Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cheese Stick: Keju Lumer yang Lezat dan Menggugah Selera

Resep Cheese Stick: Keju Lumer yang Lezat dan Menggugah Selera

Resep Cheese Stick (2)

Resep Cheese Stick

Recipe By Siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

15 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. mozzarella

  2. tepung terigu

  3. telur

  4. tepung panir

DIRECTION

  1. Langkah 1: Membuat Adonan Dasar

    <br>Langkah pertama dalam membuat cheese stick adalah membuat adonan dasarnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan tepung terigu, keju parut, telur, dan sedikit garam dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis. Jika adonan masih terlalu kering, kamu bisa menambahkan sedikit air.<br>Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran masing-masing bulatan bisa disesuaikan dengan selera, tapi yang penting jangan terlalu besar agar mudah digoreng. Letakkan bulatan-bulatan adonan di atas nampan yang sudah dialasi plastik atau kertas roti, lalu simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Tujuannya adalah agar adonan menjadi lebih padat dan mudah dibentuk.

  2. Langkah 2: Membentuk Cheese Stick

    <br>Setelah 30 menit, keluarkan adonan dari lemari es. Ambil satu bulatan adonan, lalu pipihkan dan bentuk memanjang menyerupai stick. Pastikan ketebalan masing-masing stick kurang lebih sama agar matangnya merata. Ulangi langkah ini sampai semua adonan habis.<br>Nah, setelah terbentuk stick-stick keju, saatnya melapisi mereka dengan tepung panir. Caranya, celupkan satu per satu cheese stick ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke dalam tepung panir hingga seluruh permukaannya tertutup. Letakkan cheese stick yang sudah dilapisi di atas nampan

  3. Langkah 3: Menggoreng Cheese Stick

    <br>Setelah semua cheese stick selesai dilapisi tepung panir, saatnya menggoreng mereka. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dalam wajan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum mulai menggoreng.<br>Goreng cheese stick satu per satu dengan api sedang cenderung kecil. Jangan terlalu banyak memasukkan cheese stick sekaligus agar suhu minyak tidak turun drastis. Goreng cheese stick hingga berwarna kecokelatan dan terlihat renyah. Angkat dan tiriskan.

  4. Langkah 4: Menikmati Cheese Stick yang Lumer

    <br>Setelah cheese stick matang dan ditiriskan, kamu bisa langsung menikmatinya selagi masih hangat. Cheese stick yang baru digoreng akan terasa super renyah di luar dan lumer di dalam. Sensasi perpaduan renyah dan lumer ini memang sulit ditolak!<br>Kamu bisa menikmati cheese stick ini sebagai camilan atau pendamping hidangan utama. Cheese stick juga enak dinikmati bersama saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan. Atau kamu bisa menambahkan topping lain seperti oregano kering atau bubuk cabai untuk menambah cita rasa.

NOTES

Siapa sih yang tidak kenal dengan cheese stick? Camilan gurih yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Cheese stick yang renyah di luar dan lumer di dalam ini memang sulit untuk ditolak. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat cheese stick sendiri di rumah, artikel ini akan membagikan resep dan tips lengkap untuk membuatnya.

Baca Juga :  Empuk, Sedap dan Enak, Ini Dia Resep Swedish Meatball

Bahan-bahan Utama Cheese Stick

Untuk membuat cheese stick yang lezat, bahan-bahan utama yang kamu butuhkan sebenarnya cukup sederhana. Yang paling penting tentunya adalah keju. Keju yang paling cocok digunakan adalah keju cheddar, parmesan, atau mozzarella. Ketiganya memiliki tekstur yang lumer dan rasa yang gurih, sehingga sangat pas untuk dijadikan bahan utama cheese stick.

Selain keju, bahan lain yang juga penting adalah tepung terigu. Tepung terigu ini berfungsi sebagai bahan pengikat adonan, sehingga cheese stick bisa terbentuk dengan rapi. Jenis tepung terigu yang paling umum digunakan adalah tepung terigu protein sedang atau protein tinggi.

Bahan lainnya adalah telur, yang juga berfungsi sebagai pengikat adonan. Selain itu, telur juga membuat tekstur cheese stick menjadi lebih renyah. Kemudian ada bahan pelapis berupa tepung panir atau breadcrumb, yang membuat permukaan cheese stick menjadi crispy.

Nah, setelah mengetahui bahan-bahan utamanya, mari kita bahas cara membuat cheese stick yang lezat.

Cara Membuat Cheese Stick yang Lumer dan Renyah

Langkah 1: Membuat Adonan Dasar

Langkah pertama dalam membuat cheese stick adalah membuat adonan dasarnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan tepung terigu, keju parut, telur, dan sedikit garam dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis. Jika adonan masih terlalu kering, kamu bisa menambahkan sedikit air.

Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran masing-masing bulatan bisa disesuaikan dengan selera, tapi yang penting jangan terlalu besar agar mudah digoreng. Letakkan bulatan-bulatan adonan di atas nampan yang sudah dialasi plastik atau kertas roti, lalu simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Tujuannya adalah agar adonan menjadi lebih padat dan mudah dibentuk.

Langkah 2: Membentuk Cheese Stick

Setelah 30 menit, keluarkan adonan dari lemari es. Ambil satu bulatan adonan, lalu pipihkan dan bentuk memanjang menyerupai stick. Pastikan ketebalan masing-masing stick kurang lebih sama agar matangnya merata. Ulangi langkah ini sampai semua adonan habis.

Nah, setelah terbentuk stick-stick keju, saatnya melapisi mereka dengan tepung panir. Caranya, celupkan satu per satu cheese stick ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke dalam tepung panir hingga seluruh permukaannya tertutup. Letakkan cheese stick yang sudah dilapisi di atas nampan.

Langkah 3: Menggoreng Cheese Stick

Setelah semua cheese stick selesai dilapisi tepung panir, saatnya menggoreng mereka. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dalam wajan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum mulai menggoreng.

Goreng cheese stick satu per satu dengan api sedang cenderung kecil. Jangan terlalu banyak memasukkan cheese stick sekaligus agar suhu minyak tidak turun drastis. Goreng cheese stick hingga berwarna kecokelatan dan terlihat renyah. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga :  Resep Ikan Holat Khas Sumatera Utara, Makanan Berkuah yang Menjadi Kesukaan Raja Tapanuli Selatan

Langkah 4: Menikmati Cheese Stick yang Lumer

Setelah cheese stick matang dan ditiriskan, kamu bisa langsung menikmatinya selagi masih hangat. Cheese stick yang baru digoreng akan terasa super renyah di luar dan lumer di dalam. Sensasi perpaduan renyah dan lumer ini memang sulit ditolak!

Kamu bisa menikmati cheese stick ini sebagai camilan atau pendamping hidangan utama. Cheese stick juga enak dinikmati bersama saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan. Atau kamu bisa menambahkan topping lain seperti oregano kering atau bubuk cabai untuk menambah cita rasa.

Variasi Resep Cheese Stick

Meskipun resep dasar cheese stick di atas sudah cukup lezat, kamu juga bisa mencoba beberapa variasi agar cheese stick buatanmu tidak monoton. Berikut beberapa variasi yang bisa kamu coba:

1. Cheese Stick Keju Mozarella

Untuk membuat cheese stick mozarella, kamu bisa mengganti keju cheddar dengan keju mozarella. Keju mozarella akan membuat cheese stick menjadi lebih lumer dan creamy saat digigit. Kamu juga bisa menambahkan sedikit oregano kering untuk menambah aroma.

2. Cheese Stick Keju Parmesan

Variasi lain adalah cheese stick dengan keju parmesan. Keju parmesan yang memiliki rasa asin dan sedikit gurih ini akan memberikan sensasi yang berbeda dari cheese stick biasanya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit bubuk bawang putih untuk menambah aroma.

3. Cheese Stick Keju Cheddar dan Keju Mozarella

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih lumer, kamu bisa mencoba mengombinasikan keju cheddar dan mozarella. Campuran dua jenis keju ini akan memberikan sensasi lumer yang lebih creamy.

4. Cheese Stick Keju Cheddar dengan Isian

Variasi lain yang bisa dicoba adalah cheese stick dengan isian. Isian bisa berupa saus bolognese, saus keju, atau potongan daging asap. Isian ini akan membuat cheese stick menjadi lebih lezat dan mengenyangkan.

Tips Membuat Cheese Stick yang Sempurna

Agar cheese stick buatanmu bisa sempurna, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

  1. Gunakan keju berkualitas. Keju yang baik akan menghasilkan cheese stick yang lumer dan gurih.
  2. Jangan over-mixing adonan. Adonan yang terlalu lama diaduk akan menjadi keras dan sulit dibentuk.
  3. Biarkan adonan istirahat di lemari es sebelum dibentuk. Hal ini akan membuat adonan lebih padat dan mudah dibentuk.
  4. Gunakan minyak goreng yang cukup banyak dan pastikan suhunya panas sebelum menggoreng. Ini akan membuat cheese stick renyah.
  5. Jangan menggoreng terlalu banyak cheese stick sekaligus. Goreng secukupnya saja agar suhu minyak tidak turun.
  6. Angkat cheese stick segera setelah matang. Jangan sampai cheese stick terlalu lama di dalam minyak panas agar tidak gosong.

Cara Penyimpanan Cheese Stick

Setelah digoreng, cheese stick sebaiknya segera dikonsumsi selagi masih hangat. Namun, jika kamu punya sisa cheese stick yang tidak habis, kamu bisa menyimpannya untuk dinikmati lain waktu.

Baca Juga :  Resep Pangsit Rebus Kuah yang Hangat dan Segar saat Disantap

Cara menyimpan cheese stick yang baik adalah dengan membiarkannya mendingin terlebih dahulu, baru kemudian disimpan di dalam wadah kedap udara. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam freezer agar lebih tahan lama. Saat ingin menikmatinya lagi, kamu bisa menghangatkannya kembali dengan cara digoreng sebentar.

Kesimpulan

Nah, itulah resep lengkap untuk membuat cheese stick yang lumer dan renyah di rumah. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa membuat camilan keju yang lezat ini kapan saja.

Jangan lupa untuk mencoba beberapa variasi agar cheese stick buatanmu tidak monoton. Dan jangan lewatkan tips-tips penting agar cheese stick selalu sempurna. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa yang membuat cheese stick menjadi lumer?

Keju yang digunakan adalah kunci utama agar cheese stick menjadi lumer saat digigit. Keju cheddar, parmesan, atau mozarella memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga akan menghasilkan cheese stick yang lumer.

2. Apakah cheese stick bisa disimpan lama?

Ya, cheese stick bisa disimpan untuk dinikmati lain waktu. Setelah digoreng, biarkan cheese stick mendingin terlebih dahulu, lalu simpan di dalam wadah tertutup. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam freezer agar lebih tahan lama.

3. Apa yang terjadi jika adonan cheese stick terlalu lama diaduk?

Jika adonan cheese stick terlalu lama diaduk, akan menyebabkan adonan menjadi keras dan sulit dibentuk. Pastikan untuk tidak over-mixing saat membuat adonan agar cheese stick bisa dibentuk dengan mudah.

4. Apakah cheese stick bisa digoreng dengan minyak yang sedikit?

Tidak disarankan. Untuk mendapatkan cheese stick yang renyah, diperlukan minyak goreng yang cukup banyak dan pastikan suhunya panas sebelum menggoreng. Jika minyak terlalu sedikit, cheese stick akan menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi tidak renyah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan