Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Kukus Pedas yang Pastinya Empuk dan Sedap untuk Lauk Makan

Resep Ayam Kukus Pedas yang Pastinya Empuk dan Sedap untuk Lauk Makan

Ayam Kukus Pedas (2)

Resep ayam kukus pedas

Rekomendasi terbaik dan tersedap resep ayam kukus pedas untuk Anda sekalian terutama yang menyukai masakan pedas menyengat. Bahan ayam yang biasanya dimasak dengan digoreng, direbus, dan ditumis. Untuk yang satu ini, daging ayam akan dikukus hingga tingkat kematangannya sempurna, sehingga tetap empuk. Sementara untuk menambah sedap ayamnya, tentu saja ada beragam bahan dan bumbum lainnya.

Masakan ayam kukus semacam ini identik dengan chinese food atau makanan Cina. Namun demikian, rasa pedasnya yang nampol pastinya menjadi ciri khas masakan Nusantara. Apalagi ada tambahan bumbu tauco yang berasa gurih asam. Dijamin makan siang atau malam Anda sekalian lebih menggugah selara. Oleh karenanya, silahkan membaca dulu selengkapnya resep ayam kukus pedas berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar tanpa tulang bagian dada atau paha
  2. 2 siung bawang putih dicincang kasar
  3. 3 butir bawang merah dicincang kasar
  4. 3 cm jahe digeprek lalu dicincang kasar
  5. 1 sendok makan tauco
  6. 2 buah cabai merah besar dipotong kecil
  7. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dipotong kecil
  8. 1 sendok makan kecap asin
  9. 2 sendok makan kecap manis
  10. 2 sendok makan minyak wijen
  11. 1 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh gula pasir
  13. ½ sendok teh merica bubuk
  14. 100 ml air matang
Baca Juga :  Resep Ikan Sale Khas Sumatera Utara, Kuliner yang Jadi Favorit Para Raja di Mandailing

Cara memasak ayam kukus pedas

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda segera mempraktikkan cara memasak resep ayam kukus pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran serta bulu-bulu halusnya. Ambil tulangnya.
  2. Jika ukurannya terlalu besar, silahkan memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Setelah itu, rebus ayam sekitar 30 menit hingga mengeluarkan kaldu. Angka dan tiriskan.
  3. Masukkan potongan ayam ke dalam wadah baskom, lalu tambahkan bawang putih, bawang merah, jahe, tauco, semua cabai, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, garam, gula pasir, dan merica bubuk.
  4. Aduk merata memakai tangan sambil menuangkan air sedikit demi sedikit sampai semua bahan serta ayam tercampur. Saat mengaduk juga agak dipijit-pijit dagingnya. Setelah itu, diamkan dulu sekitar 15 menit agar bumbu meresap.
  5. Selanjutnya, siapkan panci kukusan dan kukus ayam beserta semua bumbu sekitar 30 menit. jangan lupa mengecek tingkat kematangan ayamnya. Setelah itu, matikan kompor dan buka penutup pancinya agar uap air keluar.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan ayam kukus pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Resep Daging Sapi Lada Hitam Sederhana

Ternyata memasak resep ayam kukus pedas cukup mudah. Oleh karenanya, silahkan Anda praktikkan segera di rumah agar bisa mencicipi rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info