Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Goreng Tuna Kimchi

Resep Nasi Goreng Tuna Kimchi

Nasi Goreng Tuna Kimchi

Resep Nasi Goreng Tuna Kimchi

Cobalah resep sederhana untuk nasi goreng tuna kimchi ini! Hidangan ini dibuat dengan tuna kalengan, bahan makanan pokok bagi pecinta tuna, dan kimchi, bahan makanan pokok bagi pecinta makanan Korea. Hidangan ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk dimasak!

Nasi goreng kimchi adalah hidangan populer yang dapat dibuat di rumah dengan hampir semua bahan. Namun, pasangan yang paling umum adalah kimchi dan tuna kalengan serta daging asap dan kimchi.

Komponen utama nasi goreng kimchi tuna (Kimchi Chamchi Bokkeumbap) adalah kimchi yang sudah tua, tuna kalengan, nasi, gochujang, kecap asin, dan minyak wijen.

Berbeda dengan nasi goreng kimchi tuna, nasi goreng kimchi dengan daging asap atau spam, memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak terlalu berminyak atau berasap. Meskipun demikian, saus yang lezat membuatnya menjadi gurih, lezat, dan penuh dengan rasa yang kaya akan umami.

  1. Kimchi : Untuk nasi goreng, gunakan kimchi asam yang telah didiamkan setidaknya selama dua minggu. Oleh karena itu, disebutnya sebagai “kimchi yang sudah tua”. Jika kimchi masih baru dan membutuhkan lebih banyak rasa asam, tambahkan 1/4 sendok teh hingga 1/2 sendok teh cuka beras.
  2. Tuna Kalengan : Kamu tidak perlu khawatir apakah akan menggunakan tuna kalengan dalam air atau minyak. Dibandingkan dengan tuna kalengan yang dibuat dengan air, tuna yang menggunakan minyak memiliki rasa yang lebih kompleks dan lebih gurih.
  3. Jenis beras : Orang Korea biasanya mengonsumsi beras japonica, yang memiliki butiran pendek atau sedang. Dibandingkan dengan beras indica yang berbutir panjang, varietas ini lebih pendek, lebih bulat, dan lebih lengket.
  4. Beras terbaik untuk nasi goreng : Untuk konsistensi nasi goreng terbaik, gunakan nasi yang telah didinginkan di lemari es selama satu hari. Namun, jika kamu tidak memilikinya, kamu masih bisa membuatnya dengan memasak nasi dengan air yang sedikit lebih sedikit dari yang biasanya digunakan. Hasilnya, nasi akan memiliki tekstur yang lebih kering. Sebelum dimasak, sebarkan nasi di atas piring besar atau loyang selama sepuluh menit hingga dingin.
  5. Hiasan: Telur goreng mata sapi adalah hiasan yang paling umum untuk nasi goreng kimchi. Rumput laut kering parut, biji wijen panggang, dan daun bawang yang diiris tipis bisa menjadi pilihan tambahan.
Baca Juga :  Penasaran dengan Resep Sambal Gami Cumi Khas Bontang?

BAHAN-BAHAN UNTUK NASI GORENG TUNA KIMCHI (PORSI 2 HINGGA 3 ORANG)

BAHAN UTAMA :

  1. Sedikit minyak goreng
  2. 1 cangkir kimchi, potong kecil-kecil
  3. 185g / 6,5 ons tuna kalengan, tiriskan
  4. 2 cangkir nasi
  5. (opsional) 50g / 1,8 ons biji jagung kalengan, tiriskan
  6. 1 sendok makan minyak wijen panggang

SAUS BUMBU :

  1. 1 sendok makan jus kimchi (cairan dari wadah kimchi)
  2. 1 sendok makan gochujang (pasta cabai Korea), kurangi jika tidak tahan dengan makanan pedas
  3. 1/2 sendok makan kecap asin
  4. 1/2 sendok makan gula (gula mentah atau gula merah)

HIASAN (OPSIONAL)

  1. daun bawang, iris tipis-tipis
  2. biji wijen panggang
  3. potongan rumput laut kering
  4. telur goreng mata sapi

CATATAN

  1. Idealnya, kimchi harus berusia setidaknya dua minggu. Jika tidak, tambahkan 1/4 sendok teh hingga 1/2 sendok teh cuka beras ke dalam jus kimchi untuk membuatnya menjadi asam.
  2. 1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml
Baca Juga :  Resep Soto Tangkar Legenda khas Betawi

CARA MEMBUAT NASI TUNA KIMCHI YANG DIGORENG

  1. Dalam mangkuk, campurkan semua bahan untuk saus bumbu. Sisihkan. Saat minyak sudah cukup panas, tambahkan ke dalam wajan dengan api sedang. Gunakan spatula untuk meratakannya.
  2. Masukkan kimchi dan masak selama 2 hingga 3 menit, atau hingga lunak. Masukkan tuna kalengan sampai tercampur rata.
  3. Aduk rata saus bumbu dan nasi.
  4. Minyak wijen dan biji jagung opsional harus ditambahkan. Campurkan secara menyeluruh dengan cara diaduk. Sajikan. Biji wijen, daun bawang, dan potongan rumput laut kering dapat digunakan sebagai hiasan. Di atasnya, letakkan telur mata sapi.

Lihat video Nasi Goreng Tuna Kimchi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan