Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Wedang Uwuh dan Cara Membuatnya

Resep Wedang Uwuh dan Cara Membuatnya

Wedang Uwuh (1)

Resep Wedang Uwuh

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan rempah-rempah, rimpang dan juga tanaman-tanaman lainnya. Beberapa di antara tanaman tersebut memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh dan juga kesehatan. Terlebih ketika dihidangkan menjadi bentuk minuman.

Salah satu jenis minuman yang yang terkenal utamanya selama masa pandemi covid-19 adalah minuman wedang uwuh. Minuman tradisional ini berasal dari kota Jogjakarta.

Secara bahasa wedang uwuh sendiri diartikan sebagai minuman sampah. Ini dikarenakan wedang uwuh menggunakan berbagai bahan yang ketika dihidangkan dalam gelas mirip seperti sampah-sampah. Namun ini hanya sebutan saja untuk mengistilahkan minuman tersebut. 

Nah, wedang uwuh sendiri biasanya dijual pada warung warung angkringan ataupun warung warung lesehan yang menyediakan minuman minuman jamu.

Baca Juga :  Sobyah Khas Arab, dirumahaja Bisa : Resep & Langkah

Bahan Bahan Wedang Uwuh

Bahan untuk pembuatan minuman ini dapat ditemui dengan mudah disekitar anda. Namun beberapa bahan kadang sulit ditemukan sehingga anda harus mencarinya ke pasar atau tempat lainnya.

  1. Kayu Secang
  2. Jahe
  3. Kayu Manis
  4. Serai
  5. Cengkeh
  6. Gula Batu

Cara Membuat Wedang Uwuh

  1. Sebetulnya tidak ada aturan khusus dalam pembuatan wedang uwuh. Ketika semua bahan sudah terkumpul anda tinggal masukan kedalam wadah ataupun gelas kemudian anda bisa menyiramnya dengan air panas.
  2. Ini tentu saja dilakukan setelah anda membersihkan beberapa bahan tersebut dan mengirisnya dengan kecil kecil.
  3. Setelah itu anda bisa menunggunya sampai air nanti menjadi agak kemerah-merahan karena efek bahan-bahan yang di masukan tadi.
  4. Adapun, dikarenakan rasa dari wedang uwuh tentu saja hambar dan tidak memiliki rasa, setelah warna berubah anda bisa juga menggunakan gula batu sebagai pemanis.
  5. Namun, yang harus diingat jika anda memang mengkonsumsi wedang uwuh untuk tujuan kesehatan, ada baiknya anda menghindari penggunaan gula karena itu tentu saja tidak baik untuk tubuh.
  6. Lain halnya jika anda mengkonsumsinya ketika sedang nongkrong, menggunankan gula rasanya sah sah saja selama tidak berlebih.
  7. Sekarang ini wedang uwuh sudah menjadi minuman favorit sebagian orang. Bahkan beberapa café juga terkadang ada yang menyediakan menu minuman ini untuk memanjakan para tamunya.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan