Lompat ke konten
Home » Resep Sate Balungan Ayam Khas Semarang yang Menggugah Selera

Resep Sate Balungan Ayam Khas Semarang yang Menggugah Selera

Sate Balungan Ayam Khas Semarang (3)

Resep sate balungan

Apa itu resep sate balungan? Anda sekalian yang belum pernah mencicipinya tentu agak bingung. Hal itu dikarenakan sate biasanya berupa daging ayam, kambing, atau sapi.

Namun, sate yang ini hanya balungan atau tulang saja, sehingga tidak bisa ditusuk dan dibakar diatas perapian.

Memang benar, sate balungan ayam merupakan kuliner khas Semarang, Jawa Tengah yang banyak digemari. Meskipun hanya berisi balungan ayam saja, tetapi rasanya benar-benar menggugah selera.

Tulang-tulang ayam tersebut dimasak dan diolah dengan bumbu kacang sate yang pastinya sedap. Tidak perlu ditusuk dan dibakar seperti sate-sate pada umumnya.

Untuk memasak sate balungan cukup mudah dan murah. Anda yang penasaran dengan resep sate balungan, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Baca Juga :  Bakmoy Khas Chinese Food yang Menggugah Selera

Bahan-bahan

  1. 500 gram balungan atau tulang ayam segar
  2. 250 gram kacang tanah digoreng
  3. 500 ml air
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 4 siung bawang merah ditumis
  6. 3 siung bawang putih ditumis
  7. 3 butir kemiri ditumis
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh gula pasir
  10. 4 sendok makan kecap manis

Cara memasak sate balungan

Jika semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep sate balungan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua balungan atau tulang ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus semua tulang hingga berbusa. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, siapkan cobek lalu haluskan kacang tanah goreng, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan kemiri.
  3. Setelah itu, siapkan dan panaskan wajan penggorengan, lalu masak semua bahan yang dihaluskan tadi bersama air yang sudah disiapkan. Aduk merata.
  4. Masukkan semua tulang ayam dan bumbui dengan garam, gula pasir, serta kecap manis. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  5. Masak hingga air menyusut dan bumbunya mengental. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan sate balungan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan irisan lontong atau nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Memasak Ikan Tuna Bumbu Kecap yang Mantap, Menu Rumahan Rasa Restoran

Itulah resep sate balungan ayam yang cukup mudah memasaknya. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah karena rasanya dijamin menggugah selera. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info