Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ikan Asin Tenggiri Masak Asam yang Mantul

Resep Ikan Asin Tenggiri Masak Asam yang Mantul

Ikan Asin Tenggiri (1)

Resep ikan asin tenggiri masak asam

Resep ikan asin tenggiri masak asam juga tidak kalah enaknya untuk menu buka puasa. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Jika belum pernah, tidak ada salahnya coba memasak sendiri, lalu menyantapnya untuk buka puasa bersama keluarga tercinta.

Sepertinya, menu masakan yang satu ini jarang dijual oleh warung atau rumah makan karena berbahan utama ikan asin tenggiri. Namun, Anda jangan menyepelekan rasanya. Dijamin mantul saat disantap dengan nasi putih hangat.

Ikan asin tenggiri tersebut dimasak dengan bumbu asam yang menggugah selera. Anda sekalian yang penasaran dengan resep ikan asin tenggiri masak asam selengkapnya silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram ikan asin tenggiri
  2. 1 sendok makan asam Jawa dilarutkan dalam 1 gelas air matang
  3. 1½ sendok makan gula Jawa disisir
  4. 1 sendok makan bumbu cabai
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. Kaldu bubuk secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Pepes Ikan Patin Sambal Tempoyak, Enaknya Masakan Ini!!!

Bumbu yang diiris

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 buah cabai merah besar
  4. 3 buah cabai hijau besar
  5. 2 buah tomat merah

Cara memasak ikan asin tenggiri masak asam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ikan asin tenggiri masak asam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan asin tenggiri di bawah air mengalir, lalu potong-potong ukuran dadu. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan potongan ikan asin ke dalamnya dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, ganti minyak goreng sisa menggoreng ikan asin dengan yang baru secukupnya saja untuk menumis. Panaskan wajan penggorengan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  3. Tambahkan irisan cabai merah, cabai hijau, dan tomat. Aduk merata hingga layu. Setelah itu, masukkan ikan asin dan aduk merata. Lalu, tambahkan air asam Jawa yang sudah dilarutkan air.
  4. Bumbui dengan gula Jawa, bubuk cabai, garam, dan gula pasir. Aduk merata hingga semua bahan tercampur. Masak hingga mendidih.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya belum pas, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan ikan asin tenggiri masak asam yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sop Kacang Merah dengan Tambahan Daging Sapi Dijamin Rasanya Mantul

Cukup mudah bukan memasak resep ikan asin tenggiri masak asam? Selain untuk berbuka, menu masakan ini juga bisa dijadikan menu makan sahur. Silahkan Anda mencobanya sendiri di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan