Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Rendang Jamur, Berbahan Jamur Tiram yang Tetap Lezat Disantap

Resep Rendang Jamur, Berbahan Jamur Tiram yang Tetap Lezat Disantap

Rendang Jamur

Resep rendang jamur

Resep rendang jamur tidak kalah enak rasanya dengan rendang berbahan daging sapi atau ayam. Anda sekalian yang belum pernah mencicipinya direkomendasikan untuk mencobanya. Tentu saja coba memasaknya sendiri di rumah, lalu setelah matang barulah dicicipi dan disantap seluruh anggota keluarga. Rasanya dijamin mantul asalkan semua bahan dan bumbunya berkualitas bagus. Khususnya jamur yang dipilih jenis jamur tiram.

Sekedar tips, jangan membeli jamur tiram yang sudah berwarna keabuan, terlalu basah, layu, serta baunya tidak sedap. Belilah yang benar-benar segar agar kualitas jamurnya benar-benar bagus. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan harga masih terjangkau.

Lalu, bagaimana resep rendang jamur selengkapnya yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.

Bahan-bahan

  • 300 gram jamur tiram segar dibersihkan lalu disuwir-suwir
  • 3 butir bawang merah diiris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 3 cm jahe digeprek
  • ½ sendok makan gula Jawa
  • 500 ml santan
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Intip Resep Mudah Membuat Combro Pedas Dan Kering

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah besar
  4. ½ sendok teh ketumbar
  5. ¼ sendok teh jintan
  6. 1 sendok teh garam

Cara memasak rendang jamur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep rendang jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang merah hingga layu dan harum.
  2. Tambahkan semua bumbu halus, lalu tumis lagi sebentar. Setelah itu, masukkan daun salam, lengkuas, dan gula Jawa. Masak hingga semua bahan layu dan tercampur rata.
  3. Tuangkan santan yang sudah disiapkan, lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga santan mendidih dan mengental.
  4. Setelah itu, masukkan semua jamur tiram ke dalam wajan. Aduk merata dan masak hingga santan menyusut dan mengeluarkan minyak.
  5. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sesuai selera, matikan kompor. Sisihkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan rendang jamur yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan luapa menyiapkan nasi putih saat ingin menyantap rendangnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Resep Baby Crab Krispi, Ide Jualan Kuliner yang Enak Sekaligus Menguntungkan

Ternyata, memasak resep rendang jamur cukup mudah dan cepat. Meskipun hanya memakai bahan jamur tiram, tetapi jangan menyepelekan rasanya. Dijamin lezat dan cocok untuk lauk makan siang atau malam. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan