Lompat ke konten
Home » Memasak Resep Laksa Udang Dijamin Menggoyang Lidah

Memasak Resep Laksa Udang Dijamin Menggoyang Lidah

Laksa Udang (1)

Resep laksa udang

Ada resep laksa udang yang bisa Anda coba masak di rumah dengan mudah dan praktis. Masakan laksa sudah cukup populer di Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya.

Masakan berkuah seperti kari dengan citarasa pedas dan gurih. Biasanya, laksa bisa disantap bersama nasi putih hangat, potongan lontong, ataupun mie dan bihun. Terserah selera masing-masing.

Sementara itu, laksa dapat dikombinasikan dengan berbagai protein hewani, seperti daging sapi, ayam, dan telur. Untuk masakan laksa yang akan dijabarkan kali ini menggunakan bahan udang.

Dijamin rasanya semakin mantul dan menggugah selera. Lalu, bagaimana resep laksa udang selengkapnya? Silahkan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 sachet bumbu laksa yang bisa Anda beli di supermarket atau pasar tradisional
  2. 4 gelas kaldu ayam
  3. 250 ml santan kental
  4. 5 – 8 udang segar ukuran sedang
  5. 5 butir bakso
  6. 1 bungkus atau 70 gram bihun kering direndam air panas lalu ditiriskan
  7. ½ sendok teh garam
  8. ¼ sendok teh merica bubuk
  9. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh yang Bikin Makan Lebih Lahap

Bahan pelengkap

  1. 2 buah tahu putih digoreng matang lalu dipotong-potong kotak
  2. 1 genggam touge direndam air panas lalu ditiriskan
  3. 2 butir telur rebus dibelah menjadi dua bagian
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. Daun kemangi secukupnya
  6. Bawang merah goreng secukupnya
  7. Sambal cabai rawit secukupnya
  8. Kecap manis secukupnya

Cara memasak laksa udang

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep laksa udang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu udang segar yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, cangkang, dan bagian kepalanya.
  2. Setelah itu, beri sedikit garam dan merica pada udang. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  3. Siapkan kaldu ayam di panci ukuran sedang, lalu panaskan dengan api kompor kecil saja. Setelah mendidih, masukkan bumbu laksanya. Aduk merata.
  4. Setelah itu, masukkan bakso dan udangnya yang sudah disiapkan. tambahkan santan kental dan aduk perlahan secara terus menerus agar tidak pecah.
  5. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata. Silahkan Anda mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, tambahkan lagi kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi.
  6. Masak hingga udang sudah matang dengan berwarna kemerahan. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Letakkan dan tata bihun, touge, tahu, dan telur. Setelah itu, tuang laksa udangnya. Beri daun kemangi dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Lengkapi juga dengan perasan jeruk nipis, sambal cabai rawit, dan kecap manis, jika Anda menginginkannya.
Baca Juga :  Kwetiau Goreng Spesial yang Mudah Dimasak? Baca Resepnya

Akhirnya, resep laksa udang sudah selesai dimasak dan siap dicicipi. Dijamin rasanya mantul dan menggoyang lidah. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info