Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Minuman Tsokolateng tablea Khas Filipina

Membuat Minuman Tsokolateng tablea Khas Filipina

Tsokolateng tablea (1)

Membuat Minuman Tsokolateng tablea

Bahan-bahan : 

  1. Tablea de Kakao
  2. Air atau Susu
  3. (Opsional) Gula, atau sejenis pemanis. Ini hanya diperlukan jika Anda meminum coklat panas Filipina yang manis dan Anda tidak mendapatkan Tablea yang dimaniskan.

Langkah-langkah membuat minuman tablea Tsokolateng

  1. Untuk membuat tablea Tsokolateng, langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan bahan yang diperlukan[1]. Bahan-bahannya antara lain tablea, susu, air, gula, dan kayu manis (opsional). Tablea adalah sejenis coklat yang terbuat dari biji kakao yang dipanggang dan digiling, biasa digunakan di Filipina untuk membuat coklat panas. Ini dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong Filipina atau Asia. Pastikan panci, pengocok, dan kompor sudah siap untuk memulai prosesnya.
  2. Setelah bahan dan bahan yang diperlukan sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah menyiapkan tablea dan susu. Mulailah dengan memanaskan susu dan air dalam panci dengan api sedang. Setelah adonan panas, tambahkan tablea dan gula. Aduk campuran terus menerus sampai tablea larut sepenuhnya dan gula tercampur. Untuk minuman yang lebih beraroma, tambahkan sejumput kayu manis. Setelah campuran mengental, angkat dari api dan biarkan dingin selama beberapa menit.
  3. Langkah terakhir adalah meracik dan menyajikan minuman tablea Tsokolateng. Dengan menggunakan pengocok, campur campuran tablea dan susu yang sudah dingin hingga berbusa. Tuang adonan ke dalam cangkir dan sajikan segera. Tablea Tsokolateng dapat dinikmati panas atau dingin, tergantung selera pribadi. Untuk versi yang lebih dingin, tambahkan es batu sebelum disajikan. Minuman lezat dan mudah dibuat ini merupakan suguhan sempurna untuk segala acara, dan merupakan cara terbaik untuk merasakan cita rasa masakan Filipina yang kaya dan unik[2].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Tabel Tsokolate Berkualitas Tinggi** – Pilih tablea yang terbuat dari biji kakao berkualitas tinggi dan diproses menggunakan cara tradisional untuk mendapatkan rasa terbaik. Carilah tablea yang digiling halus dan bebas dari bahan tambahan atau pengawet apa pun. Tablea yang berkualitas akan menghasilkan minuman tsokolate yang lebih kaya dan otentik.

Baca Juga :  Resep Membuat Es Sarang Burung Pelepas Dahaga

**Gunakan Tablea dan Susu dalam Proporsi yang Tepat** – Rasio ideal antara tablea dan susu sangat penting untuk mencapai konsistensi dan rasa yang sempurna. Rasio yang umum adalah satu tablet tablea untuk setiap cangkir susu. Namun hal ini dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi. Beberapa orang mungkin lebih menyukai rasa coklat yang lebih pekat dan mungkin memilih proporsi tablea yang lebih tinggi.

**Kontrol Panas** – Saat melelehkan tablea dalam susu, penting untuk mengontrol panas agar tidak gosong dan memastikan tablea larut sepenuhnya. Gunakan api kecil hingga sedang dan aduk terus agar campuran tidak gosong. Proses ini memungkinkan rasa tablea meresap ke dalam susu secara perlahan, menghasilkan minuman tsokolate yang lembut dan kaya rasa.

**Eksperimen dengan Perasa** – Meskipun minuman tradisional tsokolate tablea dibuat hanya dengan tablea dan susu, jangan takut untuk bereksperimen dengan perasa tambahan. Misalnya, sedikit ekstrak vanila atau taburan kayu manis dapat menambah kedalaman minuman. Beberapa juga mungkin menikmati sentuhan manis dari gula atau sentuhan unik dengan sedikit cabai untuk rasa pedas.

Baca Juga :  Resep Membuat Es Krim Seperti Walls

**Sajikan dalam Mug atau Cangkir Tradisional** – Untuk meningkatkan pengalaman menikmati tsokolate tablea secara keseluruhan, pertimbangkan untuk menyajikannya dalam cangkir atau mug tradisional Filipina. Wadah ini dirancang khusus untuk menjaga minuman tetap panas dan sering kali terbuat dari tanah liat atau enamel. Signifikansi budaya dari penggunaan cangkir semacam itu dapat menambah keaslian pengalaman tablea tsokolate.

FAQ

Q: Apa itu tablo Tsokolateng? A: Tsokolateng tablea adalah minuman cokelat hangat khas Filipina yang terbuat dari tablea, atau tablet cokelat klasik Filipina, yang kemudian dilelehkan dan dicampur dengan susu.

Q: Apa yang dibutuhkan untuk membuat meja Tsokolateng? A: Anda membutuhkan tablea (tablet cokelat Filipina), susu cair, dan gula sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan vanilla atau kayu manis untuk memberikan rasa tambahan.

Q: Bagaimana cara menyiapkan tablea dan susu untuk tablea Tsokolateng? A: Untuk menyiapkan meja, Anda perlu melelehkan tablet cokelat Filipina dengan sedikit air di panci. Sementara itu, untuk susu, Anda hanya perlu memanaskan susu cair di panci hingga mendidih.

Q: Bagaimana cara mencampur dan menyajikan minuman Tsokolateng tablea? A: Setelah tablea dan susu siap, tuangkan tablea yang sudah dilelehkan ke dalam susu panas, lalu aduk hingga tercampur rata. Tuangkan minuman Tsokolateng tablea ke dalam cangkir, dan minuman siap disajikan.

Baca Juga :  Resep Es Cincau Hijau

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam tabel Tsokolateng? A: Ya, Anda bisa menambahkan vanilla atau kayu manis untuk memberikan tambahan rasa sesuai selera. Beberapa juga menambahkan sedikit garam untuk menonjolkan rasa cokelatnya.

Referensi : 

1.   Coklat Batangan Terenak.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari mez-personalmanagement.de/aefs/coklat-batangan-terenak.html 

2.   Sajian Cokelat Melengkapi Perayaan Valentine Anda.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari belitung.tribunnews.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan