Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Rolade Kornet Makaroni. Ide Kreatif Membuat Cemilan dan Lauk yang Lezat

Resep Rolade Kornet Makaroni. Ide Kreatif Membuat Cemilan dan Lauk yang Lezat

rolade kornet makaroni (1)

Resep rolade kornet makaroni

Resep rolade kornet makaroni menjadi salah satu alternatif lauk untuk seluruh keluarga. Terutama Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati kecil, silahkan memasakkan menu kuliner ini untuknya.

Rasa roladenya lezat dan gurih dengan perpaduan makaroni yang menjadikan sensasi renyah di dalam masakannya.

Anda tidak perlu repot-repot membeli daging sapi dan menggilingnya karena bisa menggunakan daging kornet yang lebih praktis.

Semua bahan dan bumbunya bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket/minimarket terdekat.

Sementara untuk cara memasaknya, silahkan membaca dulu resep rolade kornet makaroni selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging kornet kalengan
  2. 300 gram makaroni kering
  3. 9 butir telur bebek
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. ¼ sendok teh pala bubuk
  7. 1 sendok teh kecap asin
  8. 1 sendok teh minyak wijen
  9. Kertas roti secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1 sendok teh merica butiran
  3. 1 sendok teh pala
  4. 1 sendok teh kecap asin
  5. 2 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh minyak wijen

Cara memasak rolade kornet makaroni

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep rolade kornet makaroni dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Rebus dulu semua makaroni yang sudah disiapkan hingga mendidih. Tambahkan minyak goreng secukupnya dan garam. Aduk merata. Setelah makaroni mengembang serta empuk, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu untuk mendinginkannya.
  2. Langkah berikutnya membuat kulit roladenya. Caranya, siapkan mangkuk ukuran sedang, lalu pecahkan 2 buah telur bebek ke dalamnya. Bumbui dengan merica bubuk, pala bubuk, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk merata hingga tercampur.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan teflon datar diatas api kompor kecil saja dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah itu, masukkan 2 sendok makan adonan telur dan ratakan dengan sendok. Setelah agak mengering, angkat kulit telur tersebut dan tidak perlu dibalik agar tidak rusak. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan telur habis. sisihkan kulit telur yang sudah jadi.
  4. Langkah berikutnya membuat rolade. Caranya, siapkan wadah baskon lalu pecahkan seuma sisa telur bebek yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan semua daging kornetnya beserta semua bumbu halus. Jangan lupa memasukkan makaroninya. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  5. Bagi adonan menjadi lima bagian. Setelah itu, ambil 1 – 2 kulit telur yang sudah jadi, lalu beri adonan roladenya. Gulung dan jangan sampai sobek kulit telurnya. Setelah itu, gulung lagi dengan kertas roti hingga rapat. Lakukan langkah tersebut untuk semua adonan rolade hingga habis.
  6. Selanjutnya, siapkan panci kukusan dan kukus semua rolade sekitar 15 menit atau hingga matang. Anda bisa mengecek tingkat kematangannya. Jika belum matang, silahkan mengukusnya lagi beberapa menit. Setelah matang, buka tutup pancinya agar uap air menghilang.
  7. Setelah agak mendingin, silahkan buka kertas rotinya, lalu potong rolade dengan ketebalan sekitar 2 cm atau sesuai selera Anda. Jika ingin roladenya lebih kering, Anda dapat mengoorengnya hingga berwarna kecoklatan. Sementara itu, sisa roladenya bisa disimpan di dalam freezer sebagai cadangan lauk makanan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan potongan rolade basah atau goreng diatasnya. Anda bisa melengkapinya dengan saus tomat/cabai sesuai selera.
Baca Juga :  Rahasia Membuat Masakan Gulai Kikil Padang, Layak Jadi Pengganti Rendang

Itulah resep rolade kornet makaroni selengkapnya yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah. Setelah matang, roladenya dapat dijadikan cemilan lezat atau lauk pendamping. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan