Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Kipas dengan Cocolan Saus Mayones yang Disukai Banyak Orang

Resep Udang Kipas dengan Cocolan Saus Mayones yang Disukai Banyak Orang

Resep udang kipas

Resep udang kipas

Resep udang kipas cukup mudah dibuat dan dimasak untuk dijadikan lauk yang lezat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya karena rasanya yang renyah, gurih, dan segar.

Dimana udang yang sudah dikupas dan dibersihkan, lalu dimarinasi agar menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, udangnya digoreng tepung dengan membentuk kipas. Oleh karenanya, kuliner tersebut disebut udang kipas.

Untuk bisa membentuk seperti kipas, tentu saja dibuat adonan tepung yang nantinya saat digoreng benar-benar cruncy.

Selain itu, teknik menggorengnya juga harus benar agar bagian dalam dan luarnya matang. Lalu, bagaimana resep udang kipas yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan A

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1½ sendok teh minyak wijen
  3. ¾ sendok teh lada
  4. ¾ sendok teh garam
  5. Air secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bahan B

  1. 7 sendok makan tepung terigu
  2. 7 sendok makan tepung maizena atau tepung sagu
  3. 1½ sendok makan custard powder
  4. 1½ sendok teh baking powder
Baca Juga :  Resep Mudah Membuat Potato Wedges Yang Enak

Bahan C

  1. 1 mangkuk kecil mayones
  2. 1 sendok makan susu kental manis vanila
  3. 1 sendok teh air perasan lemon
  4. 1 sendok teh madu
  5. 1 sendok teh mustard

Cara membuat udang kipas

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep udang kipas dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua cangkang, kepala, dan kotoran di perutnya.
  2. Siapkan wadah baskom dan masukkan semua udang ke dalamnya. Setelah itu, tambahkan minyak wijen, lada, garam, dan air. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 20 menit.
  3. Sementara menunggu udang dimarinasi, Anda bisa menyiapkan adonan tepungnya. Caranya, siapkan wadah baskom lainnya, lalu masukkan semua bahan B yang sudah disiapkan. Aduk merata.
  4. Selanjutnya, ambil satu per satu udang yang sudah dimarinasi, lalu masukkan ke dalam adonan tepung serta dibolak-balik. Perlu diingat, jangan langsung dimasukkan semua udangnya, tetapi satu per satu agar seluruh permukaan tubuhnya diselimuti adonan tepung.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng udang. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu udang tepung ke dalam wajan.
  6. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan seluruh permukaannya. Oleh karenanya, jangan lupa dibolak-balik udangnya. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Jangan lupa membuat saus mayonesnya. Caranya, siapkan wadah mangkuk, lalu tuangkan semua bahan C yang sudah disiapkan satu per satu. Setelah itu, aduk merata dengan sendok atau garpu. Anda bisa mencicipi sedikit adonan mayonesnya untuk mengkoreksi rasanya.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua udang kipas yang sudah matang diatasnya.. Lengkapi dengan saus mayones yang sudah dibuat. Anda bisa menyantap udangnya sambil dicocol ke dalam sausnya.
Baca Juga :  15 Resep Jajanan, Enak, Bisa Mama Bikin buat Suguhan

Ternyata cukup mudah membuat udang kipas. Silahkan Anda praktikkan resep udang kipas diatas di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan