Lompat ke konten
Home » Resep Sambal Tempe Kemangi, Menu Lauk Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Resep Sambal Tempe Kemangi, Menu Lauk Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

sambal tempe kemangi

Resep sambal tempe kemangi

Resep sambal tempe kemangi terkesan sederhana, tetapi jangan diremehkan. Hal itu dikarenakan menu lauk yang satu ini begitu sedap apalagi disantap dengan nasi putih hangat saat perut sedang lapar.

Bahan utamanya adalah tempe yang bisa Anda beli dan dapatkan di pasar tradisional dengan harga cukup terjangkau.

Sementara untuk sambalnya sendiri bisa dibuat level ekstra pedas atau sedang saja disesuaikan dengan selera Anda sendiri.

Lebih beraroma lagi karena ada tambahan daun kemangi. Lalu, bagaimana resep sambal tempe kemangi selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 papan tempe potong tebal 1 cm
  2. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  3. 1 sendok teh garam
  4. ½ sendok teh kaldu bubuk
  5. 250 ml air matang
  6. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk sambal

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda
  4. 1 buah tomat merah dipotong dua
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. Daun kemangi secukupnya
Baca Juga :  Overnight Oatmeal Strawberry Cheese, Sarapan Enak Kaya Serat

Cara membuat sambal tempe kemangi

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal tempe kemangi dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan ketumbar, garam, kaldu bubuk, dan air matang. Aduk merata sebentar dan masukkan potongan tempe ke dalamnya. Pastikan semua tempe terendam ke dalam bumbu marinasinya. Diamkan sekitar 10 menit agar bumbumnya meresap.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng tempe. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan potongan tempe yang sudah dimarinasi satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan di semua sisinya. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng tempe tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah panas, masukkan semua bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat. Tumis hingga setengah layu, lalu matikan kompor.
  4. Siapkan cobek, lalu tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, lalu uleg kasar. Setelah itu, tambahkan tempe goreng dan daun kemangi. Uleg dan aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  5. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan sambal tempe kemangi yang sudah jadi diatasnya. Anda juga bisa langsung menyajikan sambal tersebet beserta cobeknya sekalian. Jangan lupa melengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Belut Lado Mudo, Olahan Praktis dan Enak

Cukup mudah bukan membuatnya? Maka dari itu, silahkan Anda coba sendiri resep sambal tempe kemangi tersebut di rumah karena dijamin rasanya maknyus meskipun cukup sederhana.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info