Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Telur Ceplok, Cocok untuk Sarapan Kilat

Resep Telur Ceplok, Cocok untuk Sarapan Kilat

Resep Telur Ceplok

Resep Telur Ceplok

Cara membuat Telur Ceplok

Untuk membuat telur ceplok, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur ceplok antara lain: 

  1. 4 butir telur ayam segar, 
  2. 2 sendok makan mentega, 
  3. dan bahan pengatur rasa seperti 
  4. 2 sendok makan minyak sayur 
  5. dan 5 bawang merah yang diiris halus[1]. 

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai proses memasak.

  1. Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasak telur ceplok. Pertama-tama, panaskan mentega hingga meleleh. 
  2. Kemudian goreng telur satu per satu hingga matang sesuai selera[1]. 
  3. Untuk membuat telur ceplok yang sempurna, pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar agar telur tidak gosong. 
  4. Selain itu, jika ingin telur ceplok yang matang sempurna, tutup wajan selama 20-30 detik setelah telur dimasukkan ke dalam wajan[2]. 
  5. Setelah matang, angkat telur dan tiriskan.

Untuk penyajiannya, telur ceplok bisa disajikan dengan berbagai variasi. Beberapa saran dan variasi penyajian telur ceplok antara lain: 

Telur ceplok dengan saus tomat: 

  1. Tambahkan saus tomat pada telur ceplok yang sudah matang[3]. 
  2. Saus tomat bisa dibuat sendiri atau menggunakan saus tomat siap saji. 

Telur ceplok dengan saus kecap: 

  1. Tambahkan saus kecap pada telur ceplok yang sudah matang[4]. 
  2. Saus kecap bisa dicampur dengan bahan-bahan seperti kecap asin, minyak wijen, dan merica.

Telur ceplok dengan santan: 

  1. Tambahkan santan pada telur ceplok yang sudah matang[5]. 
  2. Santan bisa dicampur dengan bumbu-bumbu seperti serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. 
  3. Variasi penyajian telur ceplok bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing. 
Baca Juga :  Resep Gulai Nangka Iga Sapi, Masakan Spesial untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Selain itu, telur ceplok juga bisa dijadikan lauk pauk yang cocok disajikan bersama nasi putih atau mie goreng.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memahami Bahan Utama** – Untuk membuat hidangan Telur Ceplok yang lezat, penting untuk memahami bahan-bahan utama dan peranannya dalam resep. Misalnya, telur, kecap, dan bawang merah merupakan komponen penting. Telur menjadi bahan dasar hidangan, sedangkan kecap dan bawang merah menambah rasa dan kedalaman rasa secara keseluruhan.

**Menyempurnakan Konsistensi Campuran Telur** – Mencapai konsistensi yang tepat untuk campuran telur sangatlah penting. Kocok telur hingga merata untuk memastikan teksturnya halus dan seragam. Konsistensi ini akan membantu telur matang secara merata dan menghasilkan hidangan akhir yang menarik secara visual.

**Menguasai Teknik Membuat Pola Ceplok** – Pola tradisional Ceplok melibatkan pembuatan desain berenda seperti jaring pada permukaan telur. Teknik ini memerlukan keterampilan dan latihan. Sangat penting untuk menuangkan campuran telur ke dalam wajan dengan gerakan memutar, biarkan campuran tersebut menyebar secara merata untuk menciptakan pola yang khas.

**Menyeimbangkan Rasa** – Menyeimbangkan rasa adalah kunci kesuksesan hidangan Telur Ceplok. Rasa asin umami dari kecap akan melengkapi kekayaan alami telur tanpa membuatnya terlalu menyengat. Sesuaikan jumlah kecap dan bawang merah untuk mencapai keseimbangan sempurna antara rasa gurih dan aromatik.

**Presentasi dan Hiasan** – Perhatikan penyajian masakannya. Setelah Telur Ceplok matang, pindahkan dengan hati-hati ke piring saji, pastikan pola rumitnya tetap terjaga. Hiasi hidangan dengan herba segar, seperti daun ketumbar atau daun bawang, untuk menambahkan semburat warna dan sentuhan kesegaran pada penyajian akhir.

Baca Juga :  Memasak Resep Telur Ceplok Balado Pete untuk Lauk Makan Siang yang Mantul

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Telur Ceplok? A: Untuk membuat Telur Ceplok, Anda membutuhkan telur, garam, merica, dan mentega atau minyak untuk menggoreng.

Q: Bisakah Anda memberikan gambaran singkat tentang proses memasak Telur Ceplok? A: Untuk memasak Telur Ceplok, mulailah dengan memanaskan mentega atau minyak di wajan anti lengket. Pecahkan telur ke dalam wajan, bumbui dengan garam dan merica, masak hingga putih telurnya matang tetapi kuning telurnya masih encer.

Q: Apakah ada variasi atau bahan tambahan yang bisa ditambahkan pada Telur Ceplok? A: Ya, Anda bisa menambahkan berbagai topping atau bahan seperti keju, bumbu dapur, sayur mayur, atau daging untuk menyesuaikan cita rasa Telur Ceplok Anda.

Q: Apa saja rekomendasi cara menyajikan Telur Ceplok? A: Telur Ceplok dapat disajikan dengan roti bakar, nasi, atau sebagai lauk pelengkap hidangan utama. Mereka juga bisa dihias dengan bumbu segar atau disajikan dengan salsa atau saus pedas.

Q: Bagaimana cara memastikan Telur Ceplok matang sempurna? A: Untuk mendapatkan Telur Ceplok yang matang sempurna, sebaiknya gunakan wajan anti lengket, pastikan wajan cukup panas sebelum menambahkan telur, dan masak dengan api sedang hingga putih telurnya matang tetapi kuning telurnya tetap encer.

Referensi : 

1.   3 Resep Telur Ceplok Enak dengan Bumbu yang Praktis ….  (n.d.)   Diperoleh January 1, 2024, dari food.detik.com 

Baca Juga :  Membuat Tahu Telur untuk Diet Sehat

2.   Cara Membuat Telur Ceplok Bulat Sempurna dan Matang.  (n.d.)   Diperoleh January 1, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Telur Ceplok Saus Tomat, Menu Sarapan Praktis.  (n.d.)   Diperoleh January 1, 2024, dari www.idntimes.com 

4.   Resep Telur Ceplok Khas Pontianak oleh Restu (Mommy ….  (n.d.)   Diperoleh January 1, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15123778-telur-ceplok-khas-pontianak 

5.   Resep Telur Ceplok Bumbu Rujak oleh ika oktari.  (n.d.)   Diperoleh January 1, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12625829-telur-ceplok-bumbu-rujak 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan