Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Ayam cabai garam untuk Menu Hemat dan Enak

Membuat Ayam cabai garam untuk Menu Hemat dan Enak

Membuat Ayam cabai garam (2)

Membuat Ayam cabai garam

Cara membuat Ayam Cabai Garam

Ayam Cabai Garam adalah masakan khas Indonesia yang memadukan pedasnya cabai dengan gurihnya rasa ayam. Untuk membuat hidangan ini, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut[1]: 

  1. 300 gram fillet dada ayam 
  2. 1 bungkus tepung bumbu instan 
  3. 1 batang serai 
  4. 10 cabai keriting 
  5. 5 siung bawang merah 
  6. 5 siung bawang putih 
  7. Cabai keriting menjadi bahan utama yang membuat masakan ini memiliki cita rasa pedas yang khas. 

Namun, jika Anda lebih menyukai rasa yang lebih lembut, Anda bisa menggunakan lebih sedikit cabai atau menggantinya dengan paprika yang lebih lembut[2].

Untuk memasak Ayam Cabai Garam, ikuti langkah mudah berikut[3]: 

  1. Cuci fillet ayam dan rendam dalam bumbu ayam minimal 30 menit. 
  2. Lumuri fillet ayam dengan tepung bumbu instan. 
  3. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng fillet ayam hingga berwarna cokelat keemasan. 
  4. Di wajan terpisah, tumis cabai keriting, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. 
  5. Masukkan ayam fillet yang sudah digoreng ke dalam wajan lalu aduk hingga cabai merata. 

Jumlah bumbu tepung dan cabai bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Beberapa variasi Ayam Cabai Garam antara lain menambahkan bumbu seperti serai atau jahe[4].

Untuk menyajikan Ayam Cabai Garam, Anda bisa menghiasinya dengan daun bawang cincang dan menyajikannya dengan nasi putih[1]. 

Beberapa variasi masakan ini antara lain disajikan dengan sayuran atau ditambahkan saus asam manis[1]. 

Anda juga bisa mencoba berbagai jenis protein, seperti sayap ayam atau udang, untuk membuat variasi hidangan ini[5]. 

Baca Juga :  Nasi Goreng Cumi Hitam, Tampilan Unik dan Rasanya Menggoyang Lidah

Ayam Cabai Garam adalah hidangan sederhana namun beraroma yang bisa dinikmati oleh siapa saja yang menyukai makanan pedas[6].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Ayam Berkualitas** – Pilih ayam segar berkualitas tinggi untuk rasa dan tekstur terbaik. Carilah opsi organik atau peternakan bebas jika memungkinkan. Menggunakan ayam berkualitas memastikan hasil akhir yang lebih baik untuk masakan ayam garam cabai Anda.

**Bumbui Ayam dengan Benar** – Pastikan ayam dibumbui dengan garam dan bubuk cabai secukupnya. Gosokkan bumbu secara menyeluruh ke dalam ayam, biarkan meresap setidaknya selama 30 menit. Bumbu yang tepat sangat penting untuk memberikan rasa pada ayam secara keseluruhan.

**Kontrol Tingkat Panas** – Sesuaikan jumlah bubuk cabai sesuai selera pedasnya. Ingatlah bahwa jenis bubuk cabai yang berbeda memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, jadi mulailah dengan jumlah yang lebih kecil dan tambahkan lebih banyak secara bertahap untuk mencapai tingkat kepedasan yang diinginkan.

**Gunakan Panas Tinggi untuk Membakar** – Saat memasak ayam, gunakan api besar untuk membakar bagian luarnya dan mengunci sarinya. Ini menciptakan kerak yang beraroma sekaligus menjaga bagian dalam ayam tetap lembab dan empuk. Membakarnya juga menambah kedalaman rasa hidangan secara keseluruhan.

**Istirahatkan Ayam Sebelum Disajikan** – Diamkan ayam beberapa menit setelah dimasak. Ini membantu jus mendistribusikan kembali, menghasilkan hidangan yang lebih lezat dan beraroma. Mengistirahatkan ayam sebelum disajikan adalah praktik memasak yang umumnya disarankan untuk memaksimalkan rasa dan tekstur daging.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Resep Kulit Risol Yang Empuk

FAQ

Q: Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Cabai Garam? A: Anda memerlukan potongan ayam, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, garam, merica, tepung maizena, minyak goreng, dan bawang bombay.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak Ayam Cabai Garam? A: Pertama, tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan potongan ayam dan tumis hingga berubah warna. Kemudian tambahkan cabai merah, cabai hijau, dan bawang bombay. Setelah itu tambahkan garam, merica, dan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Terakhir, goreng hingga ayam matang dan sajikan.

Q: Apakah ada saran untuk variasi penyajian Ayam Cabai Garam? A: Anda dapat menyajikan Ayam Cabai Garam dengan taburan wijen panggang atau potongan daun bawang untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak Ayam Cabai Garam? A: Proses memasak Ayam Cabai Garam biasanya memakan waktu sekitar 30-40 menit tergantung pada jumlah porsi yang Anda buat.

Q: Bisakah saya menggunakan bahan pengganti jika tidak memiliki bahan tertentu untuk Ayam Cabai Garam? A: Jika Anda tidak memiliki cabai merah, Anda bisa menggunakan paprika merah sebagai penggantinya. Selain itu, jika Anda tidak memiliki bawang bombay, Anda bisa menggunakan bawang bombay putih sebagai gantinya.

Referensi : 

1.   Resep Ayam Cabe Garam oleh • dian’s kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/702350-ayam-cabe-garam 

2.   Resep Ayam Cabe Garam – Food Fimela.com.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com/food/read/5029968/resep-ayam-cabe-garam 

Baca Juga :  Membuat Makanan Enak, Inilah Resep Cireng Pedas

3.   Resep Ayam cabe garam anti gagal oleh humaira hana.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12040717-ayam-cabe-garam-anti-gagal 

4.   3 Resep Ayam Cabe Garam Simple ala Restoran, ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

5.   972 resep ayam cabe garam enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/cari/ayam%20cabe%20garam 

6.   Resep Ayam Cabe Garam Mudah & Praktis.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari segari.id/recipes/ayam-cabe-garam 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan