Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Biji Salak: Manis, Sehat, dan Mudah

Resep Biji Salak: Manis, Sehat, dan Mudah

Resep Biji Salak (2)

Resep Biji Salak

Biji salak merupakan salah satu kudapan tradisional yang populer di Indonesia. Kudapan yang terbuat dari tepung ketela pohon ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Biji salak menjadi camilan yang pas untuk dijadikan teman saat santai bersama keluarga atau teman-teman. Namun, tahukah Anda bahwa biji salak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Selain itu, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai resep biji salak yang lezat dan sehat.

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat biji salak, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti tepung ketela pohon, gula, dan santan. Tepung ketela pohon dapat Anda beli di pasar atau supermarket terdekat. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mengolah ketela pohon yang telah dikupas dan dihaluskan. Selain itu, Anda juga membutuhkan gula pasir yang dapat diganti dengan gula merah untuk mendapatkan rasa yang lebih khas. Untuk santan, Anda dapat menggunakan santan kental yang telah diencerkan dengan air atau santan instan yang dapat langsung diolah.

2. Cara Membuat Biji Salak

Untuk membuat biji salak, pertama-tama Anda harus mencampurkan tepung ketela pohon, gula, dan santan hingga tercampur rata. Selanjutnya, masukkan adonan tersebut ke dalam panci yang telah diolesi dengan minyak dan panaskan di atas api kecil. Aduk adonan hingga mengeras dan terlihat seperti biji salak. Setelah adonan matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, potong adonan menjadi bentuk yang diinginkan dan biji salak siap disajikan.

Baca Juga :  Resep Mie Sehat Hijau, Bisa Pakai Bayam

3. Kandungan Gizi Biji Salak

Biji salak terbuat dari tepung ketela pohon yang mengandung karbohidrat, protein, serta serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, biji salak juga mengandung vitamin C dan zat besi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah anemia. Namun, Anda perlu memperhatikan jumlah gula yang ditambahkan saat membuat biji salak. Jika terlalu banyak, biji salak dapat menjadi makanan yang tinggi kalori dan tidak baik untuk kesehatan.

4. Variasi Rasa Biji Salak

Selain rasa manis yang khas dari biji salak, Anda juga dapat mencoba variasi rasa yang lain. Misalnya, Anda dapat menambahkan bubuk vanili atau bubuk cokelat ke dalam adonan untuk mendapatkan rasa yang lebih unik. Anda juga dapat menambahkan potongan buah ke dalam adonan sebelum menggorengnya, seperti potongan pisang atau kacang hijau. Selain itu, Anda juga dapat menggoreng biji salak dengan minyak goreng yang berbeda untuk mendapatkan rasa yang berbeda pula.

5. Cara Menyimpan Biji Salak

Biji salak dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang kering. Jika Anda ingin menyimpan biji salak dalam waktu yang lama, Anda dapat membekukannya terlebih dahulu. Untuk membekukan biji salak, letakkan biji salak dalam wadah yang tahan beku dan letakkan di dalam freezer selama satu jam. Setelah itu, keluarkan biji salak dan masukkan ke dalam kantong plastik sebelum menyimpannya kembali di dalam freezer. Biji salak yang telah dibekukan dapat disimpan hingga satu bulan.

Baca Juga :  Resep Makanan Tongseng Daging Sapi

Kesimpulan

Biji salak merupakan kudapan tradisional yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, Anda dapat membuat biji salak sendiri di rumah. Variasi rasa dan cara penyimpanan yang tepat juga dapat membuat biji salak tetap fresh dan tahan lama. Selain itu, biji salak juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuatnya agar tidak menjadi makanan yang tinggi kalori.

FAQ

Q: Apakah biji salak mengandung gluten?

A: Tepung ketela pohon yang digunakan untuk membuat biji salak tidak mengandung gluten sehingga biji salak dapat dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intoleransi gluten.

Q: Apakah biji salak cocok untuk diet?

A: Biji salak mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh namun perlu diingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuatnya. Jika Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat, biji salak dapat dikonsumsi dengan porsi yang terbatas.

Q: Bolehkah biji salak diberikan kepada anak-anak?

A: Biji salak yang telah matang dapat diberikan kepada anak-anak sebagai camilan sehat. Namun, perlu diingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuatnya agar tidak terlalu tinggi kalori.

Baca Juga :  Resep Jasuke Jepang, Cocok Untuk Jualan

Q: Apakah biji salak bisa disajikan dengan cara yang lain?

A: Selain digoreng, biji salak juga dapat diolah dengan cara dikukus atau dibakar. Dengan cara ini, biji salak akan lebih sehat dan mengurangi jumlah minyak yang digunakan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan