Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Resep Sambal Ikan Bandeng untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

Yuk, Memasak Resep Sambal Ikan Bandeng untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

Sambal Ikan Bandeng1 (1)

Resep sambal ikan bandeng

Anda siap memasak resep sambal ikan bandeng yang lezat dan menggugah selera? Jika sudah siap, jangan lupa menyiapkan semua bahan dan bumbunya yang mudah didapatkan.

Anda bisa membeli ikan bandeng biasa atau bandeng presto beserta bahan memasak lainnya di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, silahkan untuk membuat sambal ikannya.

Namun, jangan sampai salah cara dan langkah-langkah membuatnya agar saat sudah jadi nantinya rasa kuliner tersebut benar-benar cocok seperti selera Anda.

Lebih cocok lagi menjadikannya lauk utama atau pendamping saat menyantap nasi putih hangat. Oleh karenanya, masakannya tepat untuk makan siang Anda bersama keluarga dan orang terdekat.

Berikut resep sambal ikan bandeng selengkapnya yang perlu Anda ketahui. Selamat membaca.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan bandeng mentah atau presto ukuran sedang
  2. 3 sendok makan bumbu sambal goreng siap pakai
  3. 4 buah cabai hijau besar diiris serong
  4. 2 buah belimbing wuluh diiris serong
  5. 1 papan petai dikupas lalu dibelah dua
  6. 200 ml kaldi ikan
  7. ½ sendok teh garam
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan bandeng dan menumis
Baca Juga :  Misoa Keju Crispy, Camilan Sehat untuk Bayi 1 tahun ++

Bumbu yang dihaluskankan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih dihaluskan
  3. 15 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

Cara memasak sambal ikan bandeng

Setelah Anda menyediakan semua bahan dan bumbu diatas lengkap, silahkan segera mempraktikkan cara memasak resep sambal ikan bandeng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Jika ikan bandengnya masih mentah, bersihkan dulu di bawah air mengealir dengan membuang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di dalam perut serta insang. Jika yang disiapkan bandeng presto, berarti langsung di goreng saja.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng bandeng. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan ikan bandeng ke dalam wajan.
  3. Untuk bandeng mentah, Anda harus menggorengnya lebih lama dengan beberapa kali dibolak-balik agar kematangannya merata. Sementara untuk bandeng presto, tidak perlu menggorengnya terlalu lama. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Langkah berikutnya silahkan mengurangi minyak goreng sisa menggoreng ikan bandeng tadi hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi  minyak gorengnya, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Kecilkan api kompor, lalu tambahkan bumbu sambal goreng, irisan cabai hijau, belimbing wuluh, dan petai. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  6. Setelah itu, masukkan bandeng goreng dan tuangkan kaldu ikan yang sudah disiapkan. Aduk perlahan saja.
  7. Bumbui dengan garam dan perasan jeruk nipis, aduk lagi. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Tidak perlu terlalu lama memasaknya agar daging ikan bandeng tidak hancur. Setelah matang dan rasanya sudah mantap, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan sambal ikan bandeng yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda yang sudah lapar dan ingin segera menyantapnya jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Honey Paper Chicken, Lauk MakSi Anti Repot

Sekali lagi, resep sambal ikan bandeng diatas sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang terutama Anda yang suka masakan pedas. Silahkan mencobanya di rumah dan selamat memasak.

Lihat video membuat Sambal Ikan Bandeng

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info