Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Aneka Makanan Lempeng Khas Daerah

Resep Aneka Makanan Lempeng Khas Daerah

Resep Aneka Makanan Lempeng Khas Daerah

Resep Makanan Lempeng

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan lempeng menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Lempeng sendiri memiliki banyak variasi, seperti lempeng pisang, lempeng tepung terigu, lempeng singkong, dan masih banyak lagi. Makanan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan yang cocok untuk disantap kapan saja. Bahkan, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki resep lempeng khas masing-masing yang tentunya memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Tidak heran jika makanan lempeng juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah. Namun, tahukah Anda bahwa membuat makanan lempeng yang enak dan lembut tidaklah sulit? Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai resep makanan lempeng yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Lempeng Pisang

Lempeng pisang merupakan salah satu jenis makanan lempeng yang paling populer di Indonesia. Makanan yang satu ini biasanya terbuat dari tepung terigu, pisang, dan santan. Namun, ada juga beberapa resep lempeng pisang yang menggunakan tepung beras atau tepung ketan sebagai pengganti tepung terigu. 

Cara membuat lempeng pisang pun sangatlah mudah. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam ke dalam satu wadah. Selanjutnya, masukkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung tersebut. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak menggumpal. Tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kental. Panaskan wajan datar dan beri sedikit minyak. Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga lempeng matang dengan warna yang kecokelatan. Lempeng pisang siap disantap dengan tambahan selai atau krim keju di atasnya.

Baca Juga :  10 Resep Sambal Enak khas Nusantara

2. Lempeng Tepung Terigu

Lempeng tepung terigu merupakan salah satu variasi lempeng yang paling sederhana. Makanan yang satu ini hanya terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur, dan air. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa lempeng tepung terigu tidak kalah enak dengan variasi lempeng lainnya. 

Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan gula pasir ke dalam satu wadah. Selanjutnya, pecahkan telur dan masukkan ke dalam campuran tepung tersebut. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga tercampur rata. Panaskan wajan datar dan beri sedikit minyak. Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga lempeng matang dengan warna yang kecokelatan. Lempeng tepung terigu siap disajikan dengan tambahan gula pasir di atasnya.

3. Lempeng Singkong

Lempeng singkong menjadi salah satu pilihan lempeng yang sering dijadikan sebagai camilan oleh masyarakat. Makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, gula pasir, dan santan. 

Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Pertama-tama, campurkan singkong yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula pasir, dan santan ke dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal. Panaskan wajan datar dan beri sedikit minyak. Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga lempeng matang dengan warna yang kecokelatan. Lempeng singkong siap disajikan dengan tambahan gula pasir di atasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Penghasilanmu dengan Berjualan Jajanan Buka Puasa yang Menggiurkan

4. Lempeng Khas Daerah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki resep lempeng khas masing-masing. Salah satu contohnya adalah lempeng jawa yang biasanya terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan rempah-rempah seperti bubuk kayu manis dan vanili. Lempeng ini sering dimakan dengan tambahan gula merah yang sudah dicairkan sebagai toppingnya. Selain itu, ada juga lempeng emping yang berasal dari Sumatera Utara yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Lempeng yang satu ini biasanya memiliki rasa yang manis dan krenyes-krenyes karena diberi tambahan biji kemiri yang sudah dihaluskan di dalam adonannya.

Kesimpulan

Makanan lempeng memang menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak dan cocok untuk disantap kapan saja, makanan lempeng juga sangat mudah untuk dibuat di rumah. Dengan menggunakan resep yang tepat, Anda pun bisa membuat lempeng yang lembut dan enak seperti yang dijual di warung-warung. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan membuat lempeng khas daerah yang tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda bagi lidah Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera coba resep makanan lempeng yang sudah dijelaskan di atas dan nikmati lempeng yang enak dan lezat di rumah Anda.

FAQ

Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat lempeng pisang?

  1. Tepung terigu
  2. Gula pasir
  3. Baking powder
  4. Garam
  5. Pisang
  6. Santan
  7. Minyak

Bisakah lempeng pisang dibuat tanpa menggunakan santan? Ya, lempeng pisang juga bisa dibuat tanpa menggunakan santan. Anda bisa menggantinya dengan susu atau air biasa.

Baca Juga :  Mengapa Jajanan Buka Puasa Menjadi Pilihan Utama Pelanggan di Bulan Ramadan?

Apakah ada variasi lempeng yang tidak menggunakan tepung terigu? Ya, ada beberapa variasi lempeng yang tidak menggunakan tepung terigu seperti lempeng tepung beras dan lempeng singkong.

Bolehkah menambahkan toping pada lempeng? Tentu saja boleh. Anda bisa menambahkan toping seperti selai, krim keju, atau bahkan gula pasir sebagai tambahan rasa pada lempeng.

Bisakah lempeng disimpan untuk dikonsumsi di lain waktu? Lempeng dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan untuk memanaskan kembali sebelum disajikan agar rasa lempeng tetap enak dan lembut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info