Lompat ke konten
Home » Memasak Resep Chicken Steak Saus Enoki Ala Restoran di Rumah

Memasak Resep Chicken Steak Saus Enoki Ala Restoran di Rumah

Chicken Steak Saus Enoki (1)

Resep chicken steak saus enoki

Resep chicken steak saus enoki biasanya bisa ditemukan di rumah makan atau restoran yang menjual menu masakan western atau barat.

Dimana masakan steak itu sendiri memang sudah populer di Amerika Serikat maupun negara-negara Eropa. Bukan daging sapi yang dimasak menjadi steak, tetapi menggunakan bahan daging ayam.

Rasanya tentu saja masih enak dan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Anda mungkin pernah mencicipi chicken steak di restoran.

Namun demikian, ada juga warung-warung tenda di pinggiran jalan yang menawarkan masakan tersebut. Bahkan, Anda pun bisa memasaknya di rumah dengan cara yang direkomendasikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep chicken steak saus enoki selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 potong dada ayam segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 siung bawang putih dihaluskan
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. Minyak goreng secukupnya

Bahan adonan tepung untuk ayam

  1. 4 sendok makan tepung terigu
  2. 2 sendok makan tepung maizena
  3. 2 butir telur ayam
  4. 2 siung bawang putih dihaluskan
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk saus enoki

  1. 1 bungkus jamur enoki dibersihkan di bawah air mengalir lalu potong akarnya
  2. 2 sendok makan minyak zaitun
  3. 2 siung bawang putih dicincang halus
  4. 1 sendok makan saus tiram
  5. 1 sendok makan saus tomat
  6. 1 sendok makan saus cabai
  7. 5 sendok makan saus barberque
  8. 2 gelas air putih
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
Baca Juga :  Resep Sambal Tempoyak Enak Menggemparkan Dunia

Cara memasak chicken steak saus enoki

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep chicken steak saus enoki dengan bahan-bahan sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu belah memanjang . Setelah itu, beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu, bersihkan lagi air di bawah air mengalir. Pukul-pukul daging ayam hingga agak memipih. Lalu, marinasi dengan garam, merica bubuk, dan bawang putih. Aduk merata dan masukkan ke dalam kulkas. Diamkan minimal 3 jam.
  3. Sambil menunggu daging ayam, Anda bisa membuat adonan tepungnya. Caranya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalamnya satu per satu, kecuali telur. Setelah itu, aduk merata dengan tangan. Kocok lepas telur ayam diatas piring atau mangkuk.
  4. Selanjutnya, keluarkan daging ayam yang sudah dimarinasi. Lalu, ambil sepotong dan masukkan ke dalam adonan tepung dan dibolak-balik. Setelah itu, masukkan ke dalam kocokan telur dan bolak-balik. Masukkan sekali lagi daging ke dalam adonan tepung. Sisihkan.
  5. Ulangi langkah tersebut untuk semua potongan daging. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng daging ayam. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan potongan ayam satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, Anda harus membuat saus enoki. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi sisa minyak menggoreng daging ayam hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum.
  7. Tuangkan air putih dan tambahkan semua saus yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan aduk merata. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata lagi.
  8. Setelah itu, masukkan jamur enoki dan aduk lagi merata. Silahkan untuk mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas dan sedap, matikan kompor. Biarkan beberapa saat biar agak mendingin.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh dan tata potongan steak ayam yang sudah matang diatas piring. Lalu, siram dengan saus enoki diatasnya. Anda juga bisa memisahkan saus enoki tersebut di sebuah mangkuk kecil.
Baca Juga :  Resep Fire Wings Pedas, Lezat, dan Praktis

Resep chicken steak saus enoki sudah matang dan siap dicicipi. Anda yang suka menyantap masakan western pasti cocok dengan menu ini. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info