Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mood Boster dengan Membuat Chocolate ala taza

Mood Boster dengan Membuat Chocolate ala taza

Chocolate ala taza (2)

Membuat Chocolate ala taza

Bahan-Bahan : 

  1. Coklat ala Taza
  2. Susu
  3. Gula
  4. Air Panas

Langkah-Langkah Membuat Cokelat Tazastyle

  1. Langkah pertama dalam membuat coklat ala Taza adalah dengan memanggang dan menggiling biji kakao[1]. Caranya, mulailah dengan meletakkan biji kakao di atas loyang dan memanggangnya dalam oven selama 20-25 menit, hingga aromanya menyebar[2]. Setelah biji kakao dipanggang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, giling biji kakao dalam penggiling batu hingga menjadi pasta yang halus dan lembut. Proses penggilingan biji kakao inilah yang memberikan tekstur dan rasa unik pada coklat ala Taza.
  2. Langkah selanjutnya dalam membuat coklat ala Taza adalah menambahkan gula dan perasa lainnya ke dalam biji kakao yang digiling[1]. Cokelat ala Taza terkenal dengan rasanya yang berani dan intens, yang dihasilkan dengan menggunakan sedikit gula dan bahan lainnya. Untuk mempermanis coklat, tambahkan sedikit gula tebu ke dalam biji kakao bubuk dan aduk rata. Perasa lain, seperti vanilla atau kayu manis, juga bisa ditambahkan pada tahap ini. Campur bahan-bahan tersebut hingga terbentuk campuran yang halus dan homogen.
  3. Langkah terakhir dalam pembuatan coklat ala Taza adalah mencetak dan mengemas coklatnya[1]. Tuang adonan coklat ke dalam cetakan dan diamkan hingga mengeras. Setelah coklat mengeras, keluarkan dari cetakan dan bungkus dalam kemasan ala Taza yang terkenal dengan desainnya yang berwarna-warni dan menarik perhatian. Cokelat ala Taza biasanya dijual dalam bentuk cakram bulat kecil yang cocok untuk camilan atau digunakan dalam resep. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat membuat cokelat ala Taza sendiri di rumah dan menikmati rasa yang berani, intens, serta teksturnya yang unik.
  4. Jika kamu ingin menikmati minuman Coklat ala Taza ini, kamu bisa mencampurkan coklat, air, susu dan gula.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Biji Kakao Berkualitas** – Sumber biji kakao yang berkualitas tinggi dan bersumber secara etis untuk memastikan profil rasa terbaik untuk coklat gaya Taza. Carilah biji kakao yang bersertifikat organik dan perdagangan adil untuk mendukung praktik berkelanjutan dan etis dalam industri kakao. Misalnya, Taza Chocolate menekankan hubungan perdagangan langsung dengan petani kakao di negara-negara seperti Republik Dominika, Bolivia, dan Belize untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan.

Baca Juga :  Resep Minuman Es Cappucino Cincau Sederhana

**Teknik Memanggang** – Bereksperimenlah dengan berbagai teknik pemanggangan untuk menghasilkan rasa unik biji kakao. Cokelat ala Taza terkenal dengan teksturnya yang seperti batu, yang diperoleh melalui proses pemanggangan tertentu. Pertimbangkan untuk menggunakan metode pemanggangan bersuhu rendah untuk mempertahankan rasa dan aroma kompleks biji kakao, sehingga berkontribusi terhadap cita rasa coklat Taza yang berbeda.

**Proses Penggilingan Batu** – Berinvestasi pada penggiling batu untuk meniru proses produksi coklat tradisional ala Taza. Metode penggilingan batu menghasilkan tekstur kasar dan kasar yang membedakan coklat Taza. Proses ini memungkinkan kakao digiling pada suhu rendah, sehingga menjaga rasa alaminya. Selain itu, waktu penggilingan yang lama berkontribusi pada rasa kakao yang lebih halus dan melepaskan potensi rasa kakao secara maksimal.

**Bahan Minimalis** – Gunakan bahan-bahan minimalis saat membuat coklat ala Taza. Biasanya coklat Taza hanya mengandung biji kakao organik, gula tebu organik, dan bumbu utuh, jika diinginkan. Dengan menjaga daftar bahan tetap sederhana, fokusnya tetap pada rasa alami kakao, sehingga menghasilkan pengalaman cokelat yang lebih murni.

Baca Juga :  Coba Buat Roti Fougasse with Rosemary dengan Resep Berikut

**Pencetakan dan Pengemasan** – Perhatikan cetakan dan kemasan coklat untuk mendapatkan tampilan khas ala Taza. Cakram coklat Taza, misalnya, terkenal dengan tampilan pedesaan dengan tepi yang tidak rata, sehingga menambah daya tarik artisanalnya. Pertimbangkan untuk menggunakan cetakan yang memiliki bentuk serupa, dan kemas coklat dengan cara yang mencerminkan komitmen merek terhadap keberlanjutan dan keaslian, seperti menggunakan bahan yang dapat didaur ulang dan desain minimalis.

FAQ

Q: Apa itu coklat ala Taza? A: Cokelat gaya Taza mengacu pada cara tradisional Meksiko dalam membuat cokelat yang melibatkan penggilingan batu biji kakao organik menjadi cokelat pedesaan dengan proses minimal yang dikenal karena rasanya yang berani dan teksturnya yang berpasir.

Q: Apa saja langkah-langkah penting dalam membuat coklat ala Taza? A: Langkah-langkah utama dalam pembuatan coklat gaya Taza meliputi memanggang dan menggiling biji kakao, menambahkan gula dan perasa lainnya, dan terakhir mencetak dan mengemas coklat.

Q: Bagaimana cara memanggang dan menggiling biji kakao untuk menghasilkan coklat ala Taza? A: Untuk memanggang biji kakao untuk dijadikan coklat ala Taza, biji kakao ditaburkan terlebih dahulu di atas loyang dan dipanggang dalam oven hingga harum. Kacang panggang kemudian dipecah dan ditampi untuk menghilangkan kulit luarnya. Setelah itu, biji kopi digiling menggunakan gilingan batu hingga menghasilkan tekstur kasar dan berpasir, ciri khas coklat ala Taza.

Q: Perasa apa yang umum ditambahkan ke coklat ala Taza? A: Perasa umum yang ditambahkan ke coklat gaya Taza termasuk gula untuk rasa manis, serta rempah-rempah seperti kayu manis, vanila, dan cabai untuk profil rasa yang unik dan kompleks.

Baca Juga :  Resep Minuman Sop Buah Selasih

Q: Apa pentingnya pencetakan dan pengemasan coklat ala Taza? A: Pencetakan dan pengemasan coklat ala Taza penting untuk menciptakan produk akhir. Cokelat dituangkan ke dalam cetakan untuk dibentuk, kemudian dikemas untuk menjaga rasa dan teksturnya. Cokelat ala Taza sering dikenal dengan tampilan rustic yang dipertahankan melalui proses pencetakan dan pengemasan.

Referensi : 

1.   Proses Pengolahan Coklat dari Biji Kakao.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.freyabadi.com 

2.   Cara Membuat Coklat dari Biji Kakao, Mudah Dipraktikkan.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.merdeka.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan