Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Soto Blora Berkuah Bening dengan Tambahan Kremesan Singkong

Resep Soto Blora Berkuah Bening dengan Tambahan Kremesan Singkong

Soto Blora Berkuah 1 (1)

Resep soto Blora

Resep soto Blora juga direkomendasikan untuk Anda sekalian terutama yang suka menyantap kuliner berkuah segar dengan beragam bumbu dan rempah khas Nusantara.

Salah satunya soto khas daerah Blora, Jawa Tengah. Sebenarnya sotonya tidak berbeda jauh dengan masakan soto khas Jawa Tengah yang kuahnya bening karena tidak memakai santan.

Perbedaannya mungkin pada isian soto yang lebih lengkap dan ramai. Mulai dari suwiran ayam kampung, touge, soun, daun bawang.

Namun yang lebih spesial, yaitu soto Blora ada tambahan kremes sebagai topingnya yang terbuat dari singkong. Dijamin rasa sotonya membuat lidah Anda bergoyang.

Lalu, bagaimana resep soto Blora yang direkomendasikan untuk dibuat di rumah? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam kampung segar bagian dada atau paha
  2. 2 liter air
  3. 1 butir pala
  4. 2 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya saja
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 batang daun seledri
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri disangrai
  4. 2 cm jahe
  5. 2 cm kunyit
  6. 2 sendok teh garam
Baca Juga :  Sehat dan Lezat, Resep Mun Tahu Udang Bisa Jadi Variasi Lauk

Bahan pelengkap

  1. 50 gram soun direndam air panas hingga lunak, lalu ditiriskan
  2. 100 gram touge diseduh air panas, lalu ditiriskan
  3. Singkong secukupnya digoreng garing kecoklatan, lalu dicacah kasar
  4. 5 helai daun bawang dipotong kecil
  5. Bawang merah goreng secukupnya
  6. Sambal cabai rawit secukupnya
  7. 1 buah jeruk nipis dipotong
  8. Kecap manis secukupnya

Cara memasak soto Blora

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep soto Blora dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus ayam dengan 2 liter air bersama biji pala, daun salam, batang serai, dan seledri. Rebus hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu. Pastikan juga tekstur daging ayam sudah empuk.
  2. Setelah matang, matikan kompor dan ambil daging ayam. Sisihkan dulu. Sementara untuk air kaldunya, disaring karena masih digunakan untuk memasak. Daging ayam disuwir-suwir kecil atau sesuai selera Anda.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum, lalu matikan kompor.
  4. Masukkan semua tumisan bumbu halus ke dalam air kaldu ayam sisa merebus daging ayam tadi. Setelah itu, panaskan lagi kaldunya diatas api kompor kecil saja sambil diaduk perlahan. Jika sudah mendidih, segera matikan kompor.
  5. Waktunya plating. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Lalu, beri soun, touge, suwiran ayam, dan kremesan singkong secukupnya. Setelah itu, siram dengan kuah kaldu. Tambahkan potongan daun bawang dan bawang merah goreng secukupnya.
  6. Lengkapi juga dengan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal cabai rawit sesuai selera. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Bakso Ayam Yummy, Begini aja cara membuatnya

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui secara detail resep soto Blora. Mulai dari bahan dan bumbu yang digunakan hingga langkah-langkah memasaknya. Selanjutnya, silahkan dipraktikkan di rumah dan semoga berhasil. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Soto Blora Berkuah

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan