Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Bandeng Bumbu Bali, Masakan Sederhana Rasa Menggugah Selera

Bandeng Bumbu Bali, Masakan Sederhana Rasa Menggugah Selera

Bandeng Bumbu Bali (1)

Resep bandeng bumbu Bali

Ada resep bandeng bumbu Bali yang bisa Anda masak di rumah dengan bahan dan bumbu sederhana.

Dimana bahan utamanya adalah ikan bandeng yang sudah populer dan harganya cukup terjangkau.

Meskipun banyak duri kecil atau halus di dalam dagingnya, tetapi kekenyalan dan kegurihannya tidak perlu diragukan lagi. Oleh karenanya, bandeng bisa dimasak dengan bumbu apa saja dan pastinya rasanya lezat.

Begitu juga saat dimasak dengan bumbu Bali yang cenderung berasa gurih pedas, ikan bandeng juga cocok bahkan menggugah selera saat disantap bersama nasi putih hangat.

Anda sekalian yang penasaran dengan rasanya, silahkan membaca selengkapnya resep bandeng bumbu Bali berikut, lalu coba mempraktikkannya di rumah.

Bahan-bahan

  1. 3 ikan bandeng segar ukuran sedang
  2. 1 sendok teh garam
  3. 1 butir jeruk nipis
  4. 2 sendok makan kecap manis
  5. 2 gelas air
  6. 400 ml minyak goreng
  7. Kaldu bubuk secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 2 cm jahe
  6. 1 sendok teh garam
Baca Juga :  Bomboloni Kentang, Kreasi Sajian Kentang Enak

Cara memasak bandeng bumbu Bali

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep bandeng bumbu Bali dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan bandeng di bawah air mengalir. Buang semua sisik serta kotoran di bagian perut dan insangnya. Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian, jika ukurannya cukup besar.
  2. Setelah itu, masukkan semua bandeng ke dalam wadah baskom, dan beri perasan jeruk nipis dan garam. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas bandeng dengan air mengalir. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan semua bandeng satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan jangan lupa dibolak-balik agar matanganya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng bandeng tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan kecap manis dan air, lalu aduk merata dan masak di api kompor kecil saja hingga mendidih.
  6. Setelah itu, masukkan semua bandeng goreng ke dalam wajan dan aduk merata dengan semua bumbunya. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  7. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan bandeng bumbu Bali yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Bakso Goreng Ayam Udang, Ini Resepnya Enaknya

Cukup mudah bukan memasak resep bandeng bumbu Bali? Silahkan Anda praktikkan sendiri sesuai langkah-langkah memasaknya seperti diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan