Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bakso Goreng Ayam Udang dengan Saus Asam Manis yang Dijamin Menggugah Selera

Resep Bakso Goreng Ayam Udang dengan Saus Asam Manis yang Dijamin Menggugah Selera

bakso goreng ayam udang (1)

Resep bakso goreng ayam udang

Resep bakso goreng ayam udang dengan tambahan saus asam manis memang sangat menggugah selera.

Tiap orang dari anak-anak hingga orang tua menyukainya karena rasa gurih dan mantap baksonya. Dipadukan dengan saus asam manis sebagai cocolan akan lebih lengkap rasanya. Oleh karenanya, resep yang satu ini direkomendasikan untuk dicoba di rumah.

Sambil mengisi liburan akhir tahun di rumah saja, sangat menyenangkan jika melakukan hal-hal positif sekaligus hobi Anda.

Silahkan memasak kuliner yang sebenarnya banyak dijual di luar sana karena kepopulerannya. Namun demikian, tidak ada salahnya memasak bakso goreng sendiri. Lagipula semua bahan dan bumbunya mudah serta murah didapatkan.

Selain itu, cara membuatnya juga tidak begitu sulit asalkan ada panduan langkah-langkah membuatnya. Seperti halnya resep bakso goreng ayam udang berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging ayam giling
  2. 150 gram udang giling
  3. 5 siung bawang putih dicincang halus
  4. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  5. 2 sendok makan minyak wijen
  6. 45 ml minyak goreng
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. 2 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. 1 sendok teh baking soda
  11. 1 sendok teh baking powder
  12. 100 ml air
  13. 250 gram tepung tapioka
  14. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng bakso
Baca Juga :  Resep Papeda, Jajanan Sekolahan yang Sehat

Bahan untuk saus asam manis

  1. 4 siung bawang putih
  2. 5 buah cabai rawit merah
  3. 3 buah cabai merah besar
  4. 100 ml air
  5. 3 sendok makan saus tomat
  6. ½ sendok teh garam
  7. 1 sendok teh garam
  8. ½ sendok teh cuka

Cara mambuat bakso goreng dengan saus asam manis

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep bakso goreng ayam udang dengan saus asam manis. Adapun beberapa langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan blender, lalu masukkan gilingan ayam, udang, dan bawang putih. Blender hingga semua bahan tercampur merata.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan ke dalamnya adonan ayamnya tadi. Tambahkan daun bawang, minyak wijen, merica bubuk, garam, gula pasir, baking soda, baking powder, dan minyak goreng yang sudah disiapkan.
  3. Setelah itu, aduk merata menggunakan tangan hingga tercampur rata. Tambahkan air dan aduk kembali dengan tangan hingga adonannya kalis.
  4. Selanjutnya, tambahkan tepung tapioka ke dalam wadah secara perlahan saja dan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu, bentuk adonan bakso bulat-bulat ukuran kecil dan sedang sesuai selera Anda. Sisihkan dulu.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng bakso. Pastikan minyak sudah pans, barulah masukkan satu per satu bulatan bakso ke dalam wajan. Goreng hingga permukaannya berwarna kecoklatan dan matang. Setelahnya, angkat dan tiriskan.
  6. Langkah berikutnya membuat saus asam manis. Caranya, siapkan blender lagi yang sudah dicuci. Lalu, masukkan bawang putih, semua cabai, dan air ke dalamnya. Blender hingga halus.
  7. Panaskan wajan penggorengan di api kompor kecil saja, lalu tuangkan bumbu yang dihaluskan. Tambahkan saus tomat, garam, gula pasir, dan cuka. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Matikan kompor dan saus asam manis siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan bakso goreng yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga mangkuk untuk wadah saus asam manis.
Baca Juga :  Enak dan Jadi Menu Istimewa, Resep Rica-Rica Bandeng Pedas Harus Dicoba

Akhirnya, resep bakso goreng ayam udang dengan saus asam manis sudah selesai dan siap disantap. Jangan lupa ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan