Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Es Kelapa Muda Asam Jawa, Minuman Dingin Menyegarkan Dahaga

Resep Es Kelapa Muda Asam Jawa, Minuman Dingin Menyegarkan Dahaga

Es Kelapa Muda Asam Jawa (2)

Resep es kelapa muda asam Jawa

Resep es kelapa muda asam Jawa, sangat unik dan menarik, bukan? Anda mungkin baru mengetahuinya sekarang karena jarang ada yang menjualnya di luar sana. Es kelapa muda biasanya diminum secara original atau ditambahkan gula cair sebagai pemanisnya. Selain itu, ada juga yang dicampur susu dan sirup merah agar tampilannya lebih menggugah selera. Lalu, bagaimana jika es kelapa muda dicampur dengan asam Jawa?

Pastinya rasa minumannya lebih asam dan segar saat diminum. Untuk rasa asamnya tersebut, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Ditambah es batu secukupnya menjadi minuman dingin yang benar-benar menyegarkan dahaga. Apalagi diminum saat cuaca di luar sedang panas terik. Anda sekalian yang ingin mempraktikkan cara membuatnya, silahkan membaca dulu resep es kelapa muda asam Jawa selengkapnya berikut.

Baca Juga :  Resep Sambal Asam Udeung Khas Aceh dengan Cita Rasa Pedas, Asam, Segar yang Mampu Membuat Selera Makan Meningkat

Bahan-bahan

  • 1 buah kelapa muda segar
  • 100 gram asam Jawa
  • 400 ml air
  • 300 gram gula Jawa disisir
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es kelapa muda asam Jawa

Setelah beberapa bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep es kelapa muda asam Jawa dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal silahkan kupas dan belah kelapa muda yang sudah disiapkan. Pisahkan air kelapa mudanya ke sebuah wadah bersih. Setelah itu, keruk daging buahnya hingga habis dan masukkan di wadah terpisah.
  2. Anda yang belum bisa melakukan langkah tersebut sebaiknya meminta tolong kepada penjual kelapa mudanya. Dengan begitu, lebih mudah dan praktis.
  3. Langkah berikutnya, rebus air yang sudah disiapkan diatas api kompor kecil saja. Tambahkan asam Jawa dan gula Jawa.
  4. Rebus hingga mendidih sambil diaduk perlahan. Setelah itu, matikan kompor dan tunggu hingga agak mendingin. Angkat dan saring airnya. Sisihkan dulu.
  5. Waktunya plating. Siapkan beberapa gelas untuk plating, lalu isi dengan daging kelapa, air kelapa, dan sirup asam yang sudah jadi. Setelah itu, beri es batu secukupnya. Minuman dinginnya siap diminum.
Baca Juga :  Resep Strawberry Banana Smoothie With Yogurt

Cukup mudah membuatnya dan bisa Anda praktikkan sekarang juga. Resep es kelapa muda asam Jawa tersebut juga bisa dijadikan alternatif minuman dingin untuk mengatasi panas dalam di tubuh. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan