Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Oat kurma untuk Menu Diet Sehat

Membuat Oat kurma untuk Menu Diet Sehat

Membuat Oat kurma (2)

Membuat Oat kurma

Cara membuat oat kurma yang enak dan sehat

Oat kurma merupakan pilihan sarapan sehat dan lezat yang dapat dengan mudah disiapkan di rumah. Untuk membuat oat kurma diperlukan bahan-bahan sebagai berikut[1]: 

  1. Oat instan atau oat semalaman 
  2. Susu kurma 
  3. Yogurt

Bisa ditambahkan topping atau bahan pelengkap sesuai selera, misalnya coklat chip atau irisan pisang. 

Dalam mangkuk kecil, campur semua bahan kering (kecuali kurma dan serpihan kelapa) dan tambahkan yogurt atau susu, aduk rata[2]. 

Oat adalah sumber serat dan protein yang baik, menjadikan oat kurma sebagai pilihan sarapan yang bergizi dan mengenyangkan.

Untuk menyiapkan oat kurma, ikuti petunjuk langkah demi langkah berikut[2]: 

  1. Dalam mangkuk kecil, campur semua bahan kering (kecuali kurma dan serpihan kelapa). 
  2. Tambahkan yogurt atau susu dan aduk rata. 
  3. Tambahkan susu kurma dan aduk rata. 
  4. Jika diinginkan, tambahkan kurma cincang dan serpihan kelapa untuk menambah rasa dan tekstur. 
  5. Dinginkan semalaman atau minimal 4 jam. 
  6. Sajikan dingin dengan topping yang diinginkan. 

Sebagai variasi, oat kurma semalaman dapat dibuat dengan merebus oat dalam air panas, menambahkan kurma cincang dan selai kacang, dan mendinginkannya semalaman. 

Resep ini dapat disesuaikan dengan berbagai topping dan bahan pelengkap sesuai preferensi individu.

Untuk menyajikan dan menyimpan oat kurma, perhatikan tips berikut ini[5]: 

  1. Sajikan dingin dengan topping yang diinginkan, seperti irisan pisang atau coklat chip.
  2. Simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 3 hari. 
  3. Untuk pilihan sarapan hangat, panaskan dalam microwave selama 30-60 detik sebelum disajikan. 
  4. Untuk membuat oatmeal lebih gurih, tambahkan satu sendok makan gula ke dalam satu cangkir oatmeal[6]. 
  5. Bereksperimenlah dengan kombinasi rasa yang berbeda, seperti menambahkan kayu manis atau ekstrak vanila ke dalam campuran[7][8]. 
  6. Untuk sarapan yang lebih mengenyangkan, tambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalam adonan, seperti biji chia[9]. 
  7. Jelajahi resep oatmeal sehat lainnya, seperti oatmeal panggang atau oatmeal potong baja dengan topping karamel asin[7].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Oat yang Tepat** – Gunakan oat gulung kuno atau oat yang dipotong baja untuk mendapatkan tekstur yang lebih sehat pada oat kurma Anda. Oat instan mungkin menjadi terlalu lembek jika dipadukan dengan kurma dan kehilangan teksturnya saat dimasak.

Baca Juga :  Enak Banget, Ini Resep Perkedel Kentang Daging Mudah untuk Dibuat

**Merendam Kurma** – Rendam kurma dalam air hangat selama beberapa menit sebelum ditambahkan ke dalam oat. Ini akan melembutkannya dan membuatnya lebih mudah untuk diblender atau dihaluskan ke dalam campuran oat, sehingga memastikan distribusi rasa manis yang lebih merata ke seluruh hidangan.

**Menyeimbangkan Manisnya** – Kurma menambah rasa manis alami pada oat, namun penting untuk menyeimbangkan rasa manis sesuai selera Anda. Anda dapat menyesuaikan rasa manisnya dengan menambahkan sedikit sirup maple, madu, atau taburan kayu manis untuk meningkatkan rasa tanpa menghilangkan kebaikan alami kurma.

**Meningkatkan Rasa dengan Rempah-rempah** – Bereksperimenlah dengan rempah-rempah seperti kayu manis, pala, atau kapulaga untuk menambah kedalaman dan kehangatan pada oat kurma Anda. Rempah-rempah ini melengkapi rasa manis alami kurma dan dapat meningkatkan profil rasa hidangan secara keseluruhan.

**Topping dan Campuran** – Berkreasilah dengan topping dan campuran untuk mempersonalisasi oat kurma Anda. Kacang cincang, biji-bijian, buah segar, serpihan kelapa, atau sesendok yogurt dapat menambah tekstur, rasa, dan daya tarik visual pada mangkuk sarapan Anda. Misalnya, taburan biji chia atau segenggam almond panggang dapat memberikan rasa renyah yang nikmat, sedangkan buah beri segar dapat menambah semburan warna dan kesegaran.

Baca Juga :  Resep Chicken Egg Roll Rumahan Praktis rasa Hokben #1

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat oat kurma? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat oat kurma antara lain oat, susu almond atau susu biasa, kurma cincang, kayu manis bubuk, garam, dan pemanis sesuai selera seperti madu atau sirup maple.

Q: Bagaimana cara membuat oat kurma yang enak dan sehat? A: Langkah pertama adalah merebus oat dengan susu almond atau susu biasa hingga mendidih. Setelah itu tambahkan kurma cincang, kayu manis bubuk, garam, dan pemanis sesuai selera. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga tekstur oat menjadi lembut dan kental.

Q: Apakah ada tips untuk menyajikan oat kurma dengan lebih menarik? A: Anda dapat menambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry sebagai hiasan dan penambah rasa pada oat kurma. Anda juga dapat menaburkan almond cincang atau biji chia untuk memberikan tekstur yang lebih kaya.

Q: Bagaimana cara menyimpan oat kurma dengan baik? A: Oat kurma dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari pendingin selama 2-3 hari. Pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan kembali agar teksturnya tetap lembut dan aroma rempahnya tetap segar.

Q: Bisakah saya menggunakan bahan pengganti untuk oat kurma ini? A: Tentu, Anda dapat mengganti susu almond dengan susu yang Anda sukai. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan pemanis sesuai preferensi Anda, seperti menggunakan gula kelapa atau pemanis lainnya yang lebih cocok bagi Anda.

Referensi : 

1.   777 resep kurma oat enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/cari/kurma%20oat 

2.   3 Resep Kurma Oat Padat Nutrisi untuk Buka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari otcdigest.id 

Baca Juga :  20 Resep Sayur Sehari-hari, Agar tidak Bosen

3.   Resep Overnight Oat Kurma Kacang, Takjil Buka Puasa ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.kompas.com 

4.   Resep Makanan Overnight Oat Kurma Kacang, Sajian ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.tribunnewswiki.com 

5.   Bagaimana cara menyajikan oatmeal agar saya bisa ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari id.quora.com 

6.   Bagaimana cara mengolah oat agar enak dimakan?.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari id.quora.com/Bagaimana-cara-mengolah-oat-agar-enak-dimakan 

7.   7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari hellosehat.com 

8.   9 Resep Oatmeal Yang Anti Hambar, Dijamin Ketagihan!.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.frisianflag.com 

9.   Resep 021. Overnight Oat Kurma oleh mommyjoe.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16181389-021-overnight-oat-kurma 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan