Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Chicken Buttermilk, Ide Masakan untuk Bekal atau Jualan Nasi Box

Resep Chicken Buttermilk, Ide Masakan untuk Bekal atau Jualan Nasi Box

chicken buttermilk (1)

Resep chicken buttermilk

Seperti namanya, resep chicken buttermilk mengkombinasikan bahan utamanya, yaitu daging ayam dengan beragam bumbu yang diambah susu cair dan mentega.

Masakannya termasuk kekinian, sehingga bisa dijadikan ide menarik untuk menjualnya. Misalnya, Anda bisa menjual rice box atau nasi kotak dengan menu chicken buttermilk di dalamnya.

Atau mungkin, menu kuliner yang satu ini dapat dijadikan bekal sekolah atau bekerja. Selain rasanya lezat, juga disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia pada umumnya.

Oleh karenanya, silahkan mencoba memasaknya dulu di rumah yang siapa tahu rasanya cocok. Namun sebelum memulainya, alangkah baiknya membaca dulu resep chicken buttermilk selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 100 gram daging ayam tanpa tulang
  2. 1 butir telur ayam dipisangkan kuning dan putihannya
  3. 1 butir telur ayam lagi untuk digoreng ceplok
  4. 180 ml susu cair vanila
  5. 3 siung bawang putih dicincang halus
  6. ¼ sendok teh garam
  7. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  8. 3 buah cabai merah kering dipotong kecil
  9. 2 buah cabai rawit merah dipotong kecil
  10. 5 lembar daun jeruk
  11. ½ sendok teh merica bubuk
  12. 5 sendok makan tepung bumbu serbaguna
  13. 3 sendok makan mentega
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep Cheese Stick: Keju Lumer yang Lezat dan Menggugah Selera

Cara memasak chicken buttermilk

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep chicken buttermilk dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian. Sisihkan dulu.
  2. Ambil wadah baskom lalu masukkan potongan daging ayam ke dalamnya. Lalu, tambahkan bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk sebentar hingga merata, lalu tambahkan putih telur. Diamkan sekitar 15 menit di dalam kulkas agar bumbunya meresap.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah baskom lainnya, lalu campurkan kuning telur dan susu cair. Aduk merata. Sisishkan dulu.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Sebelum digoreng, guling-gulingkan daging ayam yang sudah dimarinasi ke dalam tepung serbaguna. Pastikan minyak panas, lalu masukkan daging ayam ke dalamnya.
  5. Goreng hingga berwarna coklat keemasan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  6. Panaskan wajan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan mentega yang sudah disiapkan. Pastikan sudah meleleh, barulah tumis bawang putih hingga harum.
  7. Tambahkan daun jeruk dan beri sedikit air. Aduk merata. Setelah itu, tuangkan adonan susu ke dalam wajan dan aduk merata lagi.
  8. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan semua cabai dan bumbui dengan garam dan merica bubuk secukupnya. Aduk merata perlahan.
  9. Setelah itu, masukkan ayam goreng ke dalam wajan dan aduk dengan bumbu buttermilknya hingga mendidik. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum. Jika sudah, segera matikan kompor dan masakan yang sudah matang bisa disajikan.
  10. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan chicken buttermilk yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat bersama telur ceploknya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Dijamin Bikin Nagih, Inilah Resep Soto Daging Madura

Anda sekalian sudah mengetahui cara memasak resep chicken buttermilk selengkapnya. Selanjutnya, silahkan mempraktikkannya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan