Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Telur Asin, Kuliner Ekslusif Dimasak ala Rumahan

Resep Ayam Telur Asin, Kuliner Ekslusif Dimasak ala Rumahan

Ayam Telur Asin1 (1)

Resep ayam telur asin

Resep ayam telur asin menjadi salah satu alternatif memasak berbahan ayam yang dapat dilakukan. Daging ayam yang sudah dibersihkan, lalu dimarinasi bumbu hingga meresap. Setelah itu, digoreng tepung hingga renyah.

Selanjutnya, membuat bumbu salted eggs atau telur asinnya. Akhirnya, ayam goreng krispi dimasak dengan bumbu telur asin hingga matang.

Apakah Anda pernah mencicipi atau menyantap menu kuliner seperti itu. Beberapa rumah makan atau restoran memang menjual menu tersebut dengan harga cukup mahal.

Anda yang penasaran dengan rasa masakannya lebih baik memasaknya sendiri di rumah. Semua bahan, bumbu, hingga detail cara memasaknya diuraikan lengkap dalam resep ayam telur asin berikut. Selamat membaca.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging ayam segar bagian dada atau paha tanpa tulang
  2. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  3. ½ sendok teh garam
  4. ¼ sendok teh merica bubuk
  5. Minyak goreng secukupnya

Bahan baluran tepung

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 3 sendok makan tepung tapioka
  3. ½ sendok teh garam
  4. ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan saus telur asin

  1. 4 butir telur asin diambil kuningannya saja, dihaluskan
  2. 5 buah cabai rawit merah dipotong kecil
  3. 2 buah cabai merah besar diiris serong
  4. 3 siung bawang putih dicincang halus
  5. 200 ml susu vanila cair
  6. 10 lembar daun kari
  7. ¼ sendok teh merica bubuk
  8. ¼ sendok teh garam
Baca Juga :  Ayam Kukus Pedas, Olahan dari Ayam Kampung yang Bebas Kolesterol

Cara memasak ayam telur asin

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mulai mempraktikkan cara memasak resep ayam telur asin dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Silahkan cuci dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu dipotong dadu ukuran sedang. Setelah itu, beri merica bubuk dan garam dan aduk merata.
  2. Masukkan semua potongan ayam ke dalam wadah yang sudah ada kocokan telurnya. Aduk sebentar hingga merata, lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan sekitar 15 menit.
  3. Sambil menunggu ayam yang dimarinasi, Anda bisa membuat bahan baluran tepungnya. Siapkan wadah baskom bersih dulu, lalu masukkan ke dalamnya semua tepung, garam, dan merica bubuk. Sisihkan dulu.
  4. Setelah 15 menit, keluarkan ayam dari kulkas. Lalu, masukkan semua potongan ayam ke dalam baluran tepung. Aduk merata dan pastikan semua sisi daging ayam terbaluri tepung.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu potongan ayam ke dalamnya.
  6. Goreng ayam hingga garing dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata dan tidak gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Langkah berikutnya membuat saus telur asin. Caranya, kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis.
  8. Panaskan minyak lagi, lalu tumis bawang putih dan semua cabai hingga harum. Setelah itu, masukkan semua kuning telur asin dan aduk merata.
  9. Tambahkan susu cair, lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan. Jangan lupa bumbui dengan garam, merica, dan beri daun kari. Aduk lagi merata.
  10. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah rasana cocok dan mulai mengental, masukkan semua ayam goreng tepung ke dalam wajan.
  11. Aduk merata hingga semua ayam dan saus telur asin tercampur. Setalah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  12. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam telur asin yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merang goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jika Anda ingin menjadikannya lauk makan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Tortilla Ayam Kari Jagung, Kudapan Sehat Cocok Bagi yang Program Diet

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep ayam telur asin selengkapnya, seperti yang dijual di rumah makan atau restoran. Silahkan mempraktikkannya di rumah agar tidak penasaran lagi dengan rasanya.

Lihat video membuat Ayam Telur Asin

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan