Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Telur Ceplok Kecap, menu sarapan yang praktis dan lezat

Resep Telur Ceplok Kecap, menu sarapan yang praktis dan lezat

resep telur ceplok kecap (1)

Resep Telur Ceplok Kecap

Recipe By siti
Course: Telur Ceplok Kecap Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. telur

  2. kecap manis

  3. minyak goreng

  4. bawang merah

  5. bawang putih

  6. merica bubuk

  7. garam

  8. daun bawang

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat telur ceplok kecap adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan

  2. Langkah 2

    Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum

  3. Langkah 3

    Setelah itu, pecahkan telur satu per satu ke dalam wajan yang sudah dipanaskan

  4. Langkah 4

    Biarkan telur menggumpal sedikit di bagian bawah sebelum dituangi kecap manis di atasnya

  5. Langkah 5

    Tunggu hingga telur matang sesuai dengan selera Anda

  6. Langkah 5

    Taburi merica bubuk dan garam secukupnya untuk menambah cita rasa telur ceplok kecap

NOTES

    Agar telur ceplok kecap Anda lebih lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, pastikan Anda menggunakan api sedang saat memasak telur untuk menghindari telur hangus. Kedua, Anda juga bisa menambahkan sedikit air ke dalam telur untuk membuat tekstur telur lebih lembut. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi masakan sebelum disajikan agar Anda bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera Anda. Terakhir, sajikan telur ceplok kecap dengan taburan daun bawang yang segar untuk menambah aroma dan tampilan hidangan.

Telur ceplok kecap merupakan salah satu jenis hidangan telur yang mudah dan cepat untuk disiapkan. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari kecap yang digunakan sebagai bumbu utama. Telur ceplok kecap juga bisa dijadikan pilihan menu sarapan atau makan malam yang praktis dan lezat. Berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat telur ceplok kecap yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Kerang Hijau Saus Padang Untuk Keluarga Tercinta

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat telur ceplok kecap, Anda memerlukan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur Anda. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain telur, kecap manis, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, garam, dan daun bawang. Pastikan Anda menggunakan telur yang segar agar hasilnya lebih enak. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti cabe rawit atau saus sambal untuk memberikan rasa pedas pada hidangan.

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah pertama dalam membuat telur ceplok kecap adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, pecahkan telur satu per satu ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Biarkan telur menggumpal sedikit di bagian bawah sebelum dituangi kecap manis di atasnya. Tunggu hingga telur matang sesuai dengan selera Anda. Taburi merica bubuk dan garam secukupnya untuk menambah cita rasa telur ceplok kecap.

Tips Memasak Telur Ceplok Kecap

Agar telur ceplok kecap Anda lebih lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, pastikan Anda menggunakan api sedang saat memasak telur untuk menghindari telur hangus. Kedua, Anda juga bisa menambahkan sedikit air ke dalam telur untuk membuat tekstur telur lebih lembut. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi masakan sebelum disajikan agar Anda bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera Anda. Terakhir, sajikan telur ceplok kecap dengan taburan daun bawang yang segar untuk menambah aroma dan tampilan hidangan.

Baca Juga :  Resep Oseng Mercon Jogja, Pedasnya Bikin Nagih

Variasi Menu Telur Ceplok Kecap

Selain cara di atas, Anda juga bisa bereksperimen dengan variasi menu telur ceplok kecap. Misalnya, Anda bisa menambahkan potongan daging ayam atau udang ke dalam telur untuk mendapatkan hidangan yang lebih bergizi. Anda juga bisa mencampur telur dengan sayuran seperti wortel atau kacang polong untuk menambah serat dalam hidangan Anda. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabai rawit ke dalam telur ceplok kecap. Variasi menu telur ceplok kecap ini akan membuat hidangan Anda semakin bervariasi dan lezat.

Kesimpulan

Telur ceplok kecap adalah hidangan yang praktis dan lezat untuk disajikan sebagai menu sarapan atau makan malam. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa membuat telur ceplok kecap sendiri di rumah. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat menikmati hidangan telur ceplok kecap yang lezat dan menggugah selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep telur ceplok kecap ini di dapur Anda!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah saya menggunakan kecap asin sebagai pengganti kecap manis?

Ya, Anda bisa menggunakan kecap asin sebagai pengganti kecap manis dalam resep telur ceplok kecap. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran garam agar rasa telur tetap seimbang.

  1. Apakah telur ceplok kecap bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, Anda bisa menyimpan telur ceplok kecap dalam lemari es untuk dikonsumsi kemudian. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara agar telur tetap segar.

  1. Bisakah saya menambahkan sayuran lain ke dalam telur ceplok kecap?
Baca Juga :  Inilah Resep Krabby Patty Atau Hamburger

Tentu saja, Anda bisa menambahkan sayuran lain seperti wortel, kacang polong, atau jamur ke dalam telur ceplok kecap untuk variasi dan tambahan nutrisi.

  1. Apakah telur ceplok kecap cocok untuk menu diet sehat?

Telur ceplok kecap bisa menjadi pilihan menu diet sehat jika dimasak dengan jumlah minyak yang sedikit dan tanpa tambahan gula berlebih. Pastikan untuk mengontrol porsi dan menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info