Skip to main content

Buat Camilan Hanya Bermodalkan Tepung, Dadu Tepung Goreng

La Dina

Dadu Tepung Goreng



Di masa-masa sulit seperti ini karena pandemik yang tidak juga kunjung memperlihatkan penurunan yang signifikan, menuntun orang banyak untuk hidup hemat.

Mau makan camilan pun, harus berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang. Namun, setelah membaca artikel ini, tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang hanya untuk makan camilan sebagai teman di sore hari.

Bahan-bahan yang hampir selalu ada di dapur seperti garam, penyedap rasa, minyak goreng, dan tentunya tepung terigu, bisa dibuat camilan yang tentunya tidak kalah enak. Lalu, camilan apa yang bisa dibuat dengan bahan minim seperti itu? Mari, simak langkah pembuatannya.

Dadu Tepung Goreng

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

  1. 5 sendok makan tepung terigu. (Bisa atur banyaknya. Mau 10 sendok makan, 15 dan seterusnya. Tergantung ketersediaan bahan)
  2. Sedikit air.
  3. Sedikit garam.
  4. 1 tetes minyak goreng. (Bisa juga pakai margarin. Kalau pakai margarin, pakai setitik saja. Jangan terlalu banyak penggunaan minyak atau margarin ini. Sebenarnya, bisa juga tidak usah menggunakan minyak. Namun, bagi yang masih kesulitan untuk membolak-balikkan adonan, disarankan memakai minyak. Kalau sudah mahir membolak-balikan adonan, tidak pakai juga tidak masalah)
  5. Merica bubuk.

Bagaimana? Apakah bahan-bahannya sangat mudah dan simpel, bukan? Mari, masuk ke dalam tahap pembuatan.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan.
  2. Masukkan 5 sendok makan tepung tadi. Masukkan juga sedikit garam ke dalam wadah.
  3. Lalu, masukkan air. Untuk jumlah air, gunakan air hingga adonan encer. Jangan sampai ada gumpalan adonan karena itu akan mempengaruhi adonan nanti saat akan digoreng.
  4. Tambahkan sedikit lada bubuk, untuk menambah rasa pada adonan.
  5. Siapkan teflon lalu panaskan dengan api kecil.
  6. Saat teflon sudah panas, baru adonan dimasukkan.
  7. Ratakan adonan di permukaan teflon, seperti membuat dadar gulung.
  8. Bila adonan sudah setengah matang, angkat dengan cara digulung. Persis menggulung seperti pembuatan dadar gulung. Tujuannya, hanya untuk memudahkan mengangkat adonan dan juga mempercantik bentuk, pastinya.
  9. Lakukan terus, hingga adonan habis. Nanti, akan didapatkan hasil bentuk seperti kue dadar yang memanjang. Setelah mendapatkan hasil seperti itu, adonannya dipotong-potong seukuran 2 sentimeter.
  10. Jika semuanya sudah terpotong, goreng ulang lagi hingga berubah warna menjadi kecoklatan.
  11. Angkat, lalu tiriskan.

Selamat mencoba!

Cocok sebagai pendamping minum teh atau kopi di pagi maupun di sore hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar