Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Resep Tumis Ayam Paprika yang Mudah di Akhir Pekan

Yuk, Memasak Resep Tumis Ayam Paprika yang Mudah di Akhir Pekan

Resep Tumis Ayam Paprika

Resep tumis ayam paprika

Resep tumis ayam paprika salah satu yang sederhana dan mudah dimasak, sehingga sangat cocok dipraktikkan di rumah.

Anda yang suka kegiatan memasak dan sedang libur akhir pekan bisa coba memasaknya. Lagipula semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan, bahkan kemungkinan sebagian sudah tersedia di dapur Anda.

Bahan utamanya adalah daging ayam dan paprika merah serta hijau yang bisa Anda beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan harga masih terjangkau.

Sementara untuk cara memasaknya, Anda yang belum mengetahuinya memang perlu membaca referensinya terlebih dulu. Berikut resep tumis ayam paprika selengkapnya dan direkomendasikan yang harus Anda baca sebelum coba memasaknya.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar bagian dada atau paha
  2. 1 buah paprika merah dipotong-potong
  3. 1 buah paprika hijau dipotong-potong
  4. ½ butir bawang bombay dipotong dadu kecil
  5. 3 siung bawang putih dicincang halus
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu marinasi ayam

  1. 1 sendok teh bawang putih bubuk
  2. ½ sendok teh kaldu jamur
  3. ½ sendok teh merica bubuk
  4. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Resep Semur Telur Puyuh yang Sederhana dan Disukai Seluruh Keluarga

Bahan untuk saus

  1. 2 sendok makan saus tiram
  2. 2 sendok makan saus teriyaki
  3. 2 sendok makan kecap asin
  4. 2 sendok makan saus tomat
  5. 2 sendok makan kecap manis
  6. 2 sendok teh gula pasir
  7. 100 ml air matang

Cara memasak tumis ayam paprika

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tumis ayam paprika dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu buang semua tulangnya. Setelah itu, potong-potong ukuran sedang.
  2. Masukkan semua potongan ayam ke dalam baskom, lalu tambahkan satu per satu semua bahan marinasi. Campur dan aduk merata dengan tangan sambil dipijit-pijit daging ayamnya. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit agar bumbunya meresap.
  3. Selanjutnya, siapkan mangkuk lalu masukkan satu per satu semua bahan saus ke dalamnya. Aduk merata dan sisihkan dulu.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum.
  5. Masukkan semua daging ayam yang sudah dimarinasi ke dalam wajan dan aduk merata. Masak hingga ayam berwarna kecoklatan. Setelah itu, tuangkan sausnya yang sudah disipakan ke dalam wajan. Aduk merata lagi.
  6. Setelah itu, masukkan semua paprika dan bawang bombay. Aduk merata. Lalu, tuangkan air dan kecilkan api kompor. Aduk merata lagi. Masak hingga ayam benar-benar matang.
  7. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor dan masakan yang sudah matang siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan tumis ayam paprika yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Saat ingin menyantapnya, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Resep Empal Gentong untuk Santapan Spesial Hari Ini

Langkah-langkah resep tumis ayam paprika diatas cukup mudah untuk dicoba sendiri. Anda bisa memasaknya untuk menu lauk makan siang keluarga dan orang terdekat yang dijamin rasanya mantul.

Lihat video Resep Tumis Ayam Paprika

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan