Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Mansaf, Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Mansaf, Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Mansaf (1)

Membuat makanan Mansaf

Bahan:

  1. 6 lembar roti pita, panggang sebentar, sobek kasar

Nasi basmati:

  1. 3 sdm minyak zaitun, untuk menumis
  2. 200 g bawang bombay, cincang
  3. 5 siung bawang putih, parut
  4. 300 g beras basmati, tanak hingga matang
  5. Ayam rebus, masak hingga matang:
  6. 1 ekor ayam, potong 12 bagian
  7. 2 L air
  8. 3 cm kayu manis
  9. 3 butir cengkih
  10. 2 lembar bay leaf1)
  11. ½ sdt kunyit bubuk
  12. 1½ sdt garam
  13. ¾ sdt merica hitam bubuk

Adonan yoghurt:

  1. 900 ml yoghurt tawar
  2. 1 butir telur ayam

Pelengkap:

  1. 100 g kacang almond, sangrai
  2. 75 g pine nuts, sangrai2)
  3. 2 batang daun seledri, cincang halus

Langkah-langkah membuat Mansaf, masakan tradisional Yordania

  1. Mansaf adalah hidangan tradisional Yordania yang terbuat dari daging domba yang dimasak dengan saus yang terbuat dari yogurt yang difermentasi, yang disebut Jameed[1]. Untuk menyiapkan sausnya, rendam Jameed dalam air semalaman hingga empuk. Setelah itu, haluskan Jameed dengan air hingga menjadi kuah yang lembut. Selanjutnya, masak daging domba dengan saus Jameed hingga empuk dan beraroma[2]. Saat daging domba dimasak, siapkan saus yogurt dengan mencampurkan yogurt tawar, bawang putih, dan garam dalam mangkuk[3]. Saus ini akan digunakan untuk ditaburkan di atas Mansaf saat disajikan di atas nasi[4].
  2. Untuk memasak nasi Mansaf, mulailah dengan menumis bawang bombay cincang dengan minyak zaitun hingga harum. Tambahkan nasi basmati dan aduk rata untuk melapisi nasi dengan campuran bawang bombay[5]. Selanjutnya tambahkan air dan didihkan. Kecilkan api menjadi kecil, tutup panci, dan biarkan mendidih hingga nasi empuk dan semua air terserap[6]. Alternatifnya, Anda bisa memasak nasi dengan kaldu ayam untuk menambah rasa[7]. Disarankan untuk tidak menambahkan garam saat menanak nasi, karena saus Jameed dan saus yogurt sudah terasa asin[8].
  3. Untuk merakit dan menyajikan Mansaf, mulailah dengan menata daging domba yang sudah matang di piring saji besar. Tuangkan sedikit saus Jameed di atas daging domba, sisakan sebagian untuk disajikan sebagai pendamping. Selanjutnya, taburkan saus yogurt di atas daging domba[9]. Terakhir, susun nasi di sekitar daging domba, dan tuangkan sisa saus Jameed di atas nasi[4]. Secara tradisional, Mansaf disajikan di piring umum yang besar, dan setiap orang makan menggunakan tangan kanan mereka[1]. Hidangan ini sering disajikan pada acara dan perayaan khusus, seperti pernikahan dan Idul Fitri[10]. Nikmati cita rasa yang kaya dan beraroma dari hidangan tradisional Yordania ini, yang menampilkan warisan kuliner unik negara tersebut[11].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Berkualitas** – Gunakan daging domba berkualitas tinggi, yang secara tradisional merupakan daging pilihan Mansaf, untuk memastikan hidangan kaya dan beraroma. Yoghurt segar dan nasi juga merupakan komponen penting yang harus berkualitas baik. Pemilihan nasi dapat memengaruhi tekstur dan rasa hidangan secara keseluruhan. Pilihlah nasi berbiji panjang, seperti basmati, untuk tekstur yang ringan dan empuk.

Baca Juga :  Sedap dan Menggugah Selera Makan, Resep Ikan Woku Belanga Harus Dicoba!

**Mempersiapkan Jameed (Saus Yogurt)** – Untuk mendapatkan cita rasa Mansaf yang autentik, siapkan jameed, saus yogurt kering yang difermentasi, dari awal jika memungkinkan. Caranya adalah dengan menyusun kembali jameed dengan merendamnya dalam air hingga berubah menjadi saus krim. Langkah ini penting karena merupakan dasar hidangan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap cita rasa khasnya.

**Pelapisan dan Presentasi** – Saat menyusun Mansaf, lapisi nasi terlebih dahulu, lalu daging, dan terakhir taburi dengan saus jameed. Teknik pelapisan ini memungkinkan rasa menyatu sekaligus memastikan nasi tidak terlalu lembek karena kuahnya. Saat menyajikan hidangan, pertimbangkan untuk menata daging dan nasi di piring besar, yang biasanya disajikan di atas roti pipih, dan hiasi dengan kacang panggang dan bumbu segar untuk presentasi visual yang menarik.

**Memahami Signifikansi Budaya** – Memahami pentingnya budaya Mansaf dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan. Dalam budaya Yordania, Mansaf sering disajikan pada acara dan pertemuan khusus, melambangkan keramahtamahan dan kemurahan hati. Dengan menghargai makna budayanya, seseorang dapat memahami hidangan tersebut dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya dan tradisinya, sehingga menambah kekayaan pengalaman bersantap.

Baca Juga :  Resep Membuat Dolsot Bibimbap (Mangkuk Nasi Pot Batu Korea)

**Pendampingan dan Etiket** – Pertimbangkan untuk menyajikan makanan pendamping tradisional seperti salad segar, acar, dan roti Arab hangat bersama Mansaf untuk melengkapi rasa dan tekstur hidangan. Selain itu, biasakan diri Anda dengan etika adat yang terkait dengan makan di Mansaf, seperti menggunakan tangan kanan untuk makan dan menerima porsi kedua sebagai tanda penghargaan atas keramahtamahan tuan rumah. Memahami dan menghormati nuansa budaya ini dapat memperkaya pengalaman bersantap secara keseluruhan.

FAQ

Q: Apa itu Mansaf dan dari mana asalnya? A: Mansaf adalah masakan tradisional Yordania yang terdiri dari daging kambing, nasi, dan saus yogurt. Masakan ini dianggap sebagai hidangan nasional Yordania.

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus daging dan yogurt untuk Mansaf? A: Untuk saus daging dan yogurt, Anda memerlukan daging kambing, mentega kering, bawang putih, bubuk kayu manis, jintan, lada hitam, yogurt tawar, air, dan garam.

Q: Bagaimana cara memasak nasi yang sempurna untuk Mansaf? A: Untuk memasak nasi, Anda dapat menggunakan nasi basmati yang dicuci hingga airnya jernih. Tambahkan garam, udara, dan minyak zaitun ke dalam panci. Rebus nasi hingga matang dan kering.

Q: Apakah ada tips khusus dalam merakit piring Mansaf sebelum disajikan? A: Saat merakit piring Mansaf, letakkan nasi di dasar piring, lalu tumpahkan saus daging di atasnya. letakkan potongan daging yang sudah matang di atas saus, dan tambahkan yogurt di atasnya. Anda juga dapat menambahkan mentimun dan tomat sebagai hiasan.

Q: Bisakah saya mengganti daging kambing dengan daging lain untuk membuat Mansaf? A: Meskipun daging kambing tradisional untuk Mansaf, Anda juga bisa menggunakan daging domba atau bahkan daging sapi sebagai alternatif. Namun perlu diingat bahwa daging kambing memberikan rasa khas pada hidangan Mansaf.

Referensi : 

1.   Mansaf – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.wikipedia.org/wiki/Mansaf 

2.   Hidangan Yordania.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Hidangan_Yordania 

Baca Juga :  Resep Sate Taichan yang Satu Ini Harus Anda Coba Sendiri

3.   Sajikan Menu Domba yang Bikin Ngantuk, Resto Ini Izinkan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari food.detik.com 

4.   Makanan Khas Yordania Ala Suku Bedouin.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com/blog/makanan-khas-yordania-ala-suku-bedouin/ 

5.   Resep Mansaf, Makanan Khas Yordania.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.femina.co.id 

6.   DAPUR SEMPOI UMMI: :: MANSAF ::.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari http://bayt-amzar.blogspot.com/2009/05/mansaf.html 

7.   MANSAF RICE YORDANIA – Association Chef Jember.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.jagel.id 

8.   7 Menu Buka Puasa Unik di Dunia.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.fimela.com 

9.   Hijau dan Putih, Tradisi Kuliner Warga Palestina Pada Hari ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari ramadan.tempo.co 

10.   TERRASSE / Edisi 29 by EXQUISITE MEDIA.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari issuu.com/lenny-exquisite-media.co/docs/terrasse___edisi_29 

11.   Brunei Dan Myanmar | PDF.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.scribd.com/document/372170191/Brunei-Dan-Myanmar 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info