Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tuna Suwir, Alternatif Lauk Pendamping yang Lezat dan Mudah Dimasak

Resep Tuna Suwir, Alternatif Lauk Pendamping yang Lezat dan Mudah Dimasak

Tuna Suwir

Resep tuna suwir

Resep Tuna Suwir, Alternatif Lauk Pendamping yang Lezat dan Mudah Dimasak

Resep tuna suwir bisa dijadikan lauk pelengkap bagi Anda sekalian yang membutuhkan protein hewani dalam wujud ikan laut.

Biasanya ikan tuna hanya digoreng biasa untuk dijadikan lauk. Jika seperti itu, rasa daging ikannya yang sebenarnya sedap dan gurih tidak begitu dirasakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ikan tuna dimasak yang berbeda, yaitu disuwir.

Teknik memasak suwir lebih populer untuk daging ayam. Namun sekarang, daging ikan tuna yang cukup tebal dan kenyal juga dapat dimasak suwir yang rasanya dijamin mantul.

Sangat cocok dimakan di setiap waktu bersama nasi putih hangat. Lalu, bagaimana resep tuna suwir selengkapnya yang perlu diketahui? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-Bahan

  1. 1 ekor ikan tuna segar ukuran sedang
  2. 500 ml air
  3. 10 lembar daun jeruk disobek-sobek
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 2 lembar daun pandan diikat simpul
  6. 1 ikat kemangi diambil daunnya
  7. ¾ sendok teh garam
  8. ¼ sendok teh gula pasir
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan tuna dan menumis bumbu
Baca Juga :  Yuk, Masak Udang Saus Padang yang Maknyus

Bumbu Diuleg Kasar

  1. 10 butir bawang merah
  2. 8 buah cabai rawit merah
  3. 8 buah cabai merah keriting
  4. 4 butir kemiri disangrai
  5. 1 buah tomat merah
  6. 1 sendok teh terasi dibakar

Cara Memasak Resep Tuna Suwir

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tuna suwir dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan tuna yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, potong bagian kepala dan ekornya. Bersihkan juga sisik di tubuhnya dan kotoran di bagian perutnya.
  2. Jika ukuran ikan tuna cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ikan tuna. Pastikan minyak sudah panas, barulah ikan dimasukkan ke dalamnya agar tidak lengket. Goreng ikan tuna hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  3. Setelah itu, suwir-suwir daging ikan tuna goreng yang sudah matang. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi untuk menumis. Anda bisa menggunakan minyak goreng sisa menggoreng ikan tuna tadi, tetapi dikurangi hingga tinggal sedikit. Setelah minyak panas, tumis bumbu uleg hingga harum.
  4. Tambahkan batang serai, daun jeruk, dan daun pandan. Tumis hingga semua bahan layu.
  5. Setelah itu, tuangkan air dan kecilkan api kompor. Masak hingga mendidih, lalu masukkan suwiran daging ikan tuna. Aduk merata.
  6. Bumbui dengan garam dan gula pasir, lalu aduk kembali. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  7. Sebelum api kompor dimatikan, masukkan daun kemangi dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan tuna suwir yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Macaroni And Cheese yang Mudah dan Murah

Ternyata, memasak resep tuna suwir cukup mudah dan dijamin rasanya mantul. Oleh karenanya, silahkan Anda coba memasaknya di rumah untuk menu lauk makan keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan