Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Kunafa Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Kunafa Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Kunafa (1)

Membuat makanan Kunafa

Bahan-bahan

Untuk sirup:

  1. 2 cup gula
  2. 1 cup air
  3. 3 sdm perasan air jeruk lemon
  4. 1 sdm rose water (skip jika tdk punya)
  5. Sedikit pewarna kuning/orange agar kelihatan cantik

Taburan:

  1. Pistachio tumbuk kasar
  2. Resep yg kesatu dan kataifi:
  3. 250 gram Kataifi
  4. 100 gram Mentega
  5. 600 gram string cheese/halloumi cheese / mozzarella

Langkah-langkah membuat Kunafa

  1. Langkah pertama dalam membuat Kunafa adalah menyiapkan adonan. Caranya, potong kadayif hingga bentuknya menjadi lebih kecil[1]. Kemudian, tambahkan tiga cangkir susu ke dalam mangkuk dan panaskan wajan dengan api sedang[2]. Setelah adonan siap, saatnya beralih ke isian. Dalam mangkuk, campurkan keju ricotta atau keju akawi, kenari atau almond cincang, gula pasir, dan air mawar atau perasa lainnya pilihan Anda[3]. Isian ini akan digunakan untuk mengisi kue Kunafa.
  2. Setelah adonan dan isian disiapkan, saatnya merakit dan memanggang Kunafa. Pertama, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celcius[4]. Kemudian, lelehkan mentega asin dalam wajan dan oleskan ke bagian bawah dan samping loyang[5]. Selanjutnya, sebarkan separuh adonan ke dalam loyang, tekan perlahan. Lalu tambahkan isian keju di atas adonan, ratakan[6]. Terakhir, tambahkan sisa adonan di atas isian keju dan tekan perlahan. Panggang dalam oven selama 25-30 menit, atau sampai bagian atasnya berwarna coklat keemasan[5].
  3. Langkah terakhir dalam membuat Kunafa adalah menyiapkan sirupnya. Dalam panci, masak gula pasir dan air mawar hingga gula larut[7]. Setelah Kunafa matang dari oven, sisihkan hingga agak dingin. Kemudian keluarkan dari loyang dan letakkan di piring saji. Taburkan sirup gula di atas Kunafa, pastikan menutupinya secara merata[5]. Taburkan pistachio cincang, buah pinus, dan kacang mete di atas Kunafa untuk menambah rasa dan tekstur[8]. Sajikan Kunafa hangat dan nikmati nikmatnya perpaduan rasa manis dan gurih.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Keju yang Tepat** – Gunakan kombinasi keju akkawi dan mozzarella untuk keseimbangan sempurna antara rasa asin dan leleh. Keju Akkawi memberikan rasa dan tekstur autentik, sementara mozzarella membantu memberikan rasa elastis dan lembut.

Baca Juga :  Memasak Resep Sup Sarang Telur untuk Santap Sahur yang Mudah, Praktis, dan Lezat

**Mempersiapkan Adonan Kataifi** – Saat mengerjakan adonan kataifi, tutupi adonan dengan kain lembab agar tidak mengering. Selain itu, mengolesi lapisan dengan mentega cair atau ghee akan memastikan tekstur yang renyah dan keemasan setelah dipanggang.

**Membuat Sirup Gula** – Siapkan sirup gula wangi dengan mencampurkan air, gula pasir, dan beberapa tetes air jeruk lemon. Menambahkan sedikit air bunga mawar atau jeruk ke dalam sirup akan meningkatkan profil rasa kunafa secara keseluruhan.

**Melapisi dan Memanggang** – Bagi adonan kataifi menjadi dua bagian. Oleskan satu porsi sebagai lapisan dasar pada loyang, lalu tambahkan campuran keju secukupnya sebelum ditutup dengan adonan bagian kedua. Teknik pelapisan ini memastikan bagian tengah berisi keju yang lezat. Panggang sampai kunafa berubah warna menjadi coklat keemasan dan keju meleleh.

**Menyajikan dan Menghias** – Sajikan kunafa hangat, biarkan kejunya keluar saat dipotong. Hiasi dengan taburan pistachio atau almond yang digiling halus untuk mendapatkan rasa pedas yang nikmat dan semburat warna. Selain itu, sesendok krim kental atau satu sendok es krim vanila sangat cocok dipadukan dengan kunafa hangat, menambahkan kontras lembut pada hidangan penutup yang manis dan renyah.

Baca Juga :  Pao Lipat Isi Ayam, Camilan Berat dan Sajian Enak untuk Acara Keluarga

FAQ

Q: Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan Kunafa? A: Untuk membuat adonan Kunafa, Anda memerlukan bahan-bahan seperti filo pastry, mentega cair, dan sirup gula.

Q: Bagaimana cara membuat isian keju untuk Kunafa? A: Isian keju untuk Kunafa dapat dibuat dengan mencampurkan keju ricotta, keju mozzarella, gula, dan sedikit esens vanila. Campuran ini kemudian akan digunakan sebagai lapisan isian di antara adonan Kunafa.

Q: Apa langkah-langkah dalam merakit Kunafa sebelum dipanggang? A: Langkah pertama adalah menyusun lapisan filo pastry yang sudah dipotong-potong di bagian bawah wadah. Kemudian tambahkan lapisan isian keju, lalu tutupi dengan lapisan filo pastry lagi sebelum dipanggang.

Q: Berapa lama Kunafa harus dipanggang? A: Kunafa biasanya dipanggang selama sekitar 30-40 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya hingga warnanya keemasan dan renyah.

Q: Bisakah saya menambahkan topping tambahan setelah Kunafa selesai dipanggang? A: Tentu saja! Setelah Kunafa Panggang, Anda bisa menambahkan topping seperti sirup gula, taburan pistachio cincang, atau bahkan es krim sebagai penutup yang lezat.

Referensi : 

1.   Resep Kunafa Khas Turki untuk Lebaran, Dijamin Anak-anak ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com 

2.   Kunafa: Kudapan Spesial Arab Saudi untuk Berbuka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari celebesmedia.id 

3.   Resep Kunafa: Kelezatan Manis dari Timur Tengah Yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari bogor.hallo.id 

Baca Juga :  Resep Sate Usus Sapi Bumbu Kuning Rasa Maknyus bagi Penggemar Jeroan

4.   Resep Kunafa Camilan khas Timur Tengah.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.fimela.com 

5.   Resep Kunafa, Dessert Timur Tengah yang Kejunya Molor!.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.idntimes.com 

6.   Kunafa, Dessert Manis Berserabut dari Syam.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com/blog/kunafa-dessert-manis-berserabut-dari-syam/ 

7.   Kunafa (Knafeh).  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.tastemade.com/videos/kunafa-knafeh/ 

8.   Kunafa Makanan Tradisional Arab | PDF.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.scribd.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan