Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Keripik Jengkol, Cemilan Renyah Enak yang Layak Dijual

Resep Keripik Jengkol, Cemilan Renyah Enak yang Layak Dijual

keripik jengkol (1)

Resep keripik jengkol

Resep keripik jengkol bisa Anda jadikan inspirasi membuat snack atau makanan kecil yang renyah sekaligus lezat. Bahkan, rasanya krispinya bisa seperti keripik kentang.

Asalkan pemilihan bahannya tepat dan cara membuatnya benar-benar direkomendasikan. Jika tidak, hasil keripiknya akan berasa keras dan rasa jengkol yang dominan.

Pilihlah jengkol yang sudah tua karena rasanya lebih gurih dan teksturnya padat. Keripik jengkol yang sudah jadi dan rasanya mantul juga dapat dijual di pasaran untuk mendapatkan keuntungan.

Siapa tahu Anda berminat berbisnis kuliner dengan berjualan keripik jengkol. Namun sebelumnya, silahkan membaca dulu resep keripik jengkol selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram jengkol tua
  2. 250 gram kentang
  3. 100 gram teri jengki
  4. Air matang secukupnya
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai merah besar
  2. 7 buah cabai rawit merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat keripik jengkol

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep keripik jengkol dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua jengkol dan kentang di bawah air mengalir. Setelah itu, kupas semua kulitnya dan iris tipis-tipis. Sisihkan. Bersihkan juga semua teri jengki di bawah air mengalir. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng irisan jengkol, kentang, dan teri jengki. Jangan menggorengnya secara bersamaan, tetapi satu per satu agar aromanya tidak tercampur.
  3. Jangan lupa dibolak-balik agar ketiga bahan tersebut matangnya sempurna. Setelah matang dan warna keripik kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sisihkan dengan masing-masing di wadah berbeda.
  4. Panaskan wajan penggorengan lagi dan Anda bisa menggunakan minyak sisa menggoreng ketiga bahan sebelumnya. Namun, silahkan dikurangi jumlah minyaknya hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis.
  5. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan sedikit air dan tumis terus hingga mendidih.
  6. Setelah itu, masukkan semua keripik jengkol, kentang, dan teri jengki ke dalam wajan. Kecilkan api kompor, lalu aduk merata perlahan. Pastikan semua bahan dan bumbu tercampur merata.
  7. Anda bisa mencicipi sedikit keripiknya untuk memastikan rasanya sudah mantap. Setelah matang, matikan kompor dan angkat semua keripik. Sisihkan dulu.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan keripik jengkol yang sudah matang diatasnya. Anda bisa segera mencicipinya sebagai cemilan untuk mengisi perut. Lebih cocok lagi ditemani dengan segelas teh manis atau secangkir kopi. Jika keripiknya masih tersisa, Anda bisa menyimpannya di dalam toples dan menutupnya rapat agar lebih tahan lama.
Baca Juga :  Daging Steak Rumahan ala Kafe, Mudah kok, Begini caranya

Cukup mudah bukan membuat keripik jengkol? Beberapa langkah resep keripik jengkol diatas silahkan Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info