Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Resep Cumi Isi Daging Ayam yang Rasanya Unik dan Lezat

Yuk, Memasak Resep Cumi Isi Daging Ayam yang Rasanya Unik dan Lezat

Cumi Isi Daging Ayam (1)

Resep cumi isi daging ayam

Yuk, Memasak Resep Cumi Isi Daging Ayam yang Rasanya Unik dan Lezat

Resep cumi isi daging ayam dapat Anda praktikkan untuk dibuat di rumah. Dimana cumi dengan ukuran sedang dibersihkan bagian tubuhnya hingga bersih.

Setelah itu, tubuh cumi diisi dengan tumisan daging ayam yang dimasak dengan beragam bumbu. Jadi, kuliner yang satu ini mengkombinasikan cumi yang identik dengan seafood atau makanan laut dengan olahan daging ayam di dalamnya.

Biasanya, cumi dimasak dengan isian tahu dan telur yang sudah biasa dijual di warung atau rumah makan.

Namun sekarang, isiannya diganti dengan daging ayam giling. Anda yang belum pernah mencicipinya memang harus mencobanya.

Tidak perlu membelinya karena jarang yang menjualnya. Lebih baik Anda membuatnya sendiri di rumah, tetapi harus membaca dulu resep cumi isi daging ayam selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 ekor cumi segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 25 gram daging ayam giling
  4. ½ sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok makan tepung maizena
  7. ½ butir bawang bombay dicincang
  8. 1 sendok makan margarin
  9. 1 gelas air matang
  10. 1 sendok makan saus tomat
  11. Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Resep Onion Ring Keju, Cemilan Lezat yang Menggugah Selera

Cara membuat cumi isi daging ayam

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep cumi isi daging ayam dengan langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua cumi yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Potong sedikit bagian bawah cumi. Lalu, keluarkan isi tubuhnya, tinta, dan plastik di dalamnya. Untuk daging tubuhnya jangan dibuang karena masih digunakan.
  2. Setelah itu masukkan semua cumi ke dalam wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan biarkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 10 menit, bilas dengan air hingga bersih. Sisihkan.
  3. Langkah berikutnya membuat adonan untuk isian cuminya. Caranya, siapkan wadah baskom lain, lalu masukkan ke dalamnya daging ayam giling, daging tubuh cumi, bawang bombay, tepung maizena, garam, dan merica bubuk. Setelah itu, aduk merata dengan tangan yang sudah memakai kaos tangan plastik.
  4. Ambil seekor cumi, lalu masukkan adonan isian ke dalam tubuhnya. Padatkan dan rekatkan bagian bawah cumi dengan tusuk gigi. Lakukan langkah tersebut untuk cumi lainnya hingga adonan isian habis. Sisihkan.
  5. Siapkan wajan penggorengan dan nyalakan api kompor kecil. Beri margarin yang sudah disiapkan dan tunggu hingga meleleh. Setelah itu, tumis cumi yang sudah diisi adonan daging ayam.
  6. Tuangkan air dan saus tomat. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Jangan lupa cumi dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah air menyusut, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan cumi isi daging ayam yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Bumbu Petis yang Begitu Sedap dan Mantap untuk Disantap

Anda sekalian yang penasaran dengan rasa dari resep cumi isi daging ayam, silahkan coba memasaknya sendiri. Rasanya unik dan dijamin lezat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan