Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Perkedel Singkong, Lauk Pendamping Lezat Pengganti Bahan Kentang

Resep Perkedel Singkong, Lauk Pendamping Lezat Pengganti Bahan Kentang

Perkedel Singkong1 (1)

Resep perkedel singkong

Resep perkedel singkong tentu saja tidak banyak orang belum mengetahuinya. Selain itu, resepnya unik dan menarik karena perkedel memakai bahan singkong. Sudah umum dimana-mana perkedel dibuat dengan bahan kentang. Sementara itu, singkong yang identik dengan bahan makanan murah meriah biasanya diolah menjadi makanan kecil. Misalnya, singkong goreng, keripik singkong, tape singkong, atau yang lainnya.

Sekarang, bahan singkong tersebut akan diolah menjadi perkedel. Anda yang penasaran harus mengetahui resepnya lebih detail. Bahan dan bumbunya mudah ditemukan serta harganya cukup terjangkau. Untuk mengetahui lebih jelas tentang resep perkedel singkong, Anda baca saja dulu uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  • 500 gram singkong
  • 250 ml minyak goreng untuk menggoreng
  • Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 lembar daun jeruk diiris halus
  • ½ sendok teh kunyit bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
Baca Juga :  Resep Kue Odading Khas Bandung

Cara membuat perkedel singkong

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep perkedel singkong dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Kupas dan bersihkan semua singkong yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, parut singkong satu pe satu hingga halus.
  2. Selanjutnya, peras singkong parut menggunakan saringan halus sambil diberi air sedikit demi sedikit secukupnya. Sisihkan.
  3. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan parutan singkong ke dalamnya. Tambahkan semua bumbu halus, lalu aduk merata dengan tangan saja hingga tercampur.
  4. Setelah itu, ambil sekitar 2 sendok makan adonan, lalu bentuk oval menyerupai telur. Namun, Anda juga bisa membuat bentuk adonannya sesuai selera. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  5. Langkah berikutnya, siapkan panci kukusan lalu masukkan semua adonan perkedel yang sudah dibentuk ke dalamnya. Kukus sekitar 20 menit, lalu diamkan beberapa saat hingga uap airnya habis.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng adonan perkedel. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu adonan ke dalam wajan.
  7. Goreng diatas api kompor sedang saja sambil dibolak-balik agar kematangannya merata di semua sisi. Setelah perkedel berwarna kuning kecoklatan, segera angkat dan tiriskan. Diamkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua perkedel singkong yang sudah matang diatasnya. Anda bisa melengkapinya dengan cabai rawit hijau utuhan.
Baca Juga :  Membuat Es Lidah Buaya untuk Menu Berbuka Puasa

resep perkedel singkong diatas menjadi cara alternatif membuat lauk pendamping yang rasanya tetap lezat. Silahkan coba membuatnya di rumah dan semoga rasanya sesuai selera Anda.

Lihat video membuat Perkedel Singkong

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan