Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara Mudah buat Sambal Udang Pete yang Pedas dan Lezat

Cara Mudah buat Sambal Udang Pete yang Pedas dan Lezat

Sambal Udang Pete (1)

Resep sambal udang pete

Resep sambal udang pete mudah memasaknya. Setelah matang, sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Rasa pedas sambalnya dijamin membuat lidah Anda tersengat.

Dipadukan dengan rasa udang yang gurih. Tak ketinggalan ada campuran pete yang fungsinya sebagai lalapan, tetapi  langsung diolah di dalam masakannya. Jadi, sudah komplit masakan ini untuk menu makan siang ataupun makan malam.

Anda juga dapat memasak sendiri menu ini di rumah. Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Harganya juga cukup terjangkau.

Sangat cocok bagi Anda yang suka masakan pedas. Apalagi di tanggal tua yang harus berhemat. Lalu, bagaimana resep sambal udang pete selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. 3 papan pete dikupas lalu dibersihkan
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. ½ sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula pasir
  6. Kaldu bubuk secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Donat Sederhana Tanpa Kentang

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah besar

Cara memasak sambal udang pete

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal udang pete dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu semua udang di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, cangkang, dan bagian kepalanya. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum.
  3. Masukkan pete dan aduk merata dengan semua bumbu. Masukkan juga udangnya dan aduk merata. Masak. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata.
  4. Berikan perasan jeruk nipis ke dalam wajan dan aduk merata. Masak hingga udang berubah warna dan petenya lunak.
  5. Jangan lupa dicicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan sambal udang pete yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat dan air putih dingin untuk menetralisir rasa pedasnya.
Baca Juga :  Resep Pompom Potato, Makanan Kecil Menarik dan Rasanya Enak untuk Semua Orang

Dijamin resep sambal udang pete diatas bisa menghabiskan nasi putih banyak. Apalagi disantap beramai-ramai dengan kondisi perut sedang lapar. Jadi, silahkan coba memasaknya sendiri. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan