Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » 4 Makanan Khas Surabaya Berbahan Dasar Daging yang Rasanya Mampu Mendendangkan Lidah

4 Makanan Khas Surabaya Berbahan Dasar Daging yang Rasanya Mampu Mendendangkan Lidah

Makanan Khas Surabaya Berbahan Dasar Daging

Makanan Khas Surabaya Berbahan Dasar Daging

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat digemari. Terutama oleh orang-orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Hal itu dikarenakan ada kandungan L-carnitine dan asam linoleat.

Selain protein, daging tersebut juga kaya akan kandungan mineral. Di antaranya, zinc, selenium, magnesium dan iron. Mengonsumsi daging sapi pun dapat meningkatkan imun tubuh karena ia mengandung karnosin. Jadi, kamu bakal terhindar dari berbagai penyakit.

Kandungan zat besinya juga membantu memproduksi hemoglobin yang akan menghindarkanmu dari anemia. Tak hanya itu, daging sapi adalah sumber vitamin, mulai dari vitamin B6, vitamin B12, riboflavin dan niacin.

Berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan memakan daging sapi sesuai porsi yang dianjurkan adalah stamina tubuh meningkat, tulang lebih kuat, kulit lebih sehat dan mempercepat penyembuhan luka.

Daging sapi sendiri dapat diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya makanan khas Surabaya di bawah ini. Namun, ada teknik-teknik yang mesti kamu terapkan agar teksturnya empuk dan matang sempurna.

Pertama, yaitu potong berlawanan dengan serat daging. Hal tersebut bertujuan untuk membuat seratnya lebih pendek, sehingga daging tidak akan alot ketika dimasak.

Kedua, pakai teknik dua kali masak dengan merebus daging selama 5 menit dalam panci tertutup. Selanjutnya, matikan kompor dan diamkan selama 30 menit. Kalau sudah, kompor bisa dinyalakan kembali dan daging dimasak lagi selama 7 menit.

Baca Juga :  Menu Nastar 1 kg untuk Menyambut Hari Raya Lebaran yang Lebih Meriah

Tanpa berlama-lama, lebih baik cuss ke makanan khas Surabaya yang bisa kamu olah di rumah, yuk!

Rawon Daging

Siapa yang tidak tahu dengan hidangan satu ini? Kuliner yang paling dicari kalau berkunjung ke Kota Pahlawan. Makanan favorit para bangsawan tersebut memang punya cita rasa yang khas dan sulit dilupakan.

Rasanya terkesan mewah, gurih dan nikmat. Kunci utama kenapa rawon memiliki rasa yang demikian adalah adanya kluwek. Kluwek sendiri merupakan bumbu dapur yang bentuknya mirip dengan batu, berkulit keras, berwarna abu-abu dan isinya hitam kecoklatan.

Bahan tersebut nantinya dihaluskan bersama perbawangan, lengkuas, kencur, kunyit, jahe, kemiri, jinten dan ketumbar. Lalu ditumis dengan aneka rempah lainnya, seperti serai, daun salam dan daun jeruk. Meriah, bukan? Itulah yang membuat rasa rawon amat medhok.

Setelah matang, rawon bisa disajikan bersama nasi putih dan printilan lainnya, seperti kerupuk udang serta telur asin. Jangan lupa tambahkan sambal agar semakin nikmat.

Krengsengan Daging

Makanan khas Surabaya berbahan utama daging sapi yang kedua adalah krengsengan. Sajian ini juga dikenal dengan Bali daging dan biasanya dijual di warung-warung dekat sekolahan. Apa yang membuat krengsengan daging banyak disukai?

Baca Juga :  10 Menu Masakan Musim Hujan

Cita rasanya sangat lezat. Hal itu berkat kerja sama antara petis, asam jawa, kecap dan aneka rempah. Dijamin mampu menggoyang lidah.

Krengsengan sendiri umumnya dihidangkan bersama nasi putih dan mie goreng. Kemudian, dibungkus jadi satu dengan daun pisang. Betapa nikmat yang tidak bisa didustakan. Pokoknya, semua makanan yang dibungkus daun pisang tidak pernah gagal, deh!

Sate Klopo

Pecinta sajian gurih? Kamu wajib mencicipi makanan khas Surabaya yang satu ini. Kalau biasanya sate dihidangkan bersama sambal kacang atau kecap dengan taburan bawang merah, sate klopo ini sedikit berbeda.

Jadi, potongan daging sapi dimarinasi dengan kelapa parut berbumbu. Jadi, ketika dibakar akan mengeluarkan aroma khas yang gurih juga sedap. Tidak cukup sampai di situ saja. Setelah dibakar, sate tersebut akan diguyur dengan sambal kacang dan kecap manis.

Membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan, bukan? Bagaimana kalau mencicipinya secara langsung, pasti kamu auto tambah nasi.

Sate Karak

Makanan khas Surabaya yang terakhir sebenarnya bukan berbahan dasar daging sapi, melainkan jeroannya. Tepatnya, bagian usus sapi. Hidangan ini amat lezat, walau keberadaannya kini sudah mulai langka.

Baca Juga :  5 Resep Kue Kering Lebaran yang Mudah dan Enak untuk Dipraktekkan di Rumah

Dimasak menggunakan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit dan lain-lain. Lalu, dibakar dengan bumbu campuran kecap asin. Bikin lidah tergoda, deh, pokoknya.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang disantap bersama nasi atau lontong, sate karak disandingkan dengan ketan hitam dan kelapa parut serta diberi bumbu kacang. Unik, kan?

Itulah makanan khas Surabaya berbahan utama daging sapi yang recommended. Kamu bisa mencobanya ketika wisata kuliner ke Kota Pahlawan. Atau, memasaknya di rumah dengan resep-resep yang tersedia di internet.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info