, serta kotoran di perutnya. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan baskom lalu masukkan tepung sagu, minyak wijen, dan garam. Aduk merata. Setelah itu, masukkan semua udang yang sudah dibersihkan ke dalam baskom dan aduk merata. Diamkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap ke dalam daging udang.
  3. Langkah berikutnya, ambil selembar kulit lumpia, lalu beri satu sendok makan isian udang berbumbu yang sudah dibuat tadi. Setelah itu, gulung dan lipat kulit lumpia. Bagian ujungnya bisa direkatkan dengan larutan tepung.
  4. Lakukan langkah diatas hingga semua isian udang berbumbu habis. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng lumpia.
  5. Pastikan minyak goreng sudah panas barulah masukkan satu per satu lumpia ke dalamnya. Goreng hingga lumpia berwarna kuning kecoklatan dan matang. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya membuat mayones. Caranya, siapkan baskom lainnya lalu masukkan ke dalamnya telur ayam, gula bubuk, minyak salad, air jeruk lemon, dan susu kental manis. Setelah itu, gunakan mixer untuk mengocok semua bahan hingga tercampur merata. Anda bisa mencicipi sedikit mayonesnya untuk mengkoreksi rasanya.
  7. Setelah lumpia udang mayo matang, Anda bisa menyajikannya. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata lumpia udang yang sudah matang diatas piring. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah mayonesnya. Selanjutnya, silahkan mencicipi dan menyantap lumpianya dengan mencocol di mayones terlebih dulu.
Baca Juga :  Resep Perkedel Tahu Udang, Cemilan Sekaligus Lauk Pendamping yang Rasanya Mantul

Anda sekalian sudah mengetahui resep lumpia udang mayo selengkapnya. Selanjutnya, silahkan untuk mempraktikkan langkah-langkah pembuatannya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan